Iklan
Iklan

PSM Makassar Terancam Tidak Bisa Berlaga di Liga 1 2021

- Advertisement -
PSM Makassar yang kini tengah berjuang di Piala Menpora 2021 menghadapi perjalanan begitu berliku. Tidak hanya persiapan yang seadanya plus hanya diisi pemain lokal, namun tim berjuluk Juku Eja itu terus dibayangi masalah saat menyongsong babak semifinal di leg kedua di Stadion Manahan, Solo, Minggu (18/4).

Bahkan PSM Makassar kali ini menghadapi persoalan yang cukup berat. Sebab, buntut dari laporan 17 mantan pemainnya musim 2019, PSM mendapatkan sanksi dari NDRC (National Dispute Resolution Chamber) atau Badan Penyelesaian Sengketa Nasional. Yakni, dilarang mendaftarkan pemain baru.

Hal itu dibenarkan Ketua NDRC Amir Burhannudin. Dia mengatakan, selain untuk Liga 1 mendatang, hukuman berlaku untuk sepak bola yang masuk agenda federasi dan berjenjang seperti AFC dan FIFA.

PSM Makassar yang juga memiliki julukan Ayam Jantan dari Timur itu dilarang ikut kompetisi jika tak segera membayar tunggakan 17 mantan pemainnya. Total nilai yang harus dibayarkan adalah Rp 5,3 miliar.

PSM Makassar

’’Apabila tidak dibayar dalam waktu 45 hari sejak putusan ini dikirimkan, PSM dilarang mendaftarkan pemain baru,’’ jelas Amir. Putusan dikirimkan ke PSM pada 12 April lalu.

Apabila putusan tersebut tak segera dilaksanakan manajemen PSM, bisa jadi juara Piala Indonesia 2019 itu tidak bisa berlaga di Liga 1 2021 karena mayoritas pemain mereka terikat kontrak jangka pendek (satu musim). Saat ini, mayoritas pemain yang tampil di Piala Menpora masih dalam proses seleksi.

Keputusan dari NDRC tentu bisa memengaruhi konsentrasi pemain yang bakal melawan Persija Jakarta dalam leg kedua semifinal Piala Menpora 2021.

Pelatih PSM Makassar Syamsuddin Batolla meminta anak asuhnya untuk melupakan hal tersebut dan fokus menghadapi laga melawan Persija. ’’Hilangkan dulu soal itu. Karena memang kondisi keuangan PSM sedang tidak bagus,’’ ujarnya.

Sedangkan pada leg pertama semifinal piala Menpora 2021 di Stadion Maguwoharjo, Sleman Kamis (15/4/2021), PSM menahan imbang Persija Jakarta 0-0.

Syamsuddin juga menjelaskan, bukan hanya PSM yang mengalami situasi tersebut. Beberapa tim di Indonesia juga mengalami hal yang sama. Karena itu, dia berharap para pemain tetap tampil fight saat bertanding di leg kedua semifinal Piala Menpora.

’’Yang saya tekankan, kami harus kerja keras. Pemain yang mau kerja untuk saya besok (malam ini) tanpa terpengaruh apa pun. Itu yang akan saya tampilkan,’’ pungkasnya.

Trending Topic

Subscribe
Notify of

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Iklan

Iklan

Hot News

Game

PENTING UNTUK DIBACA