Beranda PERISTIWA WPD 2022: Dari Sumatera Barat Untuk Indonesia Menyapa Dunia

WPD 2022: Dari Sumatera Barat Untuk Indonesia Menyapa Dunia

wpd 2022
World Pharmacist Day (WPD) 2022 menjadi WPD ke-13 yang dirayakan pada tanggal 25 September setiap tahunnya oleh apoteker seluruh dunia untuk meningkatkan solidaritas dan menguatkan integritas apoteker. Tema utama yang diangkat pada agenda WPD tahun ini adalah “Farmasi Bersatu Dalam Aksi untuk Dunia yang Lebih Sehat”.

Peringatan WPD tahun 2022 di Sumatera Barat yang diselenggarakan oleh Indonesian Young Pharmacist Group Sumatera Barat (IYPG Sumbar) bekerja sama dengan Pengurus Daerah Ikatan Apoteker Indonesia (PD IAI) Sumatera Barat dan Pengurus Cabang Ikatan Apoteker Indonesia (PC IAI) Padang Mentawai merupakan selebrasi WPD terbesar di Sumatera Barat yang diikuti oleh 3000-an partisipan yang berasal dari profesi apoteker, mahasiswa farmasi dan apoteker, mahasiswa dari jurusan lain dan masyarakat umum dari kota dan kabupaten se-Sumatera Barat.

Selebrasi WPD 2022 Sumatera Barat ini dipusatkan di GOR H. Agus Salim Padang dengan mengangkat kegiatan “APOTEKER CHARITY FUNFIT” yang seluruh kegiatannya dapat diikuti secara gratis. Terdapat lima agenda kegiatan yang dilaksanakan paralel dimulai pukul 06.00 WIB sampai dengan 12.00 WIB. Kegiatan tersebut berupa Senam Masal, Fun Run, Pemeriksaan Kesehatan, Konsultasi Obat dan Kesehatan, serta Pameran Farmasi dan Jajanan.

Pembukaan Kegiatan dihadiri oleh Ketua PD IAI Sumbar yang diwakili oleh Apt. Woro Supeni, Ketua PC IAI Padang-Mentawai, Apt. Afdhil Arel, Dekan fakultas farmasi Universitas Andalas yang diwakilkan oleh ibu Apt. Dr. Yelly Oktavia Sari, Kepala Balai Besar POM di Padang diwakili oleh Apt. Linda Gusrini Fadri, S.Si., M.Farm. Kegiatan dibuka secara resmi oleh Gubernur Sumatera Barat yang diwakili oleh Kepala Dinas Kesehatan Provinsi, dr. Lila Yanwar, MARS yang ditandai dengan pelepasan peserta kegiatan Fun Run yang didukung dan diikuti oleh komunitas Karambia Runners, Fairrunning, S2C Runners, Nagari Runners, Padang Trail Runners, Semen Padang Runners, dan Kawan Lari Tercinta.

BACA JUGA  Tukang Becak Tewas di Kendaraanya Usai Antar Penumpang

wpd 2022

Kegiatan senam berlangsung dari pukul 06.00 WIB sampai dengan 09.00 WIB yang diselingi dengan pembukaan kegiatan. Peserta senam dipandu langsung oleh instruktur dari Persatuan Olahraga Pernapasan Indonesia (PORPI).

Pemeriksaan kesehatan dilakukan dalam dua bentuk pemeriksaan yaitu pemeriksaan kesehatan dasar dan pemeriksaan kesehatan seluruh tubuh. Pemeriksaan kesehatan dasar meliputi pengukuran kadar kolesterol, asam urat, dan gula darah. Pemeriksaan ini difasilitasi oleh Fakultas Farmasi Universitas Andalas, Prodi Farmasi Universitas Muhammadiah Sumatera Barat, dan Sekolah Tinggi Ilmu Farmasi (STIFARM) untuk lebih kurang 500 peserta. Sedangkan pemeriksaan kesehatan seluruh tubuh difasilitasi oleh Kimia Farma Apotek dengan menggunakan alat QRMA Kuantum untuk semua peserta selama kegiatan berlangsung.

