Iklan
Iklan

Trik Agar Pinjaman Bank Cepat Cair

- Advertisement -
Untuk mendapatkan pinjaman modal usaha, Anda bisa memanfaatkan jenis pinjaman yang disediakan oleh pihak perbankan.

Namun, menyiapkan dokumen yang lengkap sebagai syarat mengajukan pinjaman saja tidak cukup. Dibutuhkan yang namanya trik khusus agar kredit bank bisa segera dicairkan.

Penasaran apa saja yang perlu dilakukan oleh peminjam? Berikut beberapa trik yang bisa Anda lakukan agar pengajuan kredit cepat dicairkan oleh perbankan.

Anda Bingung Cari Produk Kredit Tanpa Agunan Terbaik? Cermati punya solusinya!

1. Memiliki Penghasilan Tetap

Sebelum mengajukan kredit, pastikan kalau Anda mempunyai penghasilan yang tetap setiap bulan. Nominal penghasilan menjadi tolak ukur terhadap besarnya kredit yang diberikan oleh bank. Apabila penghasilan semakin besar, maka pinjaman pun semakin besar.

Di sisi lain, cara ini membantu pihak bank untuk meminimalisir terjadinya risiko kredit macet atau gagal bayar. Sehingga bank memiliki perputaran uang yang bagus, dan tidak merasa dirugikan karena pinjaman yang diajukan oleh para debitur.

2. Skor Kredit yang Bagus

Sebelum memberikan pinjaman, kreditur akan melihat bagaimana riwayat kredit Anda dalam kurun waktu tertentu. Tujuannya untuk mengecek ada atau tidaknya kasus kredit yang menunggak, pembayaran minimum, atau gagal bayar. Dalam hal ini, Anda harus memberikan bank waktu untuk melakukan pengecekan secara detail.

Nah, apabila skor kredit bagus, maka kredit yang diajukan bisa disetujui dan dicairkan untuk memenuhi kebutuhan usaha. Namun bila tidak, coba cari sumber pendanaan lain sehingga usaha bisa beroperasi sebagaimana mestinya.

Kalau mau, Anda bisa coba mengajukan pinjaman pada bank yang berbeda. Sebab setiap bank punya penilaian dan pertimbangan sendiri terhadap debitur.

3. Tetapkan Tujuan Usaha yang Jelas

Segala sesuatu yang jelas akan lebih mudah diyakini, dan hal ini berlaku saat meminjam uang di bank. Jika tujuan peminjaman untuk membuka usaha, maka tetapkan tujuan usaha yang jelas dan terkesan meyakinkan. Karena tujuan ini nantinya akan dilampirkan langsung dalam proposal pengajuan pinjaman.

Di sisi lain, Anda juga harus mampu membuat estimasi anggaran untuk masing-masing divisi usaha. Usahakan agar estimasinya tidak terkesan berlebihan, sehingga tidak memunculkan kecurigaan pada sisi perbankan.

Dengan cara ini, percayalah kalau pengajuan pinjaman akan segera disetujui dan diproses. Selanjutnya, Anda hanya perlu memikirkan mekanisme pembayaran pinjaman sampai lunas.

4. Hindari Nominal Pinjaman yang Terlalu Besar

Apabila kemampuan finansial Anda kurang, dalam arti gaji pas-pasan, sebaiknya hindari mengajukan pinjaman dengan nominal yang terlalu besar. Karena ini dapat mengurangi peluang untuk mendapatkan pinjaman. Bahkan besar kemungkinan terjadinya penolakan karena nominalnya dianggap tidak sesuai dengan status ekonomi.

Di sisi lain, nominal pinjaman yang besar dikenakan bunga yang besar pula. Oleh karena itu, Anda harus memikirkan hal ini sebaik mungkin.

Sebaiknya sesuaikan dengan kebutuhan usaha saat itu. Jangan karena kesalahan sepele, kredit Anda kembali ditolak untuk kesekian kalinya.

5. Memiliki Usaha yang Sudah Berjalan Selama 1 Tahun

Pinjaman Anda akan semakin mudah disetujui apabila digunakan untuk usaha yang sudah berjalan selama minimal satu tahun. Logikanya, ketika suatu usaha sudah berjalan, maka penilaian kelayakan usahanya lebih mudah dilakukan dibandingkan pada bisnis yang sama sekali belum beroperasi.

Apabila catatan kinerja usaha selama setahun bagus, maka pihak bank tidak ragu untuk memberi kredit dalam jumlah yang besar. Tentunya, disertai dengan syarat pembayaran yang sesuai dengan aturan perbankan.

Sebaiknya jaga kinerja usaha Anda agar tetap baik karena ini akan memberikan keuntungan sendiri bagi kelancaran usaha di masa yang akan datang.

6. Cari Kreditur yang Pas

Nyatanya, tidak semua bank memberikan fasilitas kredit yang sesuai dengan kebutuhan. Setiap bank memberikan penawaran yang berbeda-beda. Oleh karena itu, luangkan waktu untuk mencari satu kreditur yang menurut Anda paling pas dalam memenuhi modal usaha.

Mengenai pinjaman dan cara kerjanya, Anda bisa lihat pada brosur atau website resmi bank. Apabila kurang jelas, maka tanyakan langsung kepada karyawan di masing-masing bank.

Bila ada yang kurang jelas, sebaiknya tanyakan secara detail. Ini bagus untuk menghindari terjadinya miscommunication yang dapat berakibat fatal pada kredit Anda di kemudian hari.

7. Siapkan Agunan

Sudah melakukan berbagai cara, tapi pinjaman terus ditolak? Jangan menyerah, ajukan lagi pinjaman pada bank yang berbeda. Namun, kali ini disertai dengan agunan tertentu.

Pengajuan yang disertai dengan agunan biasanya lebih mudah diterima. Apabila kredit bermasalah, maka bank dapat menyita agunan tersebut untuk sementara waktu. Atau mengambil alih agunan ketika kredit sudah tidak bisa lagi dilunasi.

Namun sebelum agunan disita, bank akan mengirimkan penagih terlebih dahulu. Jika tidak ada respons, baru agunan akan disita dengan pemberitahuan tertentu.

Ajukan Dana Sesuai Kemampuan

Segala sesuatu yang ada kaitannya dengan uang cenderung sensitif, terlebih lagi bila Anda ingin mengajukan kredit. Agar semua proses kredit cepat cair dan cicilannya berjalan dengan lancar, maka Anda harus mengajukan dana kredit sesuai dengan kemampuan mencicilnya. Untuk itu, lakukan perencanaan modal usaha dengan matang terlebih dahulu.

Trending Topic

1 KOMENTAR

Subscribe
Notify of

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

1 Comment
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments
Iklan

Iklan

Hot News

Game

PENTING UNTUK DIBACA