Iklan
Iklan

Wali Kota Solok Minta Pemprov Sumbar Gratiskan Biaya Pendidikan SMA dan SMK

- Advertisement -
Wali Kota Solok H. Zul Elfian Umar, mengusulkan ke Pemerintah Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) untuk mengratiskan biaya pendidikan untuk siswa SMA dan SMK.

Hal itu disampaikan Wali Kota Solok saat menjabarkan program dan prioritas utama pembangunan Kota Solok dihadapan Gubernur Provinsi Sumatera Barat Mahyeldi, di Auditorium Gubernur Sumbar, Selasa (9/3/2021).

Rapat Koordinasi Gubernur dengan seluruh Bupati dan Wali Kota dilaksanakan guna sinkronisasi program dan kegiatan pembangunan provinsi dan kabupaten/kota di Provinsi Sumatera Barat Tahun 2022.

Wali Kota Solok

Kegiatan tersebut juga dihadiri Wakil Gubernur Provinsi Sumatera Barat Audy Joinaldi, Kepala Bappeda Provinsi Sumatera Barat Hansastri, seluruh Kepala OPD di lingkup Pemerintah Provinsi Sumatera Barat, serta para Kepala OPD terkait dari Pemerintah Kota Solok.

Wali Kota Solok H. Zul Elfian Umar mengungkapkan, bahwa saat ini Kota Solok masih mengejar ketertinggalan dari kota lain yang dinilai telah cukup berkembang.

Disamping mengusulkan biaya pendidikan gratis untuk pelajar SMA dan SMK. Wali Kota Solok juga mengusulkan agar Balai Benih Ikan Sarasah Batimpo di Kelurahan Laing akan dijadikan sentra bibit yang tidak hanya untuk Kota Solok, namun juga untuk daerah sekitar.

Zul Elfian juga menyampaikan bahwa objek wisata Pulau Belibis kedepannya akan dikembangkan. Karena potensi Pulau Belibis sangat bagus untuk menjadi pariwisata andalan Kota Solok.

Selanjutnya, Pengadaan alat ATCS di Simpang Rumbio, Pengadaan alat pengujian kendaraan bermotor, serta optimalisasi jalan Simpang Rumbio sampai Simpang Pulai yang merupakan jalan provinsi yang sangat padat, terutama di pagi dan siang hari.

Zul Elfian juga memaparkan lanjutan pembangunan RSUD Kota Solok. Saat ini bangunan Instalasi Gawat Darurat dan Instalasi Rawat Jalan telah selesai. Pembangunan Instalasi rawat inap belum jadi dikerjakan karena adanya Recofusing anggaran Tahun 2020 karena pandemi Covid-19.

“RSUD yang berdiri diatas areal lahan 3 Hektar tersebut, diharapkan dapat beroperasi pada Tahun 2022 nanti,” ujar Wali Kota Solok ini.

Wali Kota Solok

Zul Elfian juga melaporkan, penyelesaian GOR Laing guna menunjang pelaksanaan Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Tahun 2024, dimana Kota Solok pertama kalinya semenjak berdiri, akan bertindak sebagai tuan rumah Porprov.

“Ucapan terimakasih kepada Gubernur dan Wakil Gubernur yang telah membantu Kota Solok selama ini. Bantuan alokasi dana sangat dibutuhkan oleh Kota Solok untuk mengejar ketertinggalan dari daerah lain di Provinsi Sumatera Barat,” ujar H. Zul Elfian Umar.

Sementara itu, Gubernur Provinsi Sumatera Barat Mahyeldi mengatakan, usulan yang telah disampaikan Wali Kota Solok akan diusahakan untuk diakomodir. Khusus jalan Simpang Rumbio-Simpang Pulai agar segera di tingkatkan, karena menyangkut kenyamanan masyarakat Kota. Apalagi disana juga terdapat RS. M. Natsir milik Pemprov Sumbar.

“Kita harus memberikan kenyamanan kepada masyarakat Kota Solok,” kata gubernur.

Senada dengan gubernur, Wakil Gubernur Sumbar Audy Joinaldi yang merupakan putra asli Kota Solok, mengajak Wali Kota Solok H.Zul Elfian untuk bersama-sama membangun Kota Solok.

“Mari bersama-sama kita membangun Kota Solok yang lebih baik kedepannya,” pungkasnya.

 

Trending Topic

2 KOMENTAR

Subscribe
Notify of

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

2 Comments
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments
Iklan

Iklan

Hot News

Game

PENTING UNTUK DIBACA