Iklan
Iklan

Tips Menyimpan Daging Kurban Tetap Segar dan Tahan Lama

- Advertisement -
Daging kurban yang didapatkan saat hari Idul Adha biasanya tidak habis dikonsumsi dalam sehari. Oleh karena itu, tips menyimpan daging kurban harus diketahui.

Ada beberapa cara menyimpan daging kurban agar tetap segar dalam waktu lama. Ketahui cara-cara tersebut supaya daging kurban tetap layak dikonsumsi hingga jangka waktu lama.

Tips Menyimpan Daging Kurban

Biasanya, daging kurban yang didapat akan segera diolah saat itu juga. Namun, jika mendapat daging dalam jumlah banyak, sebagian daging bisa disimpan terlebih dahulu. Dikutip dari Fikih Madrasah Tsanawiyah Kelas IX, Ahyar dan Najibullah (2021:16), daging sapi dan kambing memiliki banyak manfaat bagi kesehatan.

Daging hewan mengandung protein hewani yang sangat penting bagi tubuh. Manfaat protein bagi tubuh antara lain adalah untuk membantu masa pertumbuhan, memperbaiki sel-sel yang rusak, sebagai cadangan energi, dan untuk menjaga keseimbangan asam basa darah.

Karena memiliki banyak manfaat dan rasanya lezat, masyarakat menyukai daging sapi dan kambing. Pada saat Idul Adha, daging kurban yang didapatkan bisa disimpan untuk diolah di kemudian hari. Namun, cara menyimpannya harus benar agar daging bisa tahan lama.

Berikut adalah tips menyimpan daging kurban yang bisa ditiru:

  1. Jangan mencuci daging

Tips pertama adalah jangan mencuci daging sebelum menyimpannya. Jika daging akan disimpan di kulkas, sebaiknya langsung saja disimpan tanpa dicuci. Daging yang dicuci akan menyebabkan air masuk ke dalam serat daging dan akan membuat daging cepat rusak.

  1. Bagi daging sesuai takaran

Daging yang hendak disimpan di kulkas akan lebih baik jika dibagi-bagi sesuai takaran terlebih dahulu. Sesuaikan dengan porsi orang yang akan menyantap daging. Pastikan tangan dan pisau yang digunakan sudah bersih.

  1. Masukkan daging ke wadah tertutup

Tips selanjutnya adalah masukkan daging ke wadah tertutup. Jika mendapatkan daging dari bagian yang berbeda, pisahkan daging sesuai bagiannya. Pastikan wadah yang digunakan adalah wadah khusus untuk makanan agar daging tetap aman dikonsumsi.

  1. Simpan di freezer

Supaya daging kurban bisa tahan lebih lama, daging bisa disimpan di freezer. Jika daging akan diolah dalam waktu dekat, daging bisa disimpan di kulkas saja.

  1. Tulis tanggal menyimpan daging

Agar bisa mengetahui kapan daging kurban disimpan, tuliskan tanggal penyimpanan pada wadah daging. Dengan begitu, berapa lama daging telah disimpan bisa diketahui.

Tips menyimpan daging kurban tersebut bisa ditiru. Tips tersebut tidak hanya untuk daging kurban saja, tapi untuk semua jenis daging.

Trending Topic

Subscribe
Notify of

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Iklan

Iklan

Hot News

Game

PENTING UNTUK DIBACA