Iklan
Iklan

Usai Kasus Wanita Bugil di Mobil Dinas Viral, Gubernur Jambi Keluarkan Instruksi Tegas

- Advertisement -
Kasus wanita bugil di mobil dinas DPRD Jambi terbongkar saat mobil dikendarai oleh pelajar berinisial MSA (17) itu mengalami kecelakaan tunggal. Kasus yang cukup memalukan itu kini berbuntut panjang.

Akibat viralnya kasus wanita bugil di mobil dinas ini, Kasubag Rumah Tangga dan Aset Sekretariat Dewan DPRD Jambi, Kadarisna dikabarkan mengundurkan diri.

Karena mobil dinas yang mengalami kecelakaan tunggal itu dikendarai anaknya bersama seorang wanita bugil. Kecelakaan yang terjadi, pada Kamis (2/2) malam pukul 21.00 WIB itu membuat heboh jagat maya.

Sebelum insiden kecelakaan itu pengemudi dan penumpang digerebek saat pacaran di dalam mobil dinas itu. Penggerebekan tersebut membuat remaja berinisial MSA (17) yang mengemudi mobil dinas itu panik hingga mengalami kecelakaan. Mobil itu menabrak pohon dan trotoar.

MSA tetap membawa mobil tersebut ke arah simpang Tugu Adipura. Namun, sampai di dekat Rumah Sakit Siloam, mobil dinas itu kehilangan kendali dan menabrak tiang reklame dan mobil lainnya.

Sesuai kesaksian warga ternyata di dalam mobil itu ditemukan seorang wanita bugil berinisial TA (16).

Terkait kasus ini, Sekretaris Dewan DPRD Jambi Amir Hasbi mengatakan Kadarisna telah menghubunginya melalui sambungan telepon untuk memberitahu pengunduran diri.

Amir menyebut pihaknya bakal menonaktifkan Kadarisna setelah yang bersangkutan mengirim surat resmi pengunduran diri.

Sementara Ketua DPRD Jambi, Edi Purwanto mengatakan pihaknya sudah menyampaikan rencana penonaktifan ini kepada Gubernur Jambi yang berhak menentukan Plt jabatan tersebut.

“Gubernur Jambi yang berhak menunjuk Plt itu karena yang bersangkutan staf Setwan itu adalah ASN,” kata Edi.

Edi menyebut mobil dinas itu milik unsur pimpinan DPRD Jambi yang sedang berada dalam proses lelang. Namun, mobil itu malah dipakai anak pejabat bersama teman perempuan.

Edi pun meminta agar Sekretaris DPRD Jambi membuat aturan yang tegas terhadap tata cara pemakaian aset dewan.

“Saya minta Sekwan buat SOP yang tegas terkait pemakaian mobil dinas, supaya peristiwa seperti ini tidak terulang lagi,” ujarnya.

Gubernur Jambi Keluarkan Instruksi Tegas

Gubernur Jambi Al Hari langsung mengeluarkan instruksi tegas usai kasus wanita bugil di mobil dinas itu viral. Al Hari memperingatkan aparatnya agar mobil pelat merah tidak digunakan keluarga, anak dan kepentingan pribadi.

“Buat aturan serta instruksi untuk tidak gunakan kendaraan dinas keperluan pribadi dan keluarga ataupun anak di bawah umur,” kata Hari, Senin (6/2).

Instruksi Gubernur Jambi itu tertuang dalam nomor: I/INGUB/SETDA/. HKM-3/2023 dalam rangka menertibkan penggunaan kendaraan dinas milik Pemerintah Provinsi Jambi, serta untuk menghindari penyalahgunaan kendaraan dinas.

Haris juga menjelaskan, ada beberapa poin dalam instruksi tersebut di antaranya kepala OPD hanya boleh memegang satu kendaraan dinas kemudian dilarang digunakan keluarga dan anak serta untuk kepentingan pribadi.

Haris melanjutkan akan melakukan inventarisasi seluruh kendaraan dinas yang berada pada pengguna barang dan melaporkannya ke sekretaris daerah selaku pengelola barang milik daerah.

Kemudian kepada Perangkat Daerah/Eselon II/setara, serta Eselon III/setara di lingkup Pemerintah Provinsi Jambi hanya boleh menggunakan atau memegang 1 unit kendaraan roda empat yang berfungsi sebagai kendaraan dinas jabatan yang ditetapkan dengan Keputusan Gubernur.

“Kendaraan dinas operasional dilarang digunakan di luar jam dinas, kecuali ada surat perintah tugas dari pejabat yang berwenang dan seluruh kendaraan dinas operasional yang tidak dipergunakan untuk ditempatkan di kantor,” ujar dia.

Menurut dia, untuk kendaraan dinas dilarang digunakan oleh keluarga dan anak serta untuk kepentingan pribadi. Kemudian masyarakat dapat melaporkan setiap penyalahgunaan kendaraan dinas kepada Gubernur Jambi melalui Inspektorat Provinsi Jambi.

“Instruksi harus dilaksanakan dengan sebaik-baiknya dengan penuh tanggung jawab dan melaporkan hasil pelaksanaannya kepada gubernur melalui sekretaris daerah,” pungkasnya.

Trending Topic

Subscribe
Notify of

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Iklan

Iklan

Hot News

Game

PENTING UNTUK DIBACA