Beranda SOSOK Profil H. Abdul Gafur Mas’ud Bupati Penajam Paser Utara yang Ditangkap KPK

Profil H. Abdul Gafur Mas’ud Bupati Penajam Paser Utara yang Ditangkap KPK

Abdul Gafur
Baru saja KPK melakukan operasi tangkap tangan (OTT) terhadap Bupati Penajam Paser Utara H. Abdul Gafur Mas’ud. Penangkapan terkait kasus dugaan penerimaan suap dan gratifikasi.

Abdul Gafur Mas’ud, S.E merupakan Bupati Kabupaten Penajam Paser Utara Periode 2018-2023. Bersama Wakil Bupati Penajam Paser Utara Hamdam, Abdul berharap dapat menjadikan daerahnya menjadi daerah yang lebih maju.

Abdul Gafur Mas’ud lahir di Kampung Baru, Balikpapan Barat, Balikpapan, Kalimantan Timur pada 7 Desember 1987. Ayahnya adalah H. Mas’ud dan Ibunya adalah Hj. Syarifah Ruwaidah Alqadri. Dia merupakan anak bungsu dari delapan bersaudara.

Abdul Gafur Mas’ud menjalani masa kecilnya di Kampung baru Balikpapan. Dia bersekolah di SD 09 Margasari Balikpapan, lalu melanjutkan ke MTs Negeri 1 Balikpapan, dan menempa ilmu agamanya di Darunnajah Islamic Boarding School, Ulujami Jakarta.

Abdul melanjutkan pendidikan di SMA Muhammadiyah 1 Samarinda, STIE APRIN Palembang jurusan S1 Ekonomi. Dia kemudian melanjutkan jenjang S2 di Universitas Mulawarman, Kalimantan Timur.

Sebelum menjabat sebagai Bupati Penajam Paser Utara, dia merupakan Pemilik PT Petro Perkasa Indonesia. Dia juga menjadi Ketua BPC HIPMI Balikpapan Periode 2015–2018. Abdul juga menjabat sebagai Wakil Bendahara Umum BPP HIPMI Pusat.

Bukan itu saja, dia juga menjadi Wakil Koordinasi Tetap Indonesia Wilayah Timur KADIN. Selanjitanya menjadi Bendahara Umum PMI Balikpapan. Dia juga menjabat sebagai Ketua Lemhanas Angkatan 6.

Tidak berhenti di situ, dia menjadi Ketua Pengusaha Pemuda Pancasila Balikpapan. Lalu menjadi Wakil Ketua Bidang Sumber Daya Alam Dan Mineral KKSS Kerukunan Keluarga Sulawesi Selatan. Dia juga menjadi Ketua DPC Partai Demokrat Balikpapan.

Selain itu juga menjadi Ketua Umum ASPEKSINDO (Asosiasi Pemerintah Daerah Kepulauan dan Pesisir Seluruh Indonesia). Sementara jabatan saat ini adalah Bupati Kabupaten Penajam Paser Utara Periode 2018–2023.

BACA JUGA  Sempat Positif Covid-19, Syekh Ali Jaber Dinyatakan Meninggal Dunia

Abdul merupakan suami dari Hj. Risna. Mereka dikarunia lima orang anak laki-laki yang bernama  Muhammad Varos Algaris, Muhammad Radja Faqih Algaris, Muhammad Pangeran Rafi Saddan Algaris, Muhammad Khaisar Ali Ka’bah Mas’ud Algaris, dan Muhammad Kholifa Abdul Latif Khusain Algaris.

Abdul menyukai olahraga golf dan balap mobil. Di beberapa kesempatan, dia menyempatkan diri untuk melakukan hobinya itu agar bisa tetap fit dan sehat selama menjalankan tugas dan amanat rakyat.

Kini, Abdul Gafur masih berstatus terperiksa. KPK punya waktu 1×24 jam untuk menentukan status para terperiksa, apakah naik menjadi tersangka atau tidak.

Penangkapan Bupati Penajam Paser Utara ini disampaikan oleh Wakil Ketua KPK Nurul Ghufron. Dia mengatakan, OTT ini terkait dengan dugaan korupsi suap dan gratifikasi. Abdul Gafur ditangkap bersama dengan beberapa pihak lainnya pada Rabu (12/1/2022).

Facebook Comments

-
Artikel sebelumyaBupati Penajam Paser Utara Abdul Gafur Mas’ud Ditangkap KPK
Artikel berikutnyaLionsgate Play Persembahkan Film Angel Has Fallen Hingga Hustlers.