Iklan
Iklan

Sekarang Login Akun Google Bisa Gunakan Sidik Jari

- Advertisement -
Google mulai menuju masa depan yang lebih baik dengan meluncurkan kunci sandi yang dapat digunakan pengguns untuk masuk ke akun Google di semua platform utama.

Mulai hari ini, akun Google dapat beralih ke kunci sandi dan membuang kata sandi serta kode Verifikasi Dua Langkah (2FA) sepenuhnya saat masuk ke akun Google mereka.

Kunci sandi merupakan alternatif kata sandi yang lebih aman dan nyaman yang didorong oleh Google, Apple, Microsoft, dan perusahaan teknologi lainnya yang selaras dengan FIDO Alliance.

Dengan kunci sandi, pengguna tidak perlu lagi bergantung pada nama hewan peliharaan, ulang tahun, atau lainnya untuk digunakan sebagai kata sandi.

Sebaliknya, pengguna dapat masuk ke aplikasi dan akun online dengan cara yang sama saat seperti membuka kunci perangkat, seperti dengan sidik jari, pemindaian wajah, atau PIN kunci layar.

Dan, tidak seperti kata sandi, kunci sandi tahan terhadap serangan online seperti phishing, menjadikannya lebih aman daripada kode sekali pakai yang dikirimkan melalui SMS.

“Selama setahun terakhir kami telah membagikan pembaruan tentang menghadirkan pengalaman kunci sandi ke Chrome dan Android, layanan seperti Docusign, Kayak, PayPal, Shopify dan Yahoo!,” ujar Google dikutip dari VOI pada Jumat 5 Mei.

“Mulai hari ini, fitur ini akan tersedia sebagai opsi bagi pengguna Google Account yang ingin mencoba pengalaman masuk tanpa kata sandi,” imbuhnya.

Pengguna dapat mencobanya dengan mengunjungi g.co/passkeys dan menyiapkannya mudah. Untuk akun Google Workspace, administrator akan segera memiliki opsi untuk mengaktifkan kunci sandi bagi pengguna akhir mereka selama login.

Seperti permulaan baru lainnya, perubahan kunci sandi akan memakan waktu. Itu sebabnya sandi dan Verifikasi 2FA akan tetap berfungsi untuk Google Account.

“Kami berharap dapat membantu orang-orang, dan orang lain di industri ini, melakukan lompatan berikutnya untuk membuat masuk lebih mudah dan lebih aman dengan Google,” tutur Google.

Trending Topic

Subscribe
Notify of

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Iklan

Iklan

Hot News

Game

PENTING UNTUK DIBACA