Iklan
Iklan

Yamaha Musik Indonesia 2023 Gelar Lomba Pianica Nasional, Ini Syarat dan Hadiahnya

- Advertisement -
PT Yamaha Musik Indonesia Distributor menyelenggarakan Lomba Pianica Nasional bekerjasama dengan Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) Kemdikbudristek dan Pengurus Besar Persatuan Drum Band Indonesia (PB PDBI) yang merupakan induk organisasi untuk olahraga drum band, marching band di bawah naungan Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) pusat.

Lomba yang menyasar pada peserta tingkat sekolah dasar yang dilangsungkan mulai periode 1 Oktober sampai dengan 31 Desember 2023 dan pemenangnya akan di umumkan pada 31 Januari 2024 di Portal Kemdikbudristek dan Yamaha Musik Indonesia ini akan melombakan dua kategori yaitu kategori Solo dan kategori Ansembel. Tema yang dipilih pada lomba ini adalah “Ekspresikan Cinta Tanah Air dan Budaya Indonesia dengan Bermusik Pianica”.

Cara mengikuti lomba yang digelar Yamaha Musik Indonesia ini cukuplah mudah, para peserta tinggal mengisi form pendaftaran melalui link: https://bit.ly/Lomba_Pianica dan mengunggah video di youtube dengan format judul: Lomba Solo/Ansambel Pianica SD Yamaha 2023 – Jenis Lomba – Nama SD – Nama Kota/Kabupaten – Nama Provinsi.

Yamaha Musik Indonesia

Bangsa yang mengapresiasi seni merupakan bangsa yang berbudaya dan seni bermain Pianica diajarkan sebagai bagian dari kurikulum seni pada pendidikan dasar di Indonesia karena relatif mudah dijumpai, ringan dibawa, serta relatif mudah dipahami cara memainkannya, instrumen Pianica menjadi instrumen ataupun media ajar utama bagi para pengajar musik di Indonesia, itulah alasan dasar PT Yamaha Musik Indonesia Distributor  menyelenggarakan Lomba Pianica Nasional dan kegiatan seni ini mendapat dukungan yang besar dari Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) Kemdikbudristek.

Dalam acara penandatanganan Perjanjian Kerjasama antara PT Yamaha Musik Indonesia Distributor dengan Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) Kemdikbudristek yang dilakukan di kantor Kemdikbud 02/11/2023 kemarin, bapak Hendarman M.Sc.,Ph.D selaku Plt. Kepala Puspresnas (Kapus) menyatakan dukungannya terhadap kegiatan ini,

“Kami di Puspresnas menyambut baik kegiatan Lomba Pianica Nasional ini karena kegiatan ini sesuai dengan tujuan dari bidang Manajemen Talenta Nasional yang mempunyai tiga bidang yaitu riset dan inovasi, olahraga dan satu lagi yaitu seni budaya. Jadi kegiatan ini kami masukan di bidang seni budaya”, tutur Hendarman.

Yamaha Musik Indonesia
PT Yamaha Musik Indonesia Distributor bekerjasama dengan Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) Kemdikbudristek dan Pengurus Besar Persatuan Drum Band Indonesia (PB PDBI)

“Kegiatan ini sangat penting karena menyasar pada peserta anak-anak SD, karena bakat-bakat itu dimulai pada usia muda dan itu lebih mudah untuk ditumbuhkembangkan. Saya mengapresiasi kontribusi yang dilakukan PT Yamaha Musik Indonesia Distributor yang selalu mendukung dan peduli terhadap perkembangan seni budaya anak-anak Indonesia. Saya sendiri berharap lomba-lomba seperti ini bisa diikuti oleh peserta dari luar Jawa, dari timur Indonesia dan seantero Nusantara, jadi tidak hanya dari pulau Jawa saja”, jelas Hendarman lagi.

Lebih jauh lagi, Hendarman M.Sc.,Ph.D juga menjelaskan bentuk dukungan Puspresnas terhadap kegiatan Lomba Pianica Nasional ini,

“Penandatanganan Perjanjian Kerjasama dan peletakkan logo kami mungkin juga bisa meyakinkan publik bahwa kementerian ini punya kepedulian dan ingin bersama-sama bergerak dengan komunitas dan pemangku kepentingan untuk bergerak. Dan kemudian kami juga mendukung lewat aplikasi kurasi https://kurasi-prestasi.kemdikbud.go.id dengan melakukan pengakuan secara nasional dari pemerintah sebagai lomba yang tidak sekedar berorientasi bisnis seperti banyak lomba-lomba yang lain. Ketika sudah dikurasi oleh Puspresnas maka lomba ini akan masuk di database kami yang namanya Sistim Informasi Manajemen Talenta ( https://simt.kemdikbud.go.id )”, tutup Hendarman.

