Iklan
Iklan

Terkuak! Ribuan Mahasiswa Indonesia Pindah Jadi Warga Negara Singapura Setiap Tahun

- Advertisement -
Ribuan mahasiswa Indonesia pindah menjadi warga negara Singapura setiap tahunnya. Fakta ini diungkapkan oleh Dirjen Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM Silmy Karim.

Fenomena ribuan mahasiswa Indonesia memilih menjadi warga negara Singapura ini terjadi ketika Indonesia tengah bersaing dengan negara lain untuk merebut orang-orang pintar.

“Saya lupa kalau enggak 100, 1.000 orang mahasiswa Indonesia di Singapura menjadi warga negara Singapura setiap tahun. Bersaing kita rebut orang-orang hebat, pintar,” ujarnya dalam Festival Gen Z 2023 by CentennialZ, Minggu (9/7/2023).

Dia berharap semua pihak jangan hanya diam dengan munculnya fenomena ini. Silmy menilai Indonesia tidak bisa hanya mengandalkan sumber daya alam, sebab lambat laun pasti akan habis. Oleh karena itu, sisi sumber daya manusia lah yang harus ditingkatkan.

“Dalam hal menentukan nasib bersama, harus bersatu. Pemerintah kasih beasiswa LPDP, memperjuangkan, kasih informasi supaya Gen Z generasi yang unggul dan berdaya saing,” jelasnya.

Sementara Chairman CentennialZ, Dinno Ardiansyah menilai bahwa Gen Z tengah menghadapi banyak persoalan. Misalnya biaya hidup yang tinggi, akses penunjang karir yang terbatas, dan permasalahan tentang kesenjangan atau kemiskinan.

“Tiga isu yang kita angkat berhubungan dekat dengan generasi Z saat ini, mulai dari biaya hidup yang tinggi banget, akses mendapatkan pekerjaan, membangun karir, akses pemodalan itu susah banget, dan kesenjangan ekonomi atau kemiskinan sekarang semakin terlihat,” ujar Dinno Ardiansyah.

Dinno menyadari bahwa generasi Z sering diidentikkan dengan kegiatan hura-hura dan pesta. Namun, dia memiliki keyakinan yang kuat bahwa potensi generasi muda Indonesia jauh lebih besar dari sekadar itu.

Melalui Festival Gen Z ini Dinno mengatakan tujuannya adalah untuk memperkuat identitas dan kontribusi positif generasi Z.

“Kami ingin mengajak generasi Z untuk melihat diri mereka sebagai agen perubahan yang berdaya, Ini jadi wadah untuk Gen Z berani untuk speakup, kritis, membangun narasi, karena itu kekuatan Gen Z. Tapi Gen Z ga Cuma bisa kritik melainkan kita bisa menunjukkan aksi-aksi

Bertepatan pada momentum ini, persiapan Pemilu 2024 sudah ramai diperbincangkan dan akan banyak pihak yang mempunyai kepentingan mengatasnamakan generasi Z, melalui Festival Gen Z 2023 ini CentennialZ ingin menyerukan bahwa suara generasi Z tidak bisa dibeli.

“Kita (generasi Z) nggak mau hanya jadi subjek politik pada momentum pesta demokrasi 2024, tapi kita ikut memperjuangkan isu-isu yang sudah kita eskalasikan secara komprehensif,” jelas Dinno.

Festival Gen Z yang diinisiasi CentennialZ diarahkan untuk memberikan pemuda Indonesia kesempatan berkembang secara holistik. Ini termasuk pengembangan keterampilan teknologi, kewirausahaan, kepemimpinan, dan kreativitas. Selain itu, CentennialZ juga mendorong generasi Z untuk terlibat dalam inisiatif sosial dan lingkungan yang berdampak positif.

Dalam beberapa tahun terakhir, CentennialZ telah meluncurkan berbagai kampanye dan program yang mendapatkan perhatian positif dari generasi muda.

Dinno percaya bahwa dengan mengubah persepsi dan memperkuat identitas positif generasi Z, mereka dapat menjadi kekuatan pendorong bagi kemajuan dan kemakmuran Indonesia di masa depan.

Trending Topic

Subscribe
Notify of

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Iklan

Iklan

Hot News

Game

PENTING UNTUK DIBACA