Beranda TRENDING Profil YouTuber Gita Savitri Devi, Pendukung LGBT dengan 5 Pernyataan Kontroversial

Profil YouTuber Gita Savitri Devi, Pendukung LGBT dengan 5 Pernyataan Kontroversial

YouTuber Gita Savitri Devi
YouTuber Gita Savitri Devi mendadak trending di Twitter karena pernyataan kontroversialnya di kanal YouTube, pada Minggu (27/11/2022).

YouTuber Gita Savitri Devi yang akrab disapa Gitasav mengaku akan memperjuangkan kesetaraan para kaum minoritas. Termasuk di antaranya komunitas LGBTQ yang sangat ditentang oleh sebagian besar orang Indonesia yang mayoritas beragama Islam.

Sebab, penyimpangan seksual dalam Islam dianggap sebagai dosa besar. Sementara Gitasav sendiri beragam Islam.

“Di akhir video, Gitasav berkata bahwa dia adalah feminist dan akan terus memperjuangkan kesetaraan tidak hanya untuk perempuan,”

“Tapi minoritas lain yaitu transgender dan komunitas LGBTQ.”

“Aku terkejut, tapi semua orang punya pendapatnya sendiri, jadi aku menghormatinya,” tulis komentar yang diunggah akun @fragilegurll_ tersebut.

Cuitan ini pun begitu ramai sampai di retweet ribuan orang, dikutip ratusan orang, dan disukai belasan ribu orang.

Gitasav yang memiliki nama asli Gita Savitri Devi ini lahir di Palembang pada 27 Juli 1992. Gita membuat akun YouTube pada 2009 untuk mengisi waktu gap year setelah lulus SMA.

Ia lulus SMA pada usia 17 tahun sehingga harus menunggu 1 tahun untuk dapat kuliah di Jerman. Pada Oktober tahun 2010, Gita Savitri terbang ke Jerman untuk melanjutkan pendidikan.

YouTuber Gita Savitri Devi

Ia mengambil jurusan S1 Kimia Murni di Freie Universitat, Berlin.

Satu tahun sebelumnya, Gita Savitri memutuskan untuk berhijab, meski awalnya khawatir dengan Islamophobic di Jerman. Namun Gita mengaku, ketakutan tersebut hilang setelah ia memakai hijab.

Menurutnya, lingkungan di Jerman sangat multicultural dan mereka menghormati semua agama.

Pada Mei 2017, Gita Savitri merilis lagu berjudul ‘Seandainya’ di Itunes dan Spotify.

Lagu itu adalah proyek kolaborasi dengan kekasihnya, Paul Partohap yang kini telah menjadi suaminya.

 

Selama kuliah di Jerman, Gita Savitri sering membagikan vlog kesehariannya. Selain menjadi YouTuber hingga merilis lagu, Gitasav juga merupakan seorang penulis.

Buku pertamanya berjudul Rentang Kisah yang diterbitkan oleh penerbit GagasMedia pada September 2017.

Buku itu berisi kumpulan cerita yang ditulis berdasarkan pengalaman-pengalamannya selama tinggal di Jerman sejak kuliah.

BACA JUGA  Heboh! Tenda Sakinah untuk Kebutuhan Biologis Pasutri di Posko Korban Gempa Cianjur

Pada tahun 2018, Gita Savitri menikah dengan Paul Partohap.

YouTuber Gita Savitri Devi

Awalnya, Gita dan Paul adalah pasangan berbeda agama. Paul kemudian memutuskan untuk pindah ke agama Islam.

Kini, mereka berdua tinggal di Jerman. Sebelumnya, Gitasav juga sempat menuai komentar pro dan kontra setelah mengungkapkan bahwa dirinya dan Paul memutuskan untuk childfree atau sengaja tak memiliki anak.

