Iklan
Iklan

Wonderful Indonesia Co-Branding Award 2023

- Advertisement -

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) melalui Deputi Bidang Pemasaran kembali menggelar malam penghargaan untuk para mitra resmi Co-Branding. Sekitar 108 brand telah tergabung dalam program Co-Branding Wonderful Indonesia.

Brand-brand tersebut adalah kelompok pelaku usaha dalam berbagai macam kategori bisnis baik yang berhubungan langsung maupun tidak dengan industri pariwisata dan ekonomi kreatif, memiliki komitmen untuk memperkuat program pemasaran Kemenparekraf melalui berbagai aktivitas dengan mengusung brand Wonderful Indonesia.

Acara Co-Branding Awards 2023 yang kali ini digelar di Pos Bloc Jakarta, merupakan kali kelima, yang mana perhelatan sebelumnya berlangsung pada tahun 2018, 2019, 2021, dan 2022.

Program ini diharapkan mampu melahirkan dan mempertahankan semangat dari para mitra untuk mengembangkan kegiatan pemasaran pariwisata dan ekonomi kreatif dalam brand Wonderful Indonesia.

Pada akhirnya, apabila industri berkembang, setiap pemangku kepentingan yang terlibat akan memperoleh manfaat dalam konsep mutual benefit.

Program yang dihasilkan dari kerja sama kemitraan co-branding sering kali melibatkan multi-brands, dengan Wonderful Indonesia menjadi payung dari kolaborasi tersebut. Lebih dari 65 aktivasi terjadi antara Mitra dengan Wonderful Indonesia maupun kerjasama antar mitra dalam ekosistem Co-branding Wonderful Indonesia.

Beberapa program kolaboratif yang mengundang partisipasi mitra co-branding yang cukup masif adalah Pukis (Pesona Indonesia Punya Kuis) dan Flash Sale 11.11. Antusiasme ditunjukan oleh para mitra co-branding dalam rangka mendukung program-program pemerintah, khususnya pada ranah pemasaran.

Deputi Bidang Pemasaran Kemenparekraf RI, Ni Made Ayu Marthini, saat memberikan laporan pelaksanaan kemitraan co-brandingJakarta (29 November 2023), memaparkan bahwa Kementerian Pariwisata & Ekonomi Kreatif secara konsisten melibatkan Pentahelix Pariwisata yaitu Akademisi, Bisnis, Pemerintah, Komunitas, dan Media.

Bahkan dalam melakukan penilaian pada Wonderful Indonesia Co-Branding Awards (WICA) 2023, Kemenparekraf menggandeng akademisi serta praktisi media sebagai juri dan kurator.

“Ada 4 kategori yang diperebutkan tahun ini di mana kami didukung oleh para dewan juri yang terdiri dari praktisi dan akademisi sesuai dengan keahliannya masing-masing”.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno, pada sambutannya menyampaikan bahwa Wonderful Indonesia Co-Branding Awards merupakan bentuk terima kasih, stimulus, dan apresiasi terhadap kontribusi para mitra co-branding.

Pada tahun ini terdapat inovasi bagi para pemenang yaitu badge digital yang bisa memberikan added value bagi para pemenang. Badge digital ini bisa digunakan oleh para pemenang untuk mempromosikan jenamanya.

Menteri yang akrab disapa dengan Mas Menteri ini juga meyampaikan bahwa kolaborasi co-branding memberikan dampak bagi shared brand equity Wonderful Indonesia dan menegaskan pentingnya penggunaan logo ini secara benar.

“Harapan saya, sebagai salah satu brand guardian dari Wonderful Indonesia, adalah setiap entitas yang mendapatkan hak untuk membawa, mengusung, dan menggunakan identitas Wonderful Indonesia, tolong dapat menjaganya dengan baik. Agar brand equity Wonderful Indonesia tidak diluted, tentunya kualitas mitra juga akan kami jaga agar sesuai dengan brand objective kami” jelasnya.

Mas Menteri juga berseloroh bahwa identitas yang memiliki kandungan nilai yang tinggi yang terus dirawat sejak dulu. “Kita berkewajiban menjaga identitas pariwisata dan ekonomi kreatif bangsa Indonesia dan tidak dipakai secara sembarangan”, tutupnya.

Berikut adalah daftar pemenang dalam Co-Branding Awards 2023:

No

Most Collaborative Brand

Position

1

PT Grab Teknologi Indonesia

Grab

1st

2

PT Sanghiang Perkasa

Hydrococo

2nd

3

Nurtifood

W’dank

Tie

No

Most Engaging Brand

Position

1

PT Grab Teknologi Indonesia

Grab

1st

2

PT Nestle Indonesia

Kitkat & Milo

2nd

3

tiket.com

tiket.com

3rd

No

Most Innovative Brand

Position

1

tiket.com

tiket.com

1st

2

PT Sekar Laut, Tbk

Finna

2nd

3

KAI Wisata

KAI Wisata

3rd

No

RISING STAR

Position

1

PALA Nusantara

PALA

1st

2

PT Hatten Bali Tbk

Hatten Wine

2nd

3

ATLAS

Atlas beach club

3rd

 

Acara ini juga dihadiri Staf khusus Menparekraf Bidang Produktivitas, Nilai Tambah Kekayaan Intelektual, dan Daya Saing Joshua Puji Mulia Simanjuntak; dan Direktur Komunikasi Pemasaran Kemenparekraf/Baparekraf, Yohanes De Brito Titus Haridjati.

Hadir pula Direktur Pemasaran Ekonomi Kreatif Kemenparekraf/Baparekraf, Erwita Dianti; Direktur Pemasaran Pariwisata Nusantara Kemenparekraf/Baparekraf, Dwi Marhen Yono; Direktur Pemasaran Regional II Kemenparekraf/Baparekraf, Cecep Rukendi; dan Kepala Biro Komunikasi Kemenparekraf/Baparekraf, I Gusti Ayu Dewi Hendriyani.

Trending Topic

Subscribe
Notify of

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Iklan

Iklan

Hot News

Game

PENTING UNTUK DIBACA