Beranda DAERAH Kepulauan Riau Sri Soedarsono Kembali Terpilih Sebagai Ketua Pada Muskot Ke VI PMI Batam

Sri Soedarsono Kembali Terpilih Sebagai Ketua Pada Muskot Ke VI PMI Batam

PMI
Musyawarah Kota (Muskot) ke VI  Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Batam kembali digelar pada Sabtu, 20 Februari 2021.

Dalam Muskot ke VI PMI Batam tersebut, Sri Soedarsono kembali terpilih secara aklamasi sebagai Ketua Palang Merah Indonesia Kota Batam Masa Bakti 2020-2025.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Batam, dr. Didi Kusmajardi, Sp. Og, diberikan amanat membuka secara langsung Muskot ke VI PMI Batam yang dilaksanakan di Gedung PMI Kota Batam, Batam Centre.

Ketua PMI Kota Batam, Sri Soedarsono dalam sambutannya mengatakan bahwa Palang Merah Indonesia merupakan organisasi sosial yang tidak mencari keuntungan. Palang Merah Indonesia bekerja untuk semua manusia dengan dasar kemanusian tanpa pamrih dan sukarela.

“Palang Merah Indonesia Batam dibawah kepemimpinan sebelumnya  sudah menjalankan amanah dengan sangat baik, namun ia mengakui masih banyak kekurangan dalam menjalankan tugas kemanusian ini,” ungkap perempuan yang akrab dipanggil eyang.

“Palang Merah Indonesia Batam siap mewujudkan orang yang profesional dan berintegritas serta bergerak bersama masyarakat,” ucapnya lagi.

PMI

Ditempat yang sama, Provinsi Kepri, Endy Maulidi dalam sambutannya mengajak laksanakan Muskot Kota Batam sesuai dengan tahapan-tahapan sesuai AD ART, karena calon tunggal, maka dapat dilaksanakan secara aklamasi.

“Kita apresiasi dibawah kepemimpinan Ibu Sri Soedarsono, Palang Merah Indonesia Batam menjadi lebih baik, Ibu Dar juga sukses menyelamatkan PMI Batam yang hampir failed di masa pandemik,” ujar Endy Maulidi.

Selain itu, di tahun 2020 Palang Merah Indonesia Batam berhasil menggalang dana dalam tiga bulan sebesar Rp 1,1 Milyar yang menurutnya motivasi Sri Soedarsono harus ditauladani, karena tidak mudah mengemban amanah menjadi Ketua PMI.

Endy menambahkan, Palang Merah Indonesia tidak hanya mengurusi kebutuhan darah, lebih dari itu juga terdepan dalam pengembangan sumberdaya, penanggulangan bencana dan masalah sosial kemanusiaan lainnya.

“Saya harap Ibu ketua bersama pengurus baru untuk terus semangat berinovasi dan meningkatkan pelayanan dan membantu pemerintah dalam menanggulangi pandemic Covid19, dan saya harap juga perlu didukung secara penuh oleh pemerintah kota Batam,” ungkapnya.

“Semoga Ibu dan pengurus yang baru dapat membuat program 5 tahun kedepannya yang lebih strategis, dan semoga lancar dan sukses, semoga semangat baru di musyawarah kota ini membawa Palang Merah Indonesia Batam semakin Jaya,” sambungnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kota Batam, dr. Didi Kusmajardi, Sp. Og mengaku sangat terkesan dengan usaha Batam untuk meningkatkan kemandirian organisasi dengan usaha-usaha strategis seperti penyediaan pelatihan, malam amal, bulan dana, dan sumber income lainnya.

PMI

Sambungnya, mungkin bisa ditambah dengan menyasar sektor lain seperti klinik dan sekolah tinggi teknologi transfusi darah.

“Saya harap kepada dokter Novia, M.Biomed, untuk terus berinovasi dalam pengembangan teknologi pelayanan kebutuhan baik darah, dan plasma konvalesen,” ucap Didi.

“Kami mohon maaf bantuan pemerintah yang dialokasikan untuk PMI Batam menjadi turun 50 persen di masa pandemi dikarenakan digunakan untuk penanggulangan pandemic Covid-19,” ujarnya.

Didi menambahkan, Pemerintah Kota Batam paham betul dan sangat berterimakasih pada Palang Merah Indonesia Batam sebagai mitra pemerintah yang sangat membantu dalam penyediaan darah dan bahkan baru-baru ini batam memiliki layanan baru untuk donor plasma konvalesen yang mana sangat membantu untuk pasien Covid-19.

“Kita akan terus melaksanakan vaksin sampai kasus pandemic selesai, sampai ditekan penanggulangan penularan Covid-19, karena walau bertahap, namun secara keseluruhan bisa melindungi yang lain,” tambah Didi.

Lanjut dia, dikarenakan dosis vaksin di Batam masih belum mencukupi, maka masih dimaksimalkan untuk Nakes, dan akan diusahakan untuk Batam, sebagai fasilitas kesehatan akan diusulkan segera sebagai penerima vaksin selanjutnya.

“Selamat kepada Ibu Sri Soedarsono dan pengurus baru Palang Merah Indonesia Batam 2020 -2025. Selamat dan sukses mengemban amanah dan saya buka secara resmi muskot  Batam ke VI,” tutup Didi. Turut hadir Kepala Dinas Kesehatan Kota Batam, dr. Didi Kusmarjadi, Sp. Og, PMI Provinsi Kepri, Endy Maulidi, Anggota DPRD Kota Batam, Tan A Tie, Ketua PDDI, Saufa, Dewan Kehormatan, Ir Tatok Wahyu Harjanto serta tamu undangan.