Iklan
Iklan

Wasit Laga Timnas Indonesia vs Vietnam Jadi Sorotan. Dinilai Kontroversial

- Advertisement -
Wasit laga Timnas Indonesia vs Vietnam pada leg pertama semifinal Piala AFF 2022 mendadak ramai diperbincangkan di media sosial. Wasit asal Oman bernama Omar Al-Yaqoubi ini, kini menjadi sototan penggemar sepak bola tanah air.

Sebab, laga Timnas Indonesia vs Vietnam seharusnya berlangsung menarik, justru tercemar karena keputusan kontroversial sang wasit.

Nama, Omar ramai dibicarakan, salah satunya adalah ia tidak memberikan kartu pada bek Vietnam, Doan Van Hau yang melakukan pelanggaran keras terhadap Dendy Sulistyawan di awal babak kedua.

Kemudian, banyak juga yang mencari dan mengintip akun media sosial Omar usai dia memimpin jalannya pertandingan di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jumat sore.

Omar Al-Yaqoubi sebenarnya bukanlah wasit kemarin sore. Ia sudah menjadi wasit berlisensi FIFA sejak tahun 2013 silam. Semenjak saat itu ia dipercaya untuk memimpin jalannya pertandingan di level Asia.

Laga Timnas Indonesia vs Vietnam

Ia menjadi salah satu dari total 14 wasit kepala yang ditunjuk AFC untuk memimpin pertandingan di turnamen Piala AFF kali ini.

Omar merupakan spesialis turnamen internasional. Ia pertama kali ditunjuk menjadi wasit di laga uji coba antara Arab Saudi melawan Palestina di tahun 2014 silam.

Semenjak saat itu ia rajin memimpin partai uji coba, kualifikasi Piala Asia, Kualifikasi Piala Dunia dan ia juga sempat memimpin laga Liga Champions Asia.

Sebelum pertandingan di SUGBK Jumat sore, Omar ternayata pernah bertugas di Indonesia. Ia merupakan salah satu wasit di Piala AFC U-19 2018. Pada saat itu Indonesia kebetulan menjadi tuan rumah turnamen tersebut.

Ia memimpin tiga pertandingan di turnamen itu, antara Australia vs Vietnam, Arab Saudi vs Tajikistan dan Qatar vs Thailand.

Dari laman World Football, diketahui juga bahwa Omar Al-Yaqoubi adalah wasit yang jarang mencabut kartu merah.

Dari 29 pertandingan yang sudah ia pimpin, ia tercatat baru mengeluarkan total tiga kartu merah saja. Dengan rincian dua kartu merah langsung dan satu kartu merah hasil akumulasi kartu kuning.

Ini berbanding terbalik dengan jumlah kartu kuning yang ia keluarkan, di mana ia melepaskan 69 kartu kuning dari 29 laga tersebut.

Pertandingan antara timnas Indonesia vs Vietnam merupakan pertandingan kedua yang dipimpin Omar di Piala AFF 2022.

Pertandingan pertama yang ia tangani adalah pertandingan di grup B. Laga itu mempertemukan Laos vs Singapura di Laos National Stadium.

Laga tersebut berakhir dengan kemenangan Singapura dengan skor 2-0. Di laga itu, Omar melepaskan lima kartu kuning selama 90 menit pertandingan.

Trending Topic

Subscribe
Notify of

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Iklan

Iklan

Hot News

Game

PENTING UNTUK DIBACA