Iklan
Iklan

Produk Nike Dibakar Pelanggan dari China Akibat Bela Uighur

- Advertisement -
Merek internasional seperti H&M dan Nike menghadapi seruan boikot di China setelah mengambil sikap untuk tidak menggunakan kapas dari Xinjiang, akibat terjadinya kekerasan Muslim Uighur di wilayah tersebut.

Sejak Rabu, ada reaksi di media sosial terhadap merek-merek tersebut atas pernyataan mereka yang menyatakan keprihatinan atas kerja paksa di Xinjiang. Pengguna di Weibo (platform di China yang mirip dengan Twitter) membagikan video mereka membakar sepatu Nike, menyebutnya sebagai masalah kebanggaan nasional.

Itu terjadi setelah Inggris awal pekan ini mengumumkan sanksi terhadap empat pejabat China atas dugaan kekejaman yang dilakukan terhadap Muslim Uighur, dalam tindakan terkoordinasi dengan Uni Eropa dan AS.

Beijing segera membalas dengan sanksi pembalasan terhadap mereka. Kanada juga telah menyuarakan keprihatinannya atas “pelanggaran HAM skala industri” di wilayah tersebut.

Baca Juga: Inggris Tantang China Bahas Uyghur di Pertemuan PBB

nike china uighur

Sementara reaksi keras terhadap brand itu meledak tiba-tiba minggu ini, tanggal pernyataan Nike (tersedia di situsnya) tidak jelas, sementara pernyataan H&M dilaporkan dari September 2020. Di dalamnya, yang terakhir mengungkapkan keprihatinan yang mendalam tentang laporan pemaksaan. tenaga kerja di Xinjiang.

“Kami prihatin dengan laporan kerja paksa di, dan terkait dengan, Daerah Otonomi Uyghur Xinjiang (XUAR). Nike tidak mengambil produk dari XUAR dan kami telah mengonfirmasi dengan pemasok kontrak kami bahwa mereka tidak menggunakan tekstil atau benang pintal dari wilayah tersebut,” kata Nike dalam sebuah pernyataan.

Pada hari Kamis, Ryohin Keikaku Co, operator merek Muji Jepang, mengatakan pihaknya “sangat prihatin” tentang laporan kerja paksa di wilayah Xinjiang.

Dikatakan dalam sebuah pernyataan bahwa mereka telah melakukan audit terhadap pabrik di wilayah yang memasok barang-barangnya, dengan mengatakan mereka menemukan masalah yang signifikan. Perusahaan mengatakan sedang bekerja untuk memastikan kepatuhan dengan undang-undang dan peraturan Uni Eropa dan AS tentang hak asasi manusia di Xinjiang.

nike china uighur

Pernyataan tersebut tidak diterima dengan baik di China. Aktor populer Tiongkok Wang Yibo mengumumkan dalam sebuah pernyataan di Weibo pada hari Kamis mengenai pemutusan kontraknya dengan Nike atas pernyataannya tentang Xinjiang.

Awal pekan ini, setidaknya satu pengecer online China tampaknya menghentikan produk H&M.

Beijing telah berulang kali menghadapi tuduhan penyiksaan dan kerja paksa di Xinjiang meskipun telah membantah klaim tersebut.

Pada hari Rabu, juru bicara kementerian luar negeri China Hua Chunying mengatakan: “Xinjiang adalah tempat yang menikmati stabilitas sosial, perkembangan ekonomi, persatuan etnis dan kerukunan beragama. Penduduk Xinjiang dari semua kelompok etnis termasuk Uighur, hidup damai dan bahagia, dan menikmati lebih banyak hak dan martabat daripada sebelumnya.

“Uni Eropa menjatuhkan sanksi pada individu dan entitas China yang relevan dengan dalih apa yang disebut masalah hak asasi manusia di Xinjiang atas dasar kebohongan dan disinformasi,” katanya.

nike china uighur

Trending Topic

Subscribe
Notify of

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Iklan

Iklan

Hot News

Game

PENTING UNTUK DIBACA