Kegiatan konsultasi obat dan kesehatan diberikan oleh sekitar 200 apoteker yang berasal dari kota dan kabupaten se-Sumatera Barat.  Materi konsultasi berfokus pada pengobatan tuberkulosis dan diabetes melitus sesuai dengan tema yang dipilih oleh Pengurus Pusat IAI. Kegiatan ini juga dimeriahkan oleh mahasiswa farmasi dan mahasiswa apoteker dari Fakultas Farmasi Universitas Andalas (UNAND), Fakultas Farmasi Universitas Perintis Indonesia (UPERTIS), Fakultas Farmasi Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat (UMSB), Fakultas Farmasi Universitas Dharma Andalas (UNIDHA), Sekolah Tinggi Ilmu Farmasi Padang (STIFARM), Jurusan Farmasi Universitas Baiturahmah (UNBRAH), serta Ikatan Senat Mahasiswa Farmasi Seluruh Indonesia wilayah II (ISMAFARSI WIL. II).

Pada kegiatan ini juga tersedia stand edukasi Obat dan Makanan Aman oleh BBPOM di Padang bersama 12 orang Duta Kosmetik Aman yang akan mengedukasi tentang kosmetik yang aman kepada masyarakat. Ada juga stand donor darah dari Palang Merah Indonesia (PMI). Dan juga terdapat pembagian souvenir lipstick untuk 800 peserta dan puluhan doorprize paket kosmetik dari Venus Kosmetik. Serta stand paket snack untuk 1000 partisipan yang dibagikan secara gratis.

BACA JUGA  Update Korban Gempa Sulawesi Barat, 81 Orang Meninggal Dunia

Melalui kegiatan ini, Ketua Indonesian Young Pharmacist Group Sumbar yang sekaligus menjadi ketua panitia pada kegiatan ini, Apoteker Yoneta Srangenge mengharapkan agar masyarakat dapat lebih dekat dengan apoteker sehingga dapat mewujudkan masyarakat yang sehat dengan penggunaan obat, obat tradisional, suplemen kesehatan, dan kosmetik yang aman sehingga efek yang yang diinginkan dapat tercapai dengan optimal. Selain itu, ketua panitia yang juga berprofesi sebagai dosen muda di Universitas Andalas ini mengajak mahasiswa farmasi, dengan semangat WPD 2022, dapat lebih giat dan semangat dalam belajar serta berorganisasi demi terwujudnya apoteker yang berintegritas, kolaboratif, dan kontributif untuk kesehatan di Indonesia maupun dunia di masa yang akan datang.

wpd 2022

Kegiatan WPD 2022 ini dapat terlaksana dengan baik dengan adanya dukungan dari Balai Besar POM di Padang, Kimia Farma Apotek, Venus Cosmetic, Dinas Pariwisata Padang (Wonderful Indonesia), Talang Gugun, PMI, OPPO, Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Barat, Perhimpunan Profesional Kesehatan Muslim Indonesia (PROKAMI), Diaspora, UNAND, STIFARM, dan UMSB. Selain itu, Kerjasama yang baik dengan media Classy FM, RRI Pro 1 Padang, Arbes FM, Info Sumbar, Koran Singgalang, Padang TV, dan Ota Lapau, membuat kegiatan ini dapat terinformasikan dengan baik dan lugas ke berbagai daerah secara luas.

Dengan semaraknya perayaan WPD 2022 ini, APOTEKER dari Sumatera Barat untuk Indonesia menyapa Dunia dengan “Happy World Pharmacist Day, 2022”.

Facebook Comments

Artikulli paraprakViral! Videokan Saat Menilang Oknum Polisi Ancam dengan UU ITE
Artikulli tjetërBela Rekanan, 4 Ojol di Semarang Terancam Penjara 12 Tahun