Beranda NASIONAL Semua TV Analog Segera Dimatikan Kominfo, Dunia Siaran Masuki Era Digital

Semua TV Analog Segera Dimatikan Kominfo, Dunia Siaran Masuki Era Digital

TV Analog
TV Analog
Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) segera matikan semua tv analog. Hal itu dilakukan oleh Kominfo untuk memulai program migrasi siaran tv analog ke digital atau analog switch off (ASO).

Pelaksanaan teknis penghentian analog switch Off atau digitalisasi penyiaran diatur melalui Peraturan Menteri Kominfo Nomor 6 Tahun 2021 tentang Penyelenggaraan Penyiaran.

Berdasarkan peraturan tersebut, ASO akan dilakukan secara bertahap menurut kesiapan daerahnya.

Beberapa faktor yang mendasari kebijakan ini antara lain: (a) praktik umum yang terjadi di dunia; (b) masukan dari Lembaga Penyiaran; (c) pertimbangan kesiapan industri; dan (d) keterbatasan spektrum frekuensi radio.

“Faktor keterbatasan spektrum frekuensi menjadi faktor penting mengapa ASO dilakukan secara bertahap. Saat ini, dilakukan penataan frekuensi antara siaran analog yang masih berjalan dengan siaran digital yang perlahan diperkenalkan, dengan tujuan agar masyarakat mulai beralih dan membiasakan diri dengan siaran digital,” kata Dedy Permadi, Juru Bicara Kementerian Kominfo, dikutip Senin (7/6/2021).

Tahapan ASO dilakukan dalam lima tahap berdasarkan wilayah, di mana batas waktu seluruhnya tidak melewati 2 November 2022, pukul 24.00 WIB. Rincian tenggat waktu masing-masing tahapan antara lain:

Tahap I paling lambat 17 Agustus 2021

Tahap II paling lambat 31 Desember 2021

Tahap III paling lambat 31 Maret 2022

Tahap IV paling lambat 17 Agustus 2022

Tahap V paling lambat 2 November 2022

Untuk menikmati siaran digital, pengguna TV dengan antena rumah biasa/UHF yang menggunakan TV analog perlu memasang set top boxDVBT2 (STB) (alat bantu penerima siaran digital).

Bagi pengguna TV digital (televisi yang sudah memiliki penerimaan siaran digital di perangkatnya) dapat langsung menikmati siaran digital tanpa STB.

Facebook Comments

Artikel sebelumyaSeorang Wanita Sopir Taksi Online asal Medan Dibunuh di Aceh
Artikel berikutnyaSeorang Pendaki Perempuan Hilang Secara Misterius di Gunung Abbo Sulawesi Selatan