Yamaha Musik Indonesia
Sri Yamawati (General Manager PT YMID) mewakili Bapak Osamu Izawa (Presdir PT YMID berhalangan hadir) dan Hendarman M.Sc.,Ph.D (Kepala Puspresnas)

Pihak PT Yamaha Musik Indonesia Distributor sebagai penyelenggaraan lomba sangat menyambut positif dukungan dari pemerintah melalui Puspresnas, PT Yamaha Musik Indonesia Distributor yang pada penandatangan Perjanjian Kerjasama berharap lomba ini dapat memfasilitasi sekaligus memicu motivasi, baik para pengajar seni bermain Pianica, maupun bagi siswa ajar bermain Pianica karena lomba yang diselenggarakan dengan baik juga dapat menjadi wadah benchmarking yang efisien dan efektif, dimana standar bermain Pianica yang baik dapat disosialisasikan dengan menarik dan cepat.

Presiden Direktur PT Yamaha Musik Indonesia Distributor, Osamu Izawa sendiri sangat mengapresiasi kesempatan yang diberikan untuk berkontribusi terhadap pendidikan musik di Indonesia, yang merupakan salah satu kegiatan CSR (Corporate Social Responsibility) dari Yamaha Musik. Semoga ajang kompetisi ini bisa menjadi wadah pengembangan bakat dan prestasi peserta didik di bidang seni (Seni Musik).

Sementara itu, Marsma TNI Ronny Irianto Moningka (Ketua Umum) Pengurus Besar Persatuan Drum Band Indonesia (PB – PDBI) menyambut baik kegiatan lomba tersebut karena Pianica adalah salah satu alat musik penunjang kegiatan drum band maupun marching band baik di sekolah maupun di komunitasnya.

Kegiatan lomba seperti ini juga menciptakan ekosistem yang baik , sebagai ajang lomba tingkat dasar, di mana satuan pendidikan (sekolah) termotivasi untuk mengembangkan talenta peserta didik di sekolah dan kemudian bisa lanjut ke ajang – ajang tingkat yang lebih tinggi (misal tingkat nasional) lainnya.

Lomba Pianica Nasional ini akan memperebutkan hadiah sebagai berikut :

Solo Pianica Kategori A – Kelas 1,2,3

Juara 1: Rp 2.500.000 (Yamaha) + e-sertifikat dari Kemdikbud

Juara 2: Rp 2.000.000 (Yamaha) + e-sertifikat dari Kemdikbud

Juara 3: Rp 1.500.000 (Yamaha) + e-sertifikat dari Kemdikbud

38 Juara Harapan (wakil tiap Provinsi): e-sertifikat dari Kemdikbud

Solo Pianica Kategori B – Kelas 4,5,6

Juara 1: Rp 2.500.000 (Yamaha) + e-sertifikat dari Kemdikbud

Juara 2: Rp 2.000.000 (Yamaha) + e-sertifikat dari Kemdikbud

Juara 3: Rp 1.500.000 (Yamaha) + e-sertifikat dari Kemdikbud

38 Juara Harapan (wakil tiap Provinsi): e-sertifikat dari Kemdikbud

Ansambel Pianica Kategori A – Kelas 1,2,3

Juara 1: Rp 5.000.000 (Yamaha) + e-sertifikat dari Kemdikbud

Juara 2: Rp 4.000.000 (Yamaha) + e-sertifikat dari Kemdikbud

Juara 3: Rp 3.000.000 (Yamaha) + e-sertifikat dari Kemdikbud

38 Juara Harapan (wakil tiap Provinsi): e-sertifikat dari Kemdikbud

Ansambel Pianica Kategori B – Kelas 4,5,6

Juara 1: Rp 5.000.000 (Yamaha) + e-sertifikat dari Kemdikbud

Juara 2: Rp 4.000.000 (Yamaha) + e-sertifikat dari Kemdikbud

Juara 3: Rp 3.000.000 (Yamaha) + e-sertifikat dari Kemdikbud

38 Juara Harapan (wakil tiap Provinsi): e-sertifikat dari Kemdikbud

Trending Topic

Subscribe
Notify of

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Iklan

Iklan

Hot News

Game

PENTING UNTUK DIBACA