Beranda TEKNOLOGI Selain Google Inilah 7 Mesin Pencari Tanpa Blokir

Selain Google Inilah 7 Mesin Pencari Tanpa Blokir

Google
Mesin pencari Google kerap digunakan sehari-hari untuk mencari informasi. Kelemahan dari mesin pencari Google adalah terkadang melakukan pemblokiran pada situs tertentu sehingga pengguna tidak dapat mengaksesnya. Berikut akan dipaparkan berbagai mesin pencari selain Google tanpa blokir yang pastinya patut dicoba.

Beberapa rekomendasi mesin pencari selain Google barangkali terdengar asing atau bahkan belum pernah didengar namanya sama sekali. Namun, bukan berarti mesin pencari ini lebih kalah kualitasnya maupun keamanannya dibandingkan dengan Google. Ketahui lebih lanjut ulasan lengkapnya pada paparan berikut ini:

1. Search Encrypt

Mesin pencari bernama Search Encrypt ini memakai enkripsi lokal sebagai pengamanan pada pencarian oleh penggunanya. Search Encrypt akan melakukan pengambilan hasil pencarian yang berasal dari jaringan mitra. Sesudah penggunanya selesai mencari informasi, pencarian yang dilakukan akan kadaluarsa dan bersifat pribadi.

Istilah pencarian yang berubah kedaluwarsa dan bersifat pribadi merupakan salah satu bentuk keamanan privasi yang diterapkan Search Encrypt untuk penggunanya. Fitur baru yang belakangan ini ditambahkan oleh Search Encrypt antara lain yaitu video yang mengutamakan privasi, pencarian peta, serta berita.

2. DuckDuckGo

Rekomendasi mesin pencari selain Google tanpa blokir yang kedua yakni DuckDuckGo. Fitur unggulan DuckDuckGo adalah “bangs”. Fitur ini memungkinkan penggunanya untuk langsung melakukan pencarian terhadap situs lain seperti Wikipedia, Amazon, Youtube, serta Yelp. Caranya adalah dengan memulai kueri menggunakan tanda seru.

3. Qwant

Mesin pencari bernama Qwant mempunyai basis yang terletak di Eropa. Qwant tidak pernah berusaha menebak siapa penggunanya serta apa saja yang penggunanya lakukan. Oleh karena itu, Qwant pun tidak pernah melakukan pencatatan terhadap pencarian penggunanya apalagi memanfaatkannya untuk tujuan komersial.

4. MetaGer

MetaGer adalah mesin pencari selain Google tanpa blokir yang direkomendasikan selanjutnya. Mesin pencari ini berbasis di negara Jerman serta dioperasikan oleh SuMa-eV yang merupakan organisasi nirlaba. Hasil pencarian penggunanya akan ditampilkan dalam beberapa bahasa, yakni bahasa Inggris, Jerman, serta Spanyol.

BACA JUGA  12 Fitur WhatsApp yang Selama Ini Dirahasiakan Kini Dapat Digunakan

MetaGer mempunyai perayap serta pengindeks web tersendiri. Software yang ada di balik MetaGer bersifat open source, sehingga siapa pun dapat melihat serta mengaudit kodenya. Selain itu, MetaGer juga mempunyai layanan peta serta rencana rute (Maps.MetaGer.de) yang tidak memantau lokasi penggunanya.

5. Mojeek

Mesin pencari Mojeek dapat dikatakan berbeda karakteristiknya dengan mesin pencari yang telah diuraikan sebelumnya. Mojeek tidak bergantung pada mesin pencari utama seperti Google dan Bing. Mojeek menggunakan crawler secara eksklusif. Hal ini menjadikan Mojeek sebagai pilihan yang tepat bagi pengguna.

Pengguna yang ingin menghindari persinggungan dengan perusahaan seperti Google dan Bing dapat menggunakan Mojeek. Kelemahan Mojeek yakni hasil pencariannya tidak akan selengkap serta sebersih pencarian dari mesin pencari lain. Algoritma Mojeek belum sepadan dengan mesin pencari lain yang sudah mumpuni.

6. Yahoo! Search

Rekomendasi mesin pencari selain Google tanpa blokir yang keenam adalah Yahoo! Search. Nama mesin pencari ini sangat terkenal pada dekade 2000-an, sebelum akhirnya redup karena kehadiran Google dan Bing. Yahoo! Search menyediakan sebanyak 38 bahasa dalam akses pencarian bagi penggunanya.

Yahoo! juga memiliki integrasi kuat dengan beragam layanan informasi yang kredibilitasnya cukup baik. Salah satunya yaitu integrasi dengan Yahoo! Answers yang memungkinkan penggunanya untuk dapat menanyakan bermacam pertanyaan dengan tema spesifik. Pertanyaan tersebut nantinya akan dijawab oleh pengguna internet lainnya.

7. Wolfram Alpha

Mesin pencari ini cocok bagi mereka yang ingin memperoleh ilmu pengetahuan sebanyak-banyaknya dari internet. Wolfram Alpha menampilkan data dan fakta sebagai hasil pencariannya. Jika pengguna mempunyai pertanyaan yang spesifik dengan latar belakang ilmu tertentu, Wolfram Alpha merupakan jawaban yang tepat.

Demikian ulasan lengkap tentang mesin pencari selain Google tanpa blokir yang dapat dicoba sebagai alternatif. Pengguna dapat memilih sesuai dengan kebutuhannya dan kenyamanannya. Fitur yang tersedia juga beragam, sehingga tidak perlu khawatir pada keterbatasan fitur. Privasi pengguna juga sudah terjamin.

BACA JUGA  Mahasiswa KKN UNAND Gelar Sosialisasi Pembangkit Listrik dan Internet of Things (IoT)

Source: VPN.CO.ID 

Facebook Comments

Artikulli paraprakMengaku Keturunan Sultan Firdaus Oiwobo Jadi Bahan Tertawaan Warga Bima se-Nusantara
Artikulli tjetërBagaimana Agar Pengguna Tidak Terlihat Online Di WhatsApp?