Zulkifli Pelaku Pembunuhan Mahasiswi ITB Inhu Ditangkap di Solok Selatan

- Advertisement -