Inilah sederet kontroversi YouTuber Gita Savitri Devi:

1. Gita Savitri Sindir Anak Kurang Gizi Usai Dikritik Soal Hijab

Gita Savitri menjadi trending topik Twitter setelah menggunakan hijab yang dinilai terbuka. Tidak sedikit warganet yang kecewa perihal gaya hijab yang digunakan oleh Gita.

Warganet menilai bahwa saat ini Gita lebih terbuka karena hijabnya memperlihatkan rambut, telinga, hingga leher.

Diketahui sebelumnya, gaya hijab wanita yang tinggal di Jerman tersebut tampak tidak seperti itu. Tidak sedikit warganet yang mengingatkan Gita atas hijabnya.

Namun, bukan merespon dengan baik, Gita justru membuat kegaduhan dengan ketikannya yang dianggap kontroversial.

Emosi Gita tidak terkontrol hingga ia membawa-bawa kata stunting untuk membalas komentar warganet yang mengomentari gaya hijabnya.

“Gue udah bacot-bacot, poin yang lo bisa dapet adalah Gita emang merasa paling bener ya sis? Dulu lo stunting kali ya makanya agak lamban, tulis Gita Savitri, dilansir dari unggahan akun Twitter @tanyakanrl

YouTuber Gita Savitri Devi

Komentar Gita Savitri itu kemudian mengundang netizen lainnya mengingatkan agar sang influencer sebaiknya jangan membawa-bawa soal stunting karena takut menyakiti orang tua yang memiliki anak dengan kondisi kurang gizi.

Namun, Gita Savitri tak menghiraukan netizen tersebut dan masih terus menyinggung soal stunting dalam responsnya.

“Ya diurus dong anaknya jangan malah maen instagram ngebacain komen di foto orang,” jawabnya.

“Ni lagi orang stunting nambah satu. Freak,” sambungnya lagi.

2. Gita Savitri Ngaku Tak Mau Punya Anak

Pada tahun 2021 lalu sosok Gita Savitri tuai kontroversi terkait pernyataanya tidak ingin memiliki anak dengan suaminya, Paul Andre Partohap.

Dalam sebuah video di YouTube, Gita Savitra menjelaskan alasannya memilih childfree. Menurutnya memiliki anak atau tidak itu adalah sebuah pilihan dalam hidup.

BACA JUGA  Heboh! Video Porno Wanita Berkebaya Merah Berdurasi 16 Menit Beredar

Sang Influencer menjelaskan bahwa memiliki anak adalah tanggung jawab yang besar harus dijalani.

Gita Savitri mendapatkan banyak pertanyaan soal keputusannya tidak mau mempunyai anak terkait dengan kemungkinan Gita Savitri hamil.

Menurut Gita, kemungkinan tersebut selalu ia tutup. Ia bahkan dengan tegas memastikan hal tersebut tidak mungkin terjadi.

Menurutnya, terdapat beberapa hal yang bisa dilakukan agar tidak mempunyai anak, dan hal tersebut sudah sudah dilakukan oleh Gita Savitri.

Terlepas dari hal itu, Gita Savitri juga menyadari bahwa keputusannya tidak umum dilakukan, terlebih oleh masyarakat Indonesia. Oleh karenanya, ia mendapatkan banyak kritik atas hal tersebut. Tak sedikit warganet yang melontarkan kritik pedas terhadap Gita Savitri ini.

3. Gita Savitri Tanggapi Aksi Popo Barbie Masuk Toilet Wanita

Gita Savitri Devi menuai sorotan atas komentarnya terhadap aksi Popo Barbie.

Popo yang merupakan seleb TikTok sebelumnya disorot warganet gegara aksinya masuk kamar mandi wanita.

Gita yang ikut memberi tanggapan atas aksi tak biasa itupun justru ikut menjadi sorotan.

Tanggapan Gita malah menuai pro dan kontra karena dianggap kerap membandingkan budaya Indonesia dengan budaya Jerman.

YouTuber Gita Savitri Devi

Seperti diketahui, kasus Popo Barbie pada saat itu menjadi perbincangan ketika menyamar untuk masuk ke toilet wanita dengan menggunakan masker, rambut palsu, make up, dan pakaian yang membuatnya tampak seperti wanita.

