Iklan
Iklan

SPBU Khusus Nelayan, Dibangun Pemerintah Solusi ini Dapat Dukungan DPD RI

- Advertisement -
Jakarta | Ketua DPD RI menudukung solusi pemerintah untuk membangun SPBU khusus nelayan. Hal ini dilakukan lantaran banyak nelayan kesulitan melaut akibat kelangkaan solar yang terjadi sebulan belakangan ini.

Diketahui bahwa kondisi itu mendapat perhatian dari Ketua DPD RI, AA LaNyalla Mahmud Mattalitti. Menurutnya, pemerintah harus segera memberi solusi dengan memastikan pasokan solar untuk nelayan. Makanya LaNyalla mendukung rencana pemerintah untuk membangun SPBU khusus nelayan (SPBUN).

“Saya kira ide untuk membangun SPBU khusus nelayan merupakan solusi tepat. Karena nelayan akan memiliki pasokan khusus dan tidak perlu kesulitan mengantre solar di pom bensin umum,” ujar LaNyalla, di Jakarta Kamis (14/4/2022).

“Nelayan tidak usah bersaing dengan motor dan mobil di darat. Jadi lebih efektif dan efisien,” sambungnya.

Ditambahkan LaNyalla, kelangkaan solar menimbulkan efek domino bagi nelayan. Mulai dari sulitnya melaut, mengingat solar adalah kebutuhan pokok nelayan. Kondisi itu kemudian berdampak pada pendapatan para nelayan dan juga ekonomi keluarganya.

“Kalau mereka tidak dapat melaut mencari ikan artinya mereka tidak ada mata pencaharian. Jika dibiarkan akan terjadi ancaman kemiskinan pada kelompok nelayan dan masyarakat pesisir,” papar dia.

Di sisi lain, faktanya kini di pasar-pasar tradisional ikan sudah mulai langka akibat nelayan tidak dapat memberikan pasokan yang cukup. Akibatnya harga juga melambung.

“Pemerintah harus segera merespon masalah ini dengan cepat. Kekurangan pasokan ikan ke pasar bukan hanya berdampak pada kenaikan harga tetapi juga tidak tercukupinya kebutuhan pangan dan kebutuhan protein. Ini akan berdampak pada penurunan kesehatan bahkan kecerdasan. Artinya kualitas hidup akan menurun,” tukasnya.

Trending Topic

Subscribe
Notify of

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Iklan

Iklan

Hot News

Game

PENTING UNTUK DIBACA