Iklan
Iklan

Serangan Udara Israel Menghancurkan Rumah Sakit Gaza, 500 Warga Palestina Tewas

- Advertisement -

Arab Saudi mengutuk keras atas serangan udara Israel di sebuah rumah sakit Gaza yang menewaskan ratusan orang.

Serangan udara Israel tersebut menewaskan sekitar 500 warga Palestina di sebuah rumah sakit Kota Gaza yang penuh sesak dengan pasien dan orang-orang terlantar pada hari Selasa, 17 Oktober 2023

“Arab Saudi dengan tegas mengutuk serangan brutal ini, yang merupakan pelanggaran mencolok terhadap semua hukum dan norma internasional, termasuk hukum humaniter internasional,” kata kementerian luar negeri Arab Saudi.

Kementerian itu juga mengecam Israel karena “serangan terus menerus terhadap warga sipil meskipun banyak seruan internasional” untuk berhenti.

“Serangan berbahaya ini memaksa masyarakat internasional untuk meninggalkan standar ganda dan selektivitas dalam menerapkan hukum humaniter internasional ketika menyangkut praktik kriminal Israel. Ini membutuhkan sikap serius dan tegas untuk memberikan perlindungan bagi warga sipil yang tak berdaya,” kata sebuah pernyataan kementerian.

Kerajaan juga menekankan perlunya membuka koridor yang aman segera untuk mengirimkan makanan dan obat-obatan kepada warga sipil yang terperangkap di Gaza, dan mengatakan pihaknya menganggap pasukan Israel bertanggung jawab penuh atas pelanggaran berkelanjutan mereka terhadap semua norma dan hukum internasional.

Kementerian luar negeri Rusia mengatakan pada hari Rabu bahwa serangan terhadap rumah sakit di Gaza adalah kejahatan yang mengejutkan, menambahkan bahwa Israel harus memberikan gambar satelit untuk membuktikan bahwa mereka tidak terlibat dalam serangan itu.

Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Maria Zakharova mengatakan kepada Radio Sputnik bahwa serangan itu adalah kejahatan “tidak manusiawi” yang mengejutkan.

Berikut adalah beberapa reaksi global lainnya terhadap serangan brutal tersebut:

Presiden Mesir Abdel Fattah El-Sisi mengeluarkan pernyataan pada hari Selasa, mengatakan: “Saya mengutuk pemboman Israel yang paling kuat” di sebuah rumah sakit di Gaza, dan menyebutnya sebagai “pelanggaran hukum internasional yang jelas.”

Otoritas kesehatan Palestina mengatakan kematian di rumah sakit di Gaza disebabkan oleh serangan udara Israel, tetapi militer Israel menyalahkan peluncuran roket yang gagal oleh kelompok militan Palestina

Presiden Prancis Emmanuel Macron mengatakan pada hari Selasa “tidak ada yang bisa membenarkan penargetan warga sipil” setelah serangan mematikan di sebuah rumah sakit Gaza dan menyerukan akses kemanusiaan ke jalur pantai “tanpa penundaan.”

“Tidak ada yang bisa membenarkan pemogokan terhadap rumah sakit. Tidak ada yang bisa membenarkan penargetan warga sipil. Prancis mengutuk serangan terhadap rumah sakit Al-Ahli Arabi di Gaza yang menyebabkan begitu banyak korban Palestina. Kami memikirkan mereka,” tulisnya di X.

“Akses kemanusiaan ke Jalur Gaza harus dibuka tanpa penundaan.”

Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres “ngeri” dengan serangan mematikan di sebuah rumah sakit di Gaza, katanya dalam sebuah posting media sosial Selasa.

“Hati saya bersama keluarga korban. Rumah sakit dan tenaga medis dilindungi oleh hukum humaniter internasional,” kata Guterres dalam pesan di X.

UEA mengutuk keras serangan Israel dalam sebuah pernyataan kementerian luar negeri yang mengatakan “menyatakan penyesalannya yang mendalam atas hilangnya nyawa dan menyampaikan belasungkawa kepada keluarga para korban, berharap pemulihan cepat bagi semua yang terluka.”

Ini menekankan “perlunya penghentian segera permusuhan dan untuk memastikan bahwa warga sipil dan lembaga-lembaga sipil tidak menjadi sasaran.”

UEA meminta masyarakat internasional untuk mengintensifkan upaya untuk mencapai gencatan senjata segera untuk mencegah hilangnya nyawa lebih lanjut.

