Terapkan Basic Skin Care untuk Menjaga Kulit Wajah Tetap Bersih dan Sehat

- Advertisement -
Basic skin care merupakan langkah dasar untuk perawatan kulit. Tak perlu menghabiskan banyak uang atau melakukan proses perawatan yang panjang, rutin menerapkan rangkaian basic skin care sudah mampu menjaga kulit wajah tetap bersih dan sehat.

Perawatan kulit wajah yang biasa Anda jalani sehari-hari tidak harus dilakukan hingga berlapis-lapis dan memakan waktu berjam-jam. Anda dapat menerapkan 3 langkah basic skin care yang tak kalah efektifnya dalam melindungi kulit dan menjaganya tetap sehat.

Tidak hanya praktis, basic skin care juga cocok dilakukan jika Anda memiliki kulit yang sensitif, mudah teriritasi, dan berjerawat. Selain itu, perawatan kecantikan dasar ini juga bisa dilakukan jika Anda memiliki riwayat alergi atau kondisi kulit tertentu, seperti rosacea.

Berbagai Rangkaian Basic Skin Care

Sebelum menerapkan basic skin care, Anda perlu mengetahui jenis kulit wajah dan tujuan Anda menggunakan skin care. Hal ini akan memudahkan Anda dalam memilih kandungan skin care yang sesuai.

Berikut ini adalah rangkaian basic skin care beserta kandungan bahan yang dapat Anda sesuaikan dengan jenis kulit yang dimiliki:

Menggunakan pembersih wajah

Memilih pembersih wajah tidak bisa sembarangan. Jika Anda memiliki kulit wajah yang mudah berjerawat dan berminyak, gunakanlah sabun pembersih wajah yang mengandung asam glikolat atau asam salisilat.

Untuk kulit yang sensitif, pilihlah produk pembersih wajah yang bebas alkohol agar tidak memicu iritasi. Sementara itu, jika Anda memiliki kulit kering, gunakan produk dengan kandungan asam hialuronat, ceramide, atau gliserin yang dapat melembapkan kulit.

Menggunakan pelembap

Setelah membersihkan wajah, Anda dapat menerapkan basic skin care selanjutnya, yaitu mengoleskan pelembap. Tahapan ini merupakan langkah penting dalam proses perawatan kulit karena pelembap dapat mengatasi dan mencegah kulit kering serta menjaga keseimbangan pH kulit, sehingga kulit wajah tampak segar dan sehat.

Sebelum mengoleskan pelembap, penting untuk mengetahui jenis kulit Anda agar dapat memilih kandungan pelembap yang tepat, yaitu:

Untuk kulit kering, gunakan pelembap dengan kandungan ceramide, petroleum jelly, gliserin, atau asam hialuronat yang dapat melembapkan kulit

Untuk kulit berminyak atau berjerawat, gunakan produk yang tidak menyumbat pori-pori maupun menyebabkan komedo (noncomedogenic) dan hindari pelembap yang mengandung mineral oil, cocoa butter, atau petroleum jelly

Untuk kulit sensitif, pilih pelembap berbahan emolien yang mampu melembabkan sekaligus melembutkan kulit

Jika Anda memiliki kulit sensitif, pilih juga pelembap dalam sediaan salep atau krim. Sediaan tersebut umumnya tidak mengandung bahan pengawet, sehingga dapat mengurangi kemungkinan terjadinya reaksi alergi.

Menggunakan sunscreen

Langkah terakhir dan yang tidak boleh terlewatkan dalam rangkaian basic skin care adalah mengoleskan sunscreen. Hal ini penting dilakukan karena paparan sinar matahari dapat menyebabkan kerusakan kulit dan meningkatkan risiko terjadinya kanker kulit.

Untuk menghindari hal tersebut terjadi, oleskan sunscreen dengan kandungan SPF 30 atau lebih, setidaknya 15 menit sebelum beraktivitas di luar rumah pada siang hari. Lalu, oleskan kembali sunscreen setiap 2 jam sekali atau setelah Anda berkeringat maupun berenang.

Anda bisa menambahkan toner dan serum ke dalam rangkaian skin care harian. Namun, pastikan produk yang Anda pilih sesuai dengan jenis dan masalah kulit Anda.

Jika Anda yang memiliki kondisi kulit khusus atau mengalami efek samping dari penggunaan beberapa jenis basic skin care, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan ke dokter. Dengan begitu, Anda akan mendapatkan solusi terbaik dalam mengatasi masalah kulit dan mendapatkan saran perawatan wajah yang sesuai.

Trending Topic

Subscribe
Notify of

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Iklan

Hot News

Game

PENTING UNTUK DIBACA