Beranda DAERAH Kepulauan Riau Peduli Disabilitas, Satlantas Polresta Barelang Luncurkan Program Satpas Tangguh dan Si Gadis

Peduli Disabilitas, Satlantas Polresta Barelang Luncurkan Program Satpas Tangguh dan Si Gadis

Barelang
Satlantas Polresta Barelang pada hari ini, Jum’at, 26 Februari 2021 meluncurkan program terbarunya yakni Si Gadis (SIM Siaga Antar Jemput Disabilitas).
Peluncuran program tersebut dilaksanakan di Halaman Mapolresta Barelang Batam. Tampak hadir, Kombes Pol Yos Guntur, Dandim 0316 Batam, Letkol Kav. Sigit Dharma Wiryawan, Perwakilan Jasa Raharja, Masna, Perwakilan Bank BRI, Kasat Lantas, Kompol Yunita, PJU Polresta dan juga perwakilan para penyandang Disabilitas.
Program Si Gadis ini merupakan innovasi terbaru dari Kasatlantas Polresta Barelang dan Kanit Regident Polresta, sebagai upaya untuk memudahkan para penyandang disabilitas dalam mengurus Surat Izin Mengemudi (SIM).
Dalam sambutannya, Kapolresta Barelang, Kombes Pol Yos Guntur memberikan apresiasi kepada Satlantas Polresta atas innovasi terbarunya ini.
“Terima kasih kepada bu Kasatlantas beserta jajarannya yang telah membuat innovasi ini. Tentunya hal ini patut di apresiasi,” ungkap Kapolresta.
Lebih lanjut Kapolres mengatakan, dalam rangka mendukung program 100 hari bapak Kapolri yaitu transformasi menuju Polri yang Presisi, maka jajaran Polri diseluruh Indonesia melakukan berbagai program peningkatan kualitas pelayanan publik.
“Kami berupaya menciptakan suasana kamtibmas yang kondusif bersama-sama dengan masyarakat di Kota Batam,” tegasnya.
Lanjutnya, pada awal Februari 2021 lalu, Polresta Barelang kembali memperoleh predikat pelayanan terbaik dari Kemenpan RB. Oleh karenanya, dibutuhkan implementasi program aksi pelayanan publik secara nyata yang mampu memberikan dampak langsung kepada masyarakat.
“Terkhusus untuk para penyandang disabilitas yang belum tersentuh bantuan selama ini,” bebernya.
Lanjutnya, dalam rangka memberikan pelayanan prima kepada masyarakat, Polresta juga telah melaksanakan program Satpas Tangguh.
Satpas Tangguh ini dijelaskan Yos, ialah bentukan dari Satpas 920 Polresta, yang memberikan akses dan kesempatan kepada masyarakat untuk memperoleh pelayanan.
“Contoh program Satpas yang telah berjalan yakni Satpas antar pulau, coaching clinic, SIM keliling dan Survey Kepuasan Masyarakat (SKM) dengan aplikasi Barcode Online,” imbuhnya.
Satpas 920 Polresta terus melakukan innovasi. Salah satu innovasi terbarunya yakni program Si Gadis (SIM Siaga Antar Jemput Disabilitas). Adapun tujuan dari program ini yaitu program khusus bagi penyandang disabilitas yang ingin mengurus SIM D.
“Program ini memberikan kesempatan kepada penyandang disabilitas untuk memperoleh pembandingan dan prioritas pengurusan SIM D dari petugas Satpas 920 Polresta,” tuturnya.
Untuk sarana dan prasarananya, Satpas 920 Polresta telah menyiapkan mobil untuk mengantar jemput berkas dari para penyandang disabilitas tersebut. Selain itu, pihaknya juga menyediakan motor khusus untuk memudahkan proses pembuatan SIM D.
“Kami juga menyediakan tempat tunggu dan kursi roda bagi penyandang disabilitas,” tambahnya.
Masih menurut Kapolresta, program Satpas Tangguh Si Gadis merupakan bentuk kepedulian Polantas terhadap masyarakat yang mengalami kekurangan fisik.
Kapolresta menghimbau kepada seluruh penyandang disabilitas di Kota Batam yang mobilitasnya menggunakan kendaraan agar dapat melengkapi administrasi SIM nya dengan memanfaatkan program “ SIGADIS” dari Satlantas Polresta.
“Silahkan menghubungi nomor call center 0821-2202-2005 dan petugas kami yang akan menjemput Pemohon SIM Disabilitas,” ucap Yos Guntur.
Diakhir kegiatan, Kapolresta beserta tamu undangan menyerahkan secara simbolis SIM D dan juga menyerahkan Helm serta bantuan sembako kepada perwakilan penyandang disabilitas di Kota Batam.

Facebook Comments