Beranda BUDAYA & PARIWISATA Sandiaga Uno Datangi Sejumlah Destinasi Wisata Potensial Sumatera Barat

Sandiaga Uno Datangi Sejumlah Destinasi Wisata Potensial Sumatera Barat

Sandiaga Uno
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno mendatangi sejumlah destinasi wisata di Sumatera Barat mulai Rabu (21/4/2021) untuk membangkitkan kuliner dan pariwisata eksotis berbasis keindahan alam.

Sandiaga Uno dalam kunjungannya kali ini akan menyambangi sejumlah destinasi wisata potensial di Sumatera Barat, termasuk rumah produksi rendang yang sudah terbukti cita rasanya.

“Kita memulai kunjungan kerja ke beberapa spot pariwisata yang sesuai dengan rencana kita untuk membangkitkan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif, serta menindaklanjuti arahan dari rapat koordinasi untuk mengangkat ekonomi kreatif, khususnya industri kuliner ini agar mendunia dan yang terpilih adalah rendang,” ujar Sandiaga Uno setelah mendarat di Bandara Internasional Minangkabau.

“Jadi ini kita langsung gercep-gerak cepat, dari rakor kita akan kunjungi beberapa spot untuk memadukan nature and culture, berbasiskan budaya dan keindahan alam,” imbuhnya.

Sandiaga Uno

Destinasi wisata yang akan dikunjungi sandi antara lain, Geopark Ngarai Sianok-Maninjau di Guguk Panjang, Kota Bukittinggi, Sumatera Barat. Destinasi berbasis keindahan alam itu diungkapkan Sandi merupakan patahan lempeng bumi yang membentuk gugusan bukit.

Ngarai Sianok-Maninjau pun diungkapkannya menyimpan potensi wisata yang sangat baik, mengingat destinasi wisata itu merupakan patahan lempeng bumi terpanjang di dunia.

“Patahan yang ada di Sumatera Barat ini adalah yang terpanjang di dunia. San Andreas Fault (patahan San Andreas) yang terkenal di California itu masih kalah panjangnya dari patahan yang ada di Sumatera Barat,” ujar Sandiaga.

“Ini nantinya kita akan kunjungi beberapa spot di patahan ini,” ungkapnya.

BACA JUGA  PT Cakra Bramastra Sukses Gelar Event Pariwisata Kepri Bangkit

Objek wisata kedua yang akan dikunjung Sandiaga adalah Taman Wisata Ombilin yang berada di Kota Sawahlunto, tepatnya di lembah sempit di sepanjang Pegunungan Bukit Barisan, Sumatera Barat.

Ombilin merupakan kawasan bekas tambang batubara yang berhenti produksi dan diubah menjadi kawasan konservasi.

“Wisata Ombilin ini adalah coal mine (tambang batubara) tertua di dunia, yang kita ingin menjadi wisata berbasis heritage. Harapan saya ini membangkitkan semangat kita, bisa membuka peluang tentunya dalam bingkai protokol kesehatan yang ketat dan disiplin,” ujarnya.

“Dan ini adalah bagian dari geber-gerak bersama, karena kita nggak mungkin bergerak sendiri, kita ajak dari institusi pendidikan, dunia usaha, pemerintah daerah, baik pemerintah provinsi, kabupaten/kota kita rangkul,” jelasnya.

“Dan gaspol-garap semua potensi agar kita bisa bertahan dan bangkit untuk pulihkan ekonomi kita,” pungkas Sandiaga Uno.

Facebook Comments