Iklan
Iklan

Video Pesta Sabu di Rutan Selemba Beredar di Medsos

- Advertisement -
Sebuah video pesta sabu di dalam bilik penjara viral di media sosial dan menjadi perbincangan. Aksi itu pun diketahui terjadi di Rumah Tahanan (rutan) Salemba, Jakarta Pusat, yang dengan tenangnya pesta narkoba itu dilakukan didalam penjara.

Dalam video berdurasi 1.19 detik itu, diduga direkam oleh salah seorang napi yang ada di ruangan. Dimana ada enam orang penghuni rutan Salemba dengan santainya melakukan pesta sabu.

Tampak dari pria yang berada di posisi kanan dan sambil nongkrong membakar sabu dengan sedotan panjang yang terlihat. Meski di ruangan ada beberapa orang, namun tak ada satupun yang berani mendekat ataupun menegur pesta sabu yang digelar.

Semua napi yang ada hanya duduk santai melihat mereka yang tengah berpesta. Ada juga mereka yang sibuk sendiri sambil menghisap rokok dan tak mengenakan baju. Sementara beberapa napi terlihat berdiri didepan pintu entah berjaga atau memang tak berani masuk.

Selain viralnya video pesta sabu, berdasarkan informasi yang didapat, pesta sabu itu juga sudah diketahui petugas Rutan bahkan oleh Plt Larutan Arief Gunawan. Namun bukannya ditindak, keenam napi yang adapun malah dipungli yang nilainya satu orang Rp5 juta.

Kasus itu pun menambah daftar buruk pengelolaan lapas dan rutan yang ada di DKI.

Pasalnya, berbagai masalah sebelumnya telah muncul, seperti pabrik ekstasi yang dibuat napi rutan Salemba, Apotik sabu di Rutan Cipinang, dan tahanan titipan KPK di rutan Salemba yang dipungli Rp200 juta.

Atas kejadian itu pula, gelombang gerakan massa terus muncul di permukaan hingga saat ini. Dimana kelompok massa meminta Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM (kanwilkumham) DKI Liberti Sitinjak untuk mudur.

Pasalnya ia tak bisa mengurus bawahannya yang kerap menimbulkan masalah. Dikonfirmasi hal tersebut, Kabag Humas dan Publikasi Direktorat Jendral Pemasyarakatan (dijten PAS) Rika Aprianti mengatakan, pihaknya belum mengetahui akan video tersebut.

“Saya belum mengetahui hal itu, saya juga baru lihat videonya. Tapi akan langsung saya cek hal ini,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Kanwilkumham DKI, Liberti Siitinjak membantah pesta sabu itu dilakukan di Rutan Salemba. Ia juga mengaku siap bila dilakukan pemeriksaan mendalam. “Tadi sudah saya cek ke Karutan tidak ada ruangan seperti itu. Tapi terkait hal itu akan saya tindaklanjuti,” pungkasnya.

Trending Topic

Subscribe
Notify of

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Iklan

Iklan

Hot News

Game

PENTING UNTUK DIBACA