Iklan
Iklan

Terjerat Utang China Sejumlah Negara Terancam Bangkrut, Bagaimana dengan Indonesia?

- Advertisement -
Sejumlah negara terancam bangkrut akibat terjerat utang China yang terlalu besar. Nasib tragis yang dialami beberapa negara ini cukup memprihatinkan.

Salah satu negara terjerat utang China yang cukup besar adalah, Sri Lanka. Negara ini kini tengah menjadi sorotan dunia. Negara pulau yang berada di sebelah pesisir tenggara India itu mengalami kebangkrutan dan gagal bayar utang.

Sri Lanka menyatakan gagal bayar utang luar negeri senilai 51 miliar dollar AS atau sekitar Rp 755,33 triliun sejak 12 April 2022 lalu. Ini merupakan yang terburuk sejak kemerdekaan negara itu dari Inggris pada 1948.

Krisis Sri Lanka menimbulkan kesengsaraan rakyat yang meluas. Masyarakat di sana harus sangat berhemat. Gaji yang ada, bahkan tidak bisa mencukupi kehidupan keluarga di tengah naiknya harga sejumlah komoditas.

Mereka terpaksa mengandalkan bantuan dari pemerintah untuk dapat bertahan hidup. Sementara untuk menghemat penggunaan energi, Sri Lanka menutup sekolah dan menghentikan layanan yang tidak penting.

Sri Lanka merupakan salah satu kreditur terbesar negara yang gagal bayar utang ini.

Pemerintah Sri Lanka terjerat utang China untuk sejumlah infarstruktur proyek sejak 2005, melalui skema Belt and Road (BRI). Salah satu proyek yang didanai oleh pinjaman tersebut adalah pembangunan pelabuhan Hambantota.

Pelabuhan itu dibangun pada 2008 silam dengan bantuan dana segar dari China sebesar US$ 361 juta (Rp 5 triliun).

Pada 2016, Kolombo akhirnya menyerahkan pelabuhan itu kepada perusahaan China untuk mengelolanya.

Dikutip dari Times of India, total utang Sri Lanka ke China mencapai US$ 8 miliar. Jumlah ini sekitar 1/6 dari total utang luar negerinya. Namun, bukan hanya Sri Lanka yang terjerat jebakan utang China karena proyek infrastruktur.

Inilah daftar negara lainnya yang juga terjerat utang China dan diyakini akan gagal bayar.

Uganda

Uganda merupakan negara lainnya yang terjerat utang China. Negara ini dilaporkan tengah berusaha mengubah perjanjian pinjamannya dengan China.

Supaya, memastikan sejumlah aset tidak hilang karena default (gagal bayar). Salah satu di antaranya, bandara internasional Entebbe.

Diberitakan Bloomberg, perjanjian itu dibuat pada 2015. Negara itu meminjam US$ 200 juta dari Bank Export-Import (EXIM) China untuk memperluas bandara Entebbe.

Klausul yang ingin diubah, antara lain perlunya Otoritas Penerbangan Sipil Uganda untuk meminta persetujuan dari pemberi pinjaman China untuk anggaran dan rencana strategisnya.

Aturan lain mengamanatkan, setiap perselisihan antara para pihak harus diselesaikan oleh Komisi Arbitrase Ekonomi dan Perdagangan Internasional China.

Pinjaman itu sendiri memiliki tenor 20 tahun, termasuk masa tenggang tujuh tahun.

Maladewa

Selain Uganda, negara lain yang diyakini terjerat utang China adalah Maladewa. Utang Maladewa terhadap China membengkak.

Awalnya, negara ini meminjam dana sebesar US$ 200 juta atau setara Rp 2 triliun untuk menghubungkan pulau ibukota Male ke pulau Hulhumale.

Di sana bandara dan lahan luas masih banyak tersedia.

Sehingga, diharapkan dapat menjadi jalan keluar mengenai keterbatasan lahan properti dan akses menuju kawasan ekonomi baru.

Jembatan penghubung pulau itu rampung pada 2018. Jembatan itu diberi nama “China-Maldives Friendship Bridge”.

Namun, Maladewa juga terus meminjam uang untuk pengembangan infrastruktur lainnya.

Pada tahun ini, beberapa mantan pejabat Maladewa dan perwakilan China menunjukkan angka utang terbaru.

Tahun ini, beberapa mantan pejabat negara itu menyebutkan, Maladewa berutang ke China antara US$ 1,1 miliar hingga US$ 1,4 miliar.

Kenya

Jadi salah satu negara yang diyakini akan gagal membayar utang ke China, Kenya awalnya meminjam US$ 3,6 miliar dari Bank EXIM China.

Pinjaman tersebut terkait pembangunan proyek kereta api (Standard Gauge Railway/SGR) rute dari Mombasa ke Nairobi.

Pemerintah lalu meminjam lagi US$ 1,5 miliar untuk memperpanjangnya ke Naivasha, sebuah kota di Central Rift Valley.

Peringatan mengenai utang Kenya ke China sendiri dikeluarkan auditor jenderal negara cejas beberapa tahun lalu.

Kemudian, hal ini kembali muncul di tengah krisis Sri Lanka.

Jika Kenya tak bisa membayar utang, maka pelabuhan Mombasa, aset paling berharga di negeri itu, diyakini akan diambil alih China. Meski begitu, pemerintah Kenya dan China menyangkal hal tersebut.

Mombasa disebut bukan jaminan pinjaman itu.

China Pemberi Utang Terbesar Keempat Bagi Indonesia

Berdasarkan data Statistik Utang Luar Negeri Indonesia (SULNI) periode Februari 2022, China adalah pemberi utang terbesar keempat bagi Indonesia, bersama dengan Singapura, Amerika Serikat (AS), dan Jepang.

Pada Februari 2022, Utang Luar Negeri (ULN) Indonesia dari China tercatat US$ 20,78 miliar, naik 0,76 persen dari bulan sebelumnya (month-on-month/mtm).

Dari sisi mata uang, ULN terbanyak masih dalam dolar AS. ULN berdenominasi dolar AS, tercatat US$ 275 miliar per Februari 2022.

Kemudian, di posisi kedua, ada euro dengan nilai ekuivalen US$ 25,15 miliar.

Sementara, Yen Jepang menempati peringkat ketiga (US$ 24,82 miliar) dan yuan China berada di posisi empat (US$ 4,31 miliar).

ULN dalam dolar AS tumbuh 0,38 persen mtm pada Februari 2022. Sementara, ULN euro naik 0,17 % , yen tumbuh 0,04 % , dan yuan turun 0,11 % .

Trending Topic

Subscribe
Notify of

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Iklan

Iklan

Hot News

Game

PENTING UNTUK DIBACA