Beranda TEKNOLOGI Tanda WhatsApp Diretas oleh Penipu atau Pencuri Data

Tanda WhatsApp Diretas oleh Penipu atau Pencuri Data

WhatsApp Diretas
Aplikasi pesan singkat WhatApp diretas orang lain untuk tujuan penipuan ataupun pencurian data memang marak terjadi. Karena WhatsApp merupakan salah satu aplikasi pesan singkat yang terpopuler belakangan ini.

Untuk menjaga keamanan WhatsApp diretas orang lain, akun pengguna WhatsApp memiliki sejumlah fitur, seperti otentikasi dua faktor dan enkripsi end-to-end.

Namun, WhatsApp masih rentan terhadap peretasan. Akun WhatsApp diretas orang lain untuk berbagai tujuan, seperti pencurian data hingga penipuan.

Lalu, apa saja tanda-tanda akun WhatsApp kita diintai?

Metode Pengintaian WhatsApp

Sebelum mengetahui tanda-tanda akun WhatsApp diretas, ada baiknya untuk mengetahui metode yang biasa digunakan untuk melakukan pengintaian tersebut. Dilansir dari laman Mfidie.com, berikut adalah 3 metode yang dapat digunakan untuk meretas WhatsApp :

WhatsApp Web

WhatsApp Web adalah fitur tambahan dari WhatsApp yang memungkinkan pengguna untuk mengakses akunnya di komputer. Untuk menggunakan fitur ini, pengguna harus mengindai kode QR dari perangkat seluler.

Akun WhatsApp dapat diintai di perangkat seluler yang berbeda dengan aplikasi bernama WhatScan menggunakan metode pemindaian yang sama.

File cadangan WhatsApp

File cadangan WhatsApp dapat diakses menggunakan Manajer File. Setelah peretas memiliki akses ke smartphone Anda, mereka akan membuka file cadangan WhatsApp dan mentransfernya melalui Bluetooth atau Xender lalu mengubahnya menjadi teks biasa dan membaca semua obrolan Anda.

Aplikasi mata-mata

Akun WhatsApp juga dapat diintai menggunakan aplikasi pihak ketiga. Setelah peretas mendapatkan akses ke perangkat Anda, mereka akan menginstall aplikasi mata-mata dan menyembunyikannya. Aplikasi tersebut kemudian akan memata-matai dan mengirim obrolan Anda ke peretas di latar belakang.

Tanda-tanda akun WhatsApp diretas orang lain :

Kenaikan suhu

Jika smartphone Anda sering mengalami kenaikan suhu secara tiba-tiba, maka Anda perlu berhati-hati. Kenaikan suhu tersebut biasanya disebabkan oleh aplikasi yang berjalan di latar belakang, namun juga dapat disebabkan oleh perangkat pengintai atau spyware.

BACA JUGA  Elon Musk Bantah Mobil Tesla Mata-Matai China

Baterai terkuras secara tiba-tiba

Aplikasi pengintai menggunakan daya baterai secara signifikan sehingga menyebabkan pengurangan baterai secara drastis.

Berikutnya: Mungkin saja ada spyware yang menggunakan lokasi…

Jika Anda harus mengisi daya baterai terus-menerus bahkan ketika Anda jarang menggunakan perangkat, maka Anda harus waspada.

Mungkin saja ada spyware yang menggunakan lokasi dan data perangkat Anda untuk melacak keberadaan dan info perangkat yang Anda gunakan.

Peningkatan penggunaan data

Saat perangkat Anda diintai, data Anda akan berkurang lebih cepat dari biasanya. Ini karena spyware menggunakan data perangkat Anda untuk menyampaikan informasi kepada peretas. Beberapa spyware bahkan mengunduh aplikasi pihak ketiga secara otomatis untuk memperluas layanannya.

Kebisingan latar belakang

Salah satu tanda bahwa akun Anda telah diretas adalah munculnya suara latar belakang dalam panggilan. Aplikasi mata-mata tidak hanya meretas perangkat, namun juga meretas panggilan. Dengan demikian, setiap panggilan yang Anda lakukan akan direkam oleh aplikasi ini.

Tips Mengamankan WhatsApp diretas Orang Lain

Berikut merupakan cara yang bisa ditempuh untuk mengamankan akun WhatsApp dari peretasan :

  • Selalu kunci perangkat Anda
  • Selalu logout setelah menggunakan WhatsApp Web
  • Kunci WhatsApp Anda
  • Jangan sampungkan perangkat dengan jaringan Wifi yang tidak dikenal
  • Jangan menginstal aplikasi dari sumber yang tidak dikenal
  • Jangan biarkan siapa pun mengakses perangkat Anda
  • Verifikasi dua langkah awal di WhatsApp

Demikianlah tanda-tanda bahwa akun WhatsApp tengah diintai beserta tips untuk mengamankannya.

Facebook Comments

Iklan
Artikulli paraprakMaria Stefanie 2022 Rilis Ulang Lagu Klasik “Ave Maria”
Artikulli tjetërCara Mengurus Sertifikat Tanah dengan Gratis