Viral, Cahaya Aneh Melintas di Atas Gunung Semeru

Viral, Cahaya Aneh Melintas di Atas,Gunung Semeru
Dua video viral memperlihatkan cahaya aneh yang melintas di atas gunung. Gunung tersebut diduga adalah Gunung Semeru, Jawa Timur. Di dalam video itu, ada keterangan yang menunjukkan bahwa video itu merupakan rekaman CCTV Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Semeru.

Penasihat Federasi Drone Indonesia (FDI) Arya Dega menduga video penampakan benda tersebut merupakan sebuah rekayasa. Hal itu dikarenakan pengunggah video berasal dari akun yang sama, yang sempat mengunggah hoaks penampakan UFO atau piring terbang.

“Itu gbchannel yang dulu bilang UFO di Malang ya, Mas? Kalau dilihat sih kayak awan panas kecil menggumpal yang kena angin. Dari atas turun sampai jatuh ke bawah terus hilang di tanah,” jelas Arya, Sabtu (20/8).

“Soalnya, kamera Semeru itu kan pakai high ISO untuk malam hari. Jadi sebenarnya kalau dilihat mata manusia langsung itu gumpalan putih-putih nggak kelihatan,” tambah Arya.

Dugaan Arya terhadap video itu adalah rekayasa karena terlihat seperti editing.

“Yang terakhir itu, terlalu kelihatan rekayasa, Mas. Kalau dia memang tertangkap kamera, pasti ada pendaran bekas gerakannya. Itu kok mulus, nggak ada pendaran bekas bergerak sama sekali. Jadi kayak ditambahin, di-editing. Kayak kalau Mas gerakin lampu senter di depan kamera, kan ada tuh berkas sinarannya dikit-dikit yang ketinggalan,” tutup Arya. (Kay)

Subscribe
Notify of

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments