Iklan
Iklan

Taliban dituduh ‘Membantai Warga Sipil’ di Kota Perbatasan Afghanistan

- Advertisement -
Pasukan Afghanistan berjuang untuk merebut kembali kota besar pertama yang jatuh ke tangan Taliban ketika Amerika Serikat dan Inggris menuduh kelompok itu “membantai warga sipil” di sebuah kota Kandahar yang baru-baru ini mereka kuasai di dekat perbatasan Pakistan.

“Taliban membantai puluhan warga sipil dalam pembunuhan balas dendam. Pembunuhan ini bisa merupakan kejahatan perang,” kata kedutaan besar Washington dan London dalam tweet terpisah pada hari Senin mengenai dugaan kekejaman yang dilakukan di Spin Boldak.

“Kepemimpinan Taliban harus bertanggung jawab atas kejahatan para pejuang mereka. Jika Anda tidak dapat mengendalikan pejuang Anda sekarang, Anda tidak memiliki urusan dalam pemerintahan nanti,” imbuhnya.

Suhail Shaheen, seorang anggota tim perunding Taliban yang berbasis di Doha, mengatakan kepada kantor berita Reuters bahwa tweet yang berisi tuduhan itu adalah “laporan tidak berdasar”.

Kecaman diplomatik AS dan Inggris datang setelah Komisi Hak Asasi Manusia Independen Afghanistan juga mengatakan pejuang Taliban telah terlibat dalam pembunuhan balas dendam di Spin Boldak.

“Setelah mengambil alih distrik Spin Boldak, Taliban mengejar dan mengidentifikasi pejabat pemerintah dulu dan sekarang serta membantai orang-orang yang tidak memiliki peran tempur dalam konflik tersebut,” kata kelompok itu, seraya menambahkan setidaknya 40 orang telah dibunuh oleh Taliban.

Sementara itu, pejuang Taliban terus menyerang setidaknya tiga ibu kota provinsi – Lashkar Gah, Kandahar dan Herat – setelah pertempuran sengit akhir pekan yang mengakibatkan ribuan warga sipil mengungsi.

Perang telah meningkat sejak awal Mei, dengan Taliban memanfaatkan tahap akhir penarikan pasukan asing pimpinan AS setelah hampir 20 tahun di negara itu.

Trending Topic

Subscribe
Notify of

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Iklan

Iklan

Hot News

Game

PENTING UNTUK DIBACA