Iklan
Iklan

Presiden Filipina Rodrigo Duterte Pensiun dari Dunia Politik

- Advertisement -
Presiden Filipina Rodrigo Duterte mengatakan dia tidak akan mencalonkan diri sebagai wakil presiden dalam pemilihan tahun depan dan akan pensiun dari politik setelah masa jabatannya berakhir.

Duterte mengumumkan keputusan itu pada hari Sabtu setelah menemani mantan ajudan lamanya, Senator Bong Go, yang mengajukan pencalonannya sendiri sebagai wakil presiden di sebuah pusat Komisi Pemilihan.

“Sentimen yang luar biasa dari warga Filipina adalah bahwa saya tidak memenuhi syarat dan akan melanggar konstitusi untuk menghindari hukum, semangat konstitusi untuk mencalonkan diri sebagai wakil presiden,” kata Duterte. “Hari ini saya mengumumkan pengunduran diri saya dari politik.”

Presiden Filipina dibatasi oleh konstitusi untuk masa jabatan enam tahun dan penentangnya mengatakan mereka akan mempertanyakan legalitas rencana pencalonan Duterte menjadi wakil presiden yang diumumkan di hadapan Mahkamah Agung.

Langkah Duterte memicu spekulasi bahwa dia membuka jalan bagi putrinya, Sara Duterte-Carpio, untuk mencalonkan diri untuk menggantikannya.

rodrigo duterte filipina

Duterte-Carpio, yang menggantikan ayahnya sebagai walikota Davao, mengatakan bulan lalu dia tidak mencalonkan diri untuk jabatan yang lebih tinggi tahun depan karena dia dan ayahnya telah sepakat hanya satu dari mereka yang akan mencalonkan diri untuk jabatan nasional pada 2022.

“Ini memungkinkan Sara Duterte untuk mencalonkan diri,” kata Antonio La Vina, profesor hukum dan politik di Universitas Ateneo de Manila. Tapi La Vina mengatakan dia tidak bisa mengesampingkan kemungkinan pemimpin itu bisa berubah pikiran dan menjadi pengganti Go.

Kandidat memiliki waktu hingga hari Jumat untuk mendaftar, tetapi penarikan dan penggantian diperbolehkan hingga 15 November, meninggalkan ruang untuk perubahan di menit-menit terakhir, seperti masuknya Duterte pada jam ke-11 untuk pemilihan 2016, yang ia menangkan dengan selisih besar.

“Ini adalah gaya politik Presiden Rodrigo Duterte yang membuat semua orang waspada, memastikan bahwa semua orang berpegang pada kata-katanya. Tapi dia juga memiliki reputasi sebagai pemimpin yang tidak menepati janjinya,” Jamela Alindogan dari Al Jazeera melaporkan dari ibukota, Manila.

rodrigo duterte filipina

“Selama kampanye pemilihan 2016, dia berulang kali mengatakan bahwa dia tidak akan mencalonkan diri untuk jabatan publik. Dia tidak muncul di pengajuan pencalonan hanya untuk diajukan sebulan kemudian oleh seseorang yang mendukungnya.”

Duterte menyatakan pada bulan Agustus bahwa dia akan bertarung sebagai wakil presiden dalam pemilihan berikutnya – sebuah langkah yang menurut para kritikus adalah tabir asap dan dimotivasi oleh ketakutan bahwa dia dapat menghadapi tuntutan pidana setelah meninggalkan jabatannya.

Duterte mencalonkan diri sebagai presiden pada tahun 2016 dengan satu isu memerangi kejahatan di Filipina. Selama kampanyenya dan kemudian sebagai presiden, dia berulang kali mendesak polisi untuk “membunuh” tersangka narkoba.

Setelah menjabat pada 30 Juni 2016, ia segera meluncurkan kampanye mematikannya yang digambarkan oleh para pemuka agama Katolik negara itu sebagai “pemerintahan teror”.

rodrigo duterte filipina

Data terbaru pemerintah yang dirilis pada Juni menunjukkan bahwa hingga akhir April 2021, polisi dan pasukan keamanan lainnya telah menewaskan sedikitnya 6.117 tersangka pengedar narkoba selama operasinya. Tetapi angka pemerintah yang dikutip oleh PBB pada Juni 2020 sudah menunjukkan setidaknya 8.600 kematian.

Sebuah laporan polisi Filipina pada tahun 2017 juga menyebut 16.355 “kasus pembunuhan yang sedang diselidiki” sebagai pencapaian dalam perang narkoba.

Pada bulan Desember 2016, Al Jazeera melaporkan lebih dari 6.000 kematian dalam perang narkoba, menimbulkan pertanyaan tentang inkonsistensi sistem pencatatan pemerintah dan kemungkinan “manipulasi” data pemerintah.

Kelompok hak asasi manusia mengatakan jumlah kematian bisa antara 27.000 dan 30.000. Mereka menuduh pihak berwenang melakukan eksekusi singkat yang membunuh tersangka yang tidak bersalah, termasuk anak-anak.

Di antara mereka yang tewas setidaknya 73 anak-anak, dengan yang termuda baru berusia lima bulan, menurut penyelidikan PBB. Banyak orang juga dibunuh oleh orang-orang bersenjata “tidak dikenal”, yang kemudian berubah menjadi petugas kepolisian Filipina, menurut laporan berita. Sangat sedikit dari ribuan kasus yang dilaporkan yang diadili.

Trending Topic

Subscribe
Notify of

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Iklan

Iklan

Hot News

Game

PENTING UNTUK DIBACA