Kuwait pada hari Selasa “mengutuk keras dan mengecam serangan udara barbar pasukan pendudukan Israel di Rumah Sakit Baptis Al-Ahli di Jalur Gaza, di mana ratusan warga sipil tak berdosa tewas,” kata kantor berita negara.

“Pasukan pendudukan yang menargetkan rumah sakit dan fasilitas umum adalah pelanggaran terhadap Hukum Humaniter Internasional,” kata sebuah pernyataan oleh kementerian luar negeri.

Organisasi Kerjasama Islam juga mengecam serangan itu.

Kepala OKI Hissein Taha menganggap serangan itu sebagai “kejahatan perang” dan “kejahatan terhadap kemanusiaan,” kata OKI pada X.

Taha meminta pertanggungjawaban pendudukan Israel atas kejahatan, praktik teroris, dan serangan brutal terhadap rakyat Palestina, yang bertentangan dengan semua nilai kemanusiaan dan merupakan pelanggaran mencolok terhadap hukum humaniter internasional.

Liga Muslim Dunia mengutuk “dalam istilah terkuat” serangan itu.

Kepala MWL Sheikh Abdulkarim Al-Issa mengecam dalam sebuah pernyataan ini “kejahatan brutal yang membatalkan pelakunya dari semua nilai agama dan kemanusiaan, menyerukan masyarakat internasional untuk memikul tanggung jawabnya untuk melindungi warga sipil dari pembantaian mengerikan ini.”

Kementerian luar negeri Qatar juga mengeluarkan pernyataan di mana mereka mengutuk keras serangan udara Israel dengan mengatakan, “perluasan serangan Israel di Jalur Gaza untuk memasukkan rumah sakit, sekolah, dan pusat-pusat populasi lainnya adalah eskalasi berbahaya.”

Kementerian luar negeri Yordania mengeluarkan pernyataan pada hari Selasa yang mengutuk keras serangan Israel. Raja Abdullah mengatakan pemboman Israel terhadap rumah sakit Gaza adalah “pembantaian” dan “kejahatan perang” yang tidak bisa dibungkam.

Sementara itu, kementerian luar negeri Turkiye mengutuk keras “serangan barbar” Israel di rumah sakit Gaza.

“Kami sangat marah bahwa ratusan warga Palestina kehilangan nyawa mereka dan banyak lagi yang terluka akibat penargetan sebuah rumah sakit di Gaza hari ini, dan kami mengutuk serangan barbar ini dalam istilah yang paling kuat,” kata pernyataan Turki.

Kepala Uni Eropa Charles Michel mengatakan menargetkan infrastruktur sipil di Gaza melanggar hukum internasional setelah serangan mematikan di sebuah rumah sakit.

“Informasi ini kami dapatkan saat bersama-sama dalam pertemuan virtual dengan para pimpinan ini. Tampaknya harus dikonfirmasi dan serangan terhadap infrastruktur sipil tidak sejalan dengan hukum internasional,” kata Michel setelah konferensi video para pemimpin Uni Eropa.

Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau mengatakan serangan Israel di rumah sakit di Gaza “mengerikan dan sama sekali tidak dapat diterima.”

Trudeau mengatakan kepada wartawan bahwa “tidak dapat diterima untuk menabrak rumah sakit.”

Organisasi Kesehatan Dunia mengutuk serangan mematikan hari Selasa dan menuntut perlindungan segera warga sipil dan perawatan kesehatan di daerah kantong Palestina.

“WHO mengutuk keras serangan terhadap Rumah Sakit Al Ahli Arab,” kata direktur jenderal badan kesehatan PBB Tedros Adhanom Ghebreyesus di platform media sosial X, sebelumnya Twitter.

Kementerian kesehatan di wilayah Palestina yang dikelola Hamas mengatakan serangan udara Israel di kompleks rumah sakit yang melindungi orang-orang terlantar telah menewaskan lebih dari 200 orang.

“Laporan awal menunjukkan ratusan kematian dan cedera,” kata Tedros.

“Kami menyerukan perlindungan segera warga sipil dan perawatan kesehatan, dan agar perintah evakuasi dibatalkan.”

Kementerian luar negeri Iran mengutuk keras serangan udara Israel, dengan mengatakan bahwa serangan itu telah menewaskan dan melukai ratusan “orang yang tidak bersenjata dan tak berdaya.”

SourceArabNews

Trending Topic

Subscribe
Notify of

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Iklan

Iklan

Hot News

Game

PENTING UNTUK DIBACA