Iklan
Iklan

Waroeng SS Akui Potong Gaji Karyawan Penerima BSU Rp 300 Ribu

- Advertisement -
Direktur Waroeng SS (Spesial Sambal) mengakui memotong gaji karyawan-nya sebesar Rp 300 ribu. Pemotongan gaji dilakukan terhadap mereka yang menerima Bantuan Subsidi Upah (BSU) dari pemerintah, pasca-kenaikan harga BBM.

Sebelumnya surat edaran yang diteken Yoyok Heri Wahyono selaku Direktur Waroeng SS, viral di media sosial. Surat itu berisi pemberitahuan kepada karyawan restoran tersebut, terkait potong gaji Rp 300 ribu.

Pemotongan gaji dilakukan manajemen Waroeng SS untuk periode November dan Desember 2022.

Dikonfirmasi soal surat edaran yang beredar viral itu oleh kumparan, Yoyok membenarkannya. “Benar, surat itu merupakan kebijakan saya selaku direktur dan pemimpin Waroeng SS Indonesia” kata Yoyok, Minggu (30/10).

Dalam surat itu disebutkan, pertimbangan Waroeng SS memotong gaji karyawan Rp 300 ribu bagi penerima BSU, karena demi keadilan dan pemerataan fasilitas kesejahteraan bagi karyawan lain yang tak menerima BSU.

“Maka saya memutuskan personel yang telah menerima BSU sebesar Rp 600.000 akan menerima gaji dengan pengurangan Rp 300.000 per bulan untuk penerimaan gaji periode November dan Desember,” kata Yoyok Heri Wahyono, Direktur Waroeng SS, dikutip dari kumparan.

Adanya pekerja yang menerima subsidi upah, menurutnya, menimbulkan kecemburuan bagi karyawan lain yang tidak mendapat bagian. Padahal tingkat pendapatan mereka sama. Hal ini, lanjutnya, merusak keharmonisan suasana kerja dan kekompakan di perusahaan.

Merespons hal tersebut, Menteri Ketenagakerjaan (Menaker), Ida Fauziyah menyebut, dirinya akan menugaskan Direktur Jenderal Pembinaan Hubungan Industrial dan Jaminan Sosial Tenaga Kerja (PHI Jamsos), Indah Anggoro Putri untuk mempelajari persoalan tersebut.

“Nanti kami akan pelajari ya. Saya minta Dirjen PHI Jamsos untuk mempelajari,” ucap Ida kepada awak media di Senayan JCC, Minggu (30/10).

Trending Topic

Subscribe
Notify of

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Iklan

Iklan

Hot News

Game

PENTING UNTUK DIBACA