Iklan
Iklan

Pria di Balikpapan Temukan Proyektil Sisa Perang Dunia Kedua

- Advertisement -
Seorang pria warga Kelurahan Telagasari, Balikpapan Kota menemukan sebuah bom militer jenis proyektil sesaat usai mencangkul.

Pria itu bernama Ahmad (40), penemu proyektil, tak menyadari bahwa akan menemukan itu saat mencangkul. Bom seukuran kardus sepatu itu ia temukan pagi hari sekira pukul 09.00 WITA, Jumat (4/2/2022).

“Saya mau menggali tanah, mencangkul karena untuk menanam pohon,” ucap Ahmad, Minggu (6/2/2022).

Hingga kemudian, cangkulnya membentur semacam benda keras. pria itu tak mengira akan menemukan bekas bom militer. Semula ia mengira benda keras itu mungkin hanya batu atau akar pohon.

Ahmad tidak ingat betul berapa kedalaman dari lubang yang sudah ia gali hingga menemukan benda itu. Namun setelah mendapati bahwa benda keras itu bukanlah sebuah batu atau akar pohon, ia terkejut.

“Bendanya besi dan sudah berkarat, tapi kayak mencurigakan. Bukan besi biasa. Akhirnya saya laporkan ke Bhabinkamtibmas sini,” kata Ahmad.

Terpisah, bom militer proyektil itu dievakuasi oleh Detasemen Gegana Satbrimob Polda Kaltim dengan menggunakan alsus proteksi dan penjinak.

Operasi evakuasi itu dipimpin oleh Bripka Asdar. Bersama lima personel, dia kemudian mengevakuasi bom militer jenis proyektil yang kemudian diketahui berbobot 60 kilogram itu.

Bripka Asdar merincikan, bom tersebut memiliki panjang 70 centimeter dengan diameter 15 centimeter. Adapun bom militer tersebut diduga sisa peninggalan perang dunia ke-2.

“Bom militer dengan jenis proyektil aktif dievakuasi menuju Mako Satbrimob Polda Kaltim untuk dilakukan penanganan lebih lanjut oleh Unit Jibom Den Gegana Sat Brimobda Kaltim,” jelas Asdar.

Trending Topic

Subscribe
Notify of

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Iklan

Iklan

Hot News

Game

PENTING UNTUK DIBACA