Iklan
Iklan

Sespri Juliari Batubara Bongkar Cara Pembayaran Jet Pribadi yang Selalu Digunakan Eks Mensos Ini

- Advertisement -
Sespri Juliari Batubara, Selvy Nurbaety membongkar cara pembayaran jet pribadi yang digunakan dalam kunjungan kerja eks Menteri Sosial RI itu.

Sespri Juliari ini mengungkapkan pernah diminta oleh eks Mensos ini untuk menyewa pesawat untuk kunjungan kerja ke Kendal, Jawa Tengah. Terkait pembayarannya, Selvy diarahkan meminta uang kepada Adi Wahyono selaku kabiro umum Kemensos saat itu.

“Pak Adi minta saya ambil ke ruangannya, ada beberapa orang di sana,” ujar Sespri Juliari, Selvy Nurbaety di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Jakarta, Senin (29/3/2021).

Selvy dalam sidang ini bersaksi untuk terdakwa Harry Van Sidabukke yang didakwa menyuap mantan Menteri Sosial Juliari Batubara senilai Rp 1,28 miliar terkait penunjukan perusahaan penyedia bansos sembako COVID-19.

“Lalu setelah dapat uang dari Pak Adi, saya berikan ke Pak Nando dari Ceojetset untuk pelunasan, biayanya Rp 300 juta, kalau tidak salah,” ucap Sespri Juliari ini.

Menurutnya, uang pembayaran pesawat itu diberikan dalam goody bag sekitar September atau Oktober 2020. Wanita yang sudah lama menjadi sespri Juliari itu mengaku beberapa kali diminta bosnya tersebut mengurus penyewaan pesawat pribadi, antara lain untuk kunjungan ke Luwuk Utara, Bali, dan Kalimantan Selatan.

“Selain kepada Pak Adi, saya juga minta ke Direktorat Linjamsos (Perlindungan Jaminan Sosial). Teknisnya yang atur mereka,” ujarnya.

Selvy sendiri sudah menjadi sespri sejak 2003, ketika Juliari masih menjadi direktur PT Wiraswasta Gemilang Indonesia itu mengatakan tidak ada nota dinas untuk penyewaan pesawat tersebut.

Sementara, saksi lain bernama Sanjaya mengaku pernah mengantarkan Matheus Joko Santoso ke Bandara Halim Perdanakusuma untuk mengantarkan uang.

Sanjaya sendiri adalah sopir pribadi Joko yang ketika itu menjadi Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) pengadaan bansos sembako COVID-19 pada Direktorat Perlindungan Sosial Korban Bencana Sosial Kemensos.

“Pernah saat saya antar bapak pagi-pagi ke Halim. Bapak bilang bawa uang Rp 2 miliar untuk Pak Adi. Saya kurang tahu untuk apa uangnya, tetapi kata Pak Joko untuk sewa pesawat,” ujar Sanjaya.

Uang yang diantarkan Joko itu menurut Sanjaya berbentuk dolar. Juliari dalam sidang 22 Maret 2021 mengaku pernah menyewa jet pribadi sekitar 3 sampai 4 kali dengan pembayaran sewanya dilakukan oleh Adi Wahyono.

Pada sidang 8 Maret 2020 lalu, Matheus Joko Santoso mengaku mengumpulkan fee sebesar Rp 14,7 miliar dari berbagai perusahaan vendor bansos Covid-19 yang digunakan untuk operasional bansos termasuk untuk kebutuhan Juliari Batubara.

Uang itu diserahkan kepada para pejabat di Kemensos dan tim pengadaan bansos, biaya pengacara, pembayaran hotel, swab test, seragam baju tenaga pelopor, sewa pesawat, honorarium artis Cita Citata dan sebagainya.

Trending Topic

Subscribe
Notify of

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Iklan

Iklan

Hot News

Game

PENTING UNTUK DIBACA