Suami Zaskia Gotik Diduga Ikut Menikmati Uang Hasil Korupsi Pembangunan Gereja di Papua

- Advertisement -

Suami Zaskia Gotik, Sirajudin Machmud diduga ikut menikmati uang hasil korupsi pembangunan Gereja Kingmi Mile 32 di Mimika, Papua.

Keterlibatan suami Zaskia Gotik ini diungkapkan oleh Kepala Bagian Pemberitaan KPK, Ali Fikri. Ali mengatakan, dugaan uang hasil korupsi ini didalami penyidik saat memeriksa Sirajudin sebagai saksi pada Senin, 16 Oktober kemarin.

Sirajudin Machmud diperiksa di Gedung Merah Putih KPK, Kuningan Persada, Jakarta Selatan.

“Saksi hadir dan didalami pengetahuannya antara lain terkait dengan dugaan adanya aliran uang dari salah satu tersangka untuk keperluan pribadi saksi,” ujar Ali, Selasa, (17/10/2023).

Ali menjelaskan belum dirinci soal uang korupsi yang dinikmati suami Zaskia Gotik ini. Namun, dugaannya penerimaan yang dilakukan berasal dari akal-akalan yang terjadi saat pembangunan rumah ibadah tersebut.

Suami Zaskia Gotik

Diberitakan sebelumnya, Sirajudin sudah pernah dipanggil pada 9 Oktober lalu. Tapi, dia mangkir tanpa keterangan kepada pihak penyidik sehingga dilakukan penjadwalan ulang.

Dalam kasus ini, komisi antirasuah menetapkan empat tersangka baru dalam perkara ini.

Mereka adalah Budiyanto Wijaya (BW) yang merupakan pihak swasta; Direktur PT Dharma Winaga, Arif Yahya (AY); Kepala Cabang PT Satria Creasindo Prima, Gustaf Urbanus Patandianan (GUP); dan PNS Pemkab Mimika Totok Suharto (TS).

Keempatnya jadi tersangka karena diduga mendapat keuntungan pribadi sejumlah Rp3,5 miliar.

KPK juga menyebut perbuatan mereka menyebabkan kerugian negara sebesar Rp11,7 miliar.

Penetapan tersangka ini merupakan pengembangan dari kasus yang menjerat Bupati Mimika Eltinus Omaleng.

Hanya saja, kepala daerah ini ujungnya divonis lepas oleh Pengadilan Negeri Makassar dan KPK mengajukan kasasi ke Mahkamah Agung.

Trending Topic

Subscribe
Notify of

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Iklan

Hot News

Game

PENTING UNTUK DIBACA