Iklan
Iklan

Timnas Indonesia Lolos ke Babak 16 Besar Piala Asia 2023

- Advertisement -

Akhirnya harapan Timnas Indonesia untuk bermain di babak 16 besar Piala Asia 2023 terwujud setelah Kirigistan vs Oman bermain imbang 1-1, Kamis (25/1/2024).

Penentuan Timnas Indonesia lolos ke fase gugur tersebut setelah duel Kirgistan vs Oman pada laga pamungkas Grup F Piala Asia 2023 berlangsung di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha, Qatar, Kamis (25/1) malam WIB.

Oman yang tampil lebih agresif sejak menit awal, berhasil mencetak gol pembuka saat laga baru berusia delapan menit, melalui Muhsen Al Ghassani.

Muhsen Al Ghassani berhasil mencetak gol melalui kemelut di bibir gawang meneruskan tendangan penjuru.

Unggul satu gol membuat Oman makin bersemangat untuk menekan pertahanan Kirgistan. Serangan bertubi-tubi dibangun namun tak ada gol tambahan yang tercipta hingga jeda pertandingan.

Memasuki babak kedua, Kirgistan sempat membuat kejutan di menit-menit awal. Joel Kojo berhasil menggetarkan gawang Oman melalui heading terukur pada menit ke-47.

Namun, wasit menganulir gol tersebut setelah berdiskusi dengan petugas VAR. Joel Kojo dinyatakan offside sebelum cetak gol.

Oman pun sedikit menurunkan tempo permainan setelah mendapat sejumlah serangan berbahaya dari Kirgistan.

Pada menit ke-76, pemain Kirgistan Farkhat Musabekov melepaskan tendangan akrobatik di kotak penalti. Sayangnya bola masih membentur tiang gawang.

Gol yang ditunggu-tunggu Kirgistan akhirnya tercipta pada menit ke-80 melalui Joel Kojo memanfaatkan blunder dua pemain Oman.

Kiper Ibrahim Al Mukhaini dan salah satu pemain belakang salah pengertian dalam perebutan duel bola atas. Keduanya bertabrakan dan membuat Kojo leluasa melepaskan bola ke gawang yang kosong. Skor berubah jadi 1-1.

Hasil imbang yang diraih Kirgistan vs Oman menguntungkan Timnas Indonesia. Skuad Garuda memastikan lolos ke babak 16 besar lewat jalur peringkat tiga terbaik.

Timnas Indonesia finis di peringkat keempat klasemen akhir peringkat ketiga terbaik Piala Asia 2023 di bawah Yordania, Palestina, dan Suriah. Ini menjadi sejarah baru bagi sepak bola Indonesia.

Klasemen Akhir Peringkat 3 Terbaik Babak Grup Piala Asia:

  • Yordania (Grup E) – 3x main: 4 poin, 6 gol, 3 kebobolan.
  • Palestina (Grup C) – 3x main: 4 poin, 5 gol, 5 kebobolan.
  • Suriah (Grup B) – 3x main: 4 poin, 1 gol, 1 kebobolan.
  • Indonesia (Grup D) – 3x main: 3 poin, 3 gol, 6 kebobolan.
  • Oman (Grup F) – 3x main: 2 poin, 2 gol, 3 kebobolan.
  • China (Grup A) – 3x main: 2 poin, 0 gol, 1 kebobolan.

Trending Topic

Subscribe
Notify of

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Iklan

Iklan

Hot News

Game

PENTING UNTUK DIBACA