Sejatinya, Gita Savitri sendiri tidak terlalu mengenal sosok Popo Barbie, tetapi ia memberikan tanggapannya terkait dengan dugaan kasus yang dilakukan oleh Popo Barbie atas permintaan pengikutnya di Instagram.

“Kalo dia transpuan berarti bener dongg masuk toiletnya. Di Jerman juga di public space gitu udah banyak toilet yang campur gitu jadi satu toilet untuk semua,” respons Gita dalam story instagram pribadinya.

Penjelasan ini langsung direspons keras warganet. Bahkan, respons ini tak hanya terjadi di Instagram, namun juga di Twitter. Mengikuti jejak Popo Barbie, Gita juga menjadi trending topik di media sosial milik Elon Musk.

4. Gita Savitri Tanggapi Zavilda Dinilai Paksa Wanita Pakai Hijab

Gita Savitri memberikan tanggapan soal ramainya konten Zavilda TV yang dinilai memaksa wanita memakai jilbab.

BACA JUGA  Peras Mantan Suami Rp 500 Juta, Norma Risma Didampingi Hotman Paris Akhirnya Buka Suara

Video Zavilda TV ini langsung menulai kritikan dari beberapa warganet, termasuk Gita Savutri yang turut memberikan komentar.

Gita Savitri mengaku kesal dengan cara Zavilda memaksa orang lain untuk mengenakan jilbab.

Dikutip dari YouTube-nya Gita Savitri Devi, Kamis (1/9/2022), Gita Savitri menilai Zavilda tidak bisa mengormati hak orang lain.

“Nggak semua orang merasa harus menyebarkan apa yang mereka percayai ke orang lain, karena mungkin orang-orang lain ngerti caranya respect orang, nggak kaya Mbak Zavilda yang dateng-dateng (minta orang pakai jilbab),” jelas Gita Savitri.

Pun ia menyarankan jika tidak menyukai gaya penampilan seseorang ada baiknya untuk tidak usah melihat, bukan malah memaksa memakai jilbab.

“Kalau misal kita nggak suka apa yang orang pakai ya kita nggak usah lihat orangnya,”

Gita Savitri sampai beranggapan Zavilda mungkin ingin menjadi sosok ustazah namun belum kesampaian.

“Mungkin dia ini mau jadi ustazah gitu kali ya, Cuman in real life nggak ada yang dengerin apa gimana jadi dia ke YouTube,” paparnya.

“Menodong orang pakai kamera dan memaksa mereka mendengarkan Zavilda,” sambungnya. Dikuitip Tribunews.

5. Gita Savitri Trending Twitter Soal LGBT di Piala Dunia 2022 di Qatar

Belum lama ini, sosok Gita Savitri kembali heboh jadi perbincangan publik usai mengomentari aksi tutup mulut timnas Jermas di Piala Dunia 2022 yang berlangsung di Qatar pada saat menghadapi Jepang di Stadion Internasional Khalifa, Doha karena melakukan kampanye ramah LGBT.

Gita Savitri yang mengomentari aksi tutup mulut Jerman di Piala Dunia 2022 tersebut lantas dianggap mendukung LGBT sampai ramai mendapatkan hujatan dari warganet.

Dalam pernyataan yang dinilai kontroversi dari Gita adalah yang mengklaim Qatar seolah memanfaatkan budaya negaranya untuk membenarkan homophobia terhadap LGBT.

Warganet menilai jawaban dari Gita tersebut justru dianggap seolah memberikan dukungan kepada gerakan LGBT. Sontak tanggapan dari Gita tersebut menuai kecaman dari warganet.

Facebook Comments

Artikulli paraprakBKKBN Menghimbau Pentingnya Gizi Bagi Anak Untuk Cegah Stunting
Artikulli tjetërImperfect The Series 2 Kisah Geng Kosan Mengundang Tawa dan Haru