Iklan
Iklan

TikTok Shop bersama 3 Kreator Affiliate Tembus Rekor Penjualan Total Rp107 Miliar

- Advertisement -
TikTok Shop, bagian dari platform TikTok yang memadukan konsep hiburan dan juga bisnis, terus menunjukkan komitmennya dalam menghadirkan pengalaman berbelanja yang menghibur, sekaligus aman dan nyaman bagi para merchant, kreator, maupun komunitas di seluruh Indonesia.

Memasuki tahun ketiganya beroperasi di Indonesia, TikTok Shop kembali memecahkan rekor penjualan melalui fitur live shopping di platform TikTok bersama tiga kreator affiliate ternama Indonesia dengan total Rp107 miliar di bulan Agustus 2023.

Ketahui lebih lanjut mengenai TikTok Shop dengan mengakses situs web TikTok Shop Indonesia di https://shop.tiktok.com/merchant/id.

Live Shopping to the rescue!

Data internal TikTok Shop mengungkapkan bahwa dari 3 pengguna TikTok pernah membeli produk melalui TikTok Shop. Selain itu, fitur LIVE Shopping yang mengusung konsep Shoppertainment (Entertainment first, eCommerce second) dinobatkan menjadi fitur favorit konsumen untuk melakukan transaksi di platform TikTok.

Dengan adanya konsep ini, konsumen dapat menikmati aktivitas hiburan sekaligus berbelanja  dan berinteraksi secara real-time dengan para merchants.

Kolaborasi yang kuat antara kreator affiliate dengan merek lokal, dan figur publik

Bagi kreator affiliate, kehadiran fitur live shopping ini tidak hanya membantu mereka untuk membangun dan menjaga hubungan dengan audiens di TikTok, tapi juga membuka peluang baru untuk mendapatkan penghasilan tambahan melaluikolaborasi dengan beberapa merek lokal dalam hal promosi dan penjualan di TikTok Shop.

Di bulan Agustus lalu, tiga kreator affiliate TikTok, yakni #RajaKreatorKecantikan dr. Richard Lee#RatuAffiliator Mami Louisse, dan #RajaElektronik Kohcun berhasil mencatatkan rekor penjualan tertinggi yang berasal dari interaksi melalui fitur live shopping. 

Selain memanfaatkan fitur live shopping selama 23-26 jam dalam sekali waktu untuk menjangkau lebih banyak audiens, strategi yang mereka lakukan adalah dengan berkolaborasi dengan beragam merek lokal dan figur publik.

dr. Richard Lee, seorang dokter yang juga aktif memberikan ulasan produk kecantikan, mengungkapkan, “Kami melakukan live shopping selama 23 jam non-stop secara bergantian dengan menghadirkan sesi live yang interaktif dan menarik. Kami mengajak beberapa selebriti ternama di Indonesia, seperti Inara Rusli, Inge Anugrah, dan Lady Nayoan Kjaernett untuk memberikan product knowlegde kepada penonton kami.” Sebagai hasilnya, dr. Richard Lee bersama timnya berhasil menjual produk kecantikan sebesar Rp41 miliar dalam satu hari.

Capaian ini menunjukkan bahwa konsistensi,dan tekad yang disertai dengan rasa ingin terus belajar hal baru dapat mengantarkan pada kesuksesan. Setelah mulai mencoba fitur live shopping TikTok Shop pada bulan Januari 2023, dr. Richard Lee berhasil masuk dalam daftar Top 10 kreator konten dengan penjualan terbesar pada bulan Juli setelah berpartisipasi dalam kampanye TikTok Shop.

Bagi Louisse Scarlettatau yang dikenal sebagai Mami Louisse, keberhasilannya dalam memecahkan rekor penjualan produk lokal dengan nilai Rp45 miliar dalam satu hari dan menjadi kreator pertama di Asia Tenggara dengan jumlah pesanan terbanyak dalam satu sesi live shopping, yakni 232.400 pesanan, tak lepas dari strateginya dalam berkolaborasi dengan berbagai merek dan memanfaatkan fitur live shopping di TikTok Shop.

Untuk semakin menarik minat audiens, Mami Louisse juga menawarkan diskon hingga 50% untuk produk kecantikan lokal terbaik yang sudah ia kurasi dan promo bebas ongkir bagi seluruh konsumen.

Selain di bidang kecantikan, kreator affiliate di bidang elektronik juga menunjukkan eksistensi audiensnya di TikTok Shop. Kohcun, salah satu kreator yang dahulu bekerja sebagai penjaga counter handphone, kini menjadi inspirasi bagi kreator lainnya setelah berhasil menjual produk-produk unggulan, seperti smartphone, aksesoris elektronik, dan peralatan rumah tangga senilai Rp 21 miliar melalui fitur live shopping selama 24 jam. Agar strateginya semakin mengena ke benak audiensnya, ia menambahkan diskon 80% dan promo gratis ongkir ke seluruh Indonesia.

Sajian konten yang edukatif dan interaktif

Ketiga kreator affiliate ini memiliki personal branding yang sama, yakni gemar membagikan informasi dan ulasan produk yang dikemas dalam konten yang kreatif. Misalnya, dr. Richard Lee yang bertekad untuk membantu konsumen Indonesia memahami manfaat produk perawatan kecantikan, Mami Louisse yang memulai perjalanannya bersama TikTok dengan mengunggah video kesehariannya berbagi informasi seputar parenting dan perjalanan pemulihan kondisi anaknya, dan Kohcun yang mulai membuat video ulasan produk elektronik di tahun 2021 dengan cara yang mudah dipahami audiens.

Tak hanya itu, kreator affiliate juga menekankan pada pentingnya menjaga dan membangun hubungan dengan audiens melalui interaksi saat proses live shopping berlangsung.

“Saya tidak pernah menyangka bahwa melalui TikTok Shop, saya bisa menjadi orang yang bermanfaat bagi Warga Kohcun dan juga masyarakat Indonesia agar mereka bisa mendapatkan produk elektronik terbaik. Saya juga sangat mengapresiasi seluruh tim yang bergantian selama live streaming ini hingga kita berhasil di titik ini,” ucap Kohcun.

Selain mendorong para kreator untuk mendapatkan penghasilan, TikTok Shop juga memberikan kenyamanan bagi seluruh pengguna dalam berbelanja dengan menyediakan fitur pencarian produk, kemudahan proses check out, serta pengecekan pengiriman dalam satu aplikasi.

Lebih lanjut, dengan adanya konsep Shoppertainment yang mengedepankan konten yang menghibur dahulu baru berbelanja, para pegiat usaha dari skala kecil hingga besar berkesempatan untuk meningkatkan penjualan secara langsung melalui kreasi video pendek dan aktivitas live streaming yang menarik.

Untuk semakin memperkuat komitmennya dalam mendukung perekonomian Indonesia, TikTok Shop akan terus memberikan dukungan komprehensif kepada UMKM lokal, seperti pendampingan dalam orientasi, inkubasi, hingga berbagai program yang berkontribusi pada pertumbuhan bisnis mereka.

Trending Topic

Subscribe
Notify of

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Iklan

Hot News

Game

PENTING UNTUK DIBACA