Iklan
Iklan

Suara Dentuman Misterius Terdengar di Gunungkidul, Ini Kata BMKG

- Advertisement -
Suara dentuman misterius sempat terdengar di wilayah Gunungkidul, Kamis (22/12/2022) kemarin. Suara yang cukup mengejutkan bagi warga sekitar merupai suara ledakan.

Namun, warga memberikan kesaksian berbeda-beda terkait munculnya suara dentuman misterius tersebut. Ada yang menyatakan seperti suara truk lewat.

Akan tetapi pemerintah asih belum bisa memastikan penyebab suara tersebut. Namun, Kantor Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyimpulkan bahwa suara dentuman tidak memiliki kaitan dengan fenomena alam.

“Kami tidak memberi petunjuk yang mengarah ke sana,” ujar Budiarta, Koordinator Observasi Stasiun Geofisika di Kilometer 8 Jalan Wates, Kabupaten Sleman, Jumat (23/12/2022).

Bahkan, BMKG sudah melakukan pengecekan di Kantor BMKG Stasiun GKJM di Kapanewon Gendangsari, Gunungkidul, untuk menganalisa dentuman yang terdeteksi pada pukul 10.37:51 WIB.

Suara dentuman misterius tersebut dipastikan bukan tanda gempa ataupun karena petir. “Kami simpulkan kemungkinan bukan aktivitas tektonik maupun aktivitas petir,” ujar Budiarta.

Salah seorang warga mengira suara dentuman disebabkan oleh truk yang melintas. “Awalnya juga dikira gempa, namun tidak ada goyangan, hanya kaca saja yang bergetar,” ujar Lurah Tambakromo Sudigdo dikutip dari Kompas.com.

Sempat beredar rumor dentuman disebabkan pengerjaan di Jalur Jalan Lintas Selatan (JJLS) dengan metode blasting atau peledakan.

Namun, rumor tersebut dibantah oleh Lurah Jepitu Sudarta, hari ini tidak ada penggunaan blasting untuk pembangunan JJLS di wilayahnya.

Sebelumnya, BMKG DIY memastikan tidak ada aktivitas gempa ataupun sambaran petir di Gunungkidul.

Sedanhgkan Kepala Penerangan Landasan Udara (Lanud) Iswahjudi Mayor Sus Yudha Pramono menyampaikan, tidak ada aktivitas latihan pesawat tempur di wilayah Yogyakarta.

Trending Topic

Subscribe
Notify of

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Iklan

Iklan

Hot News

Game

PENTING UNTUK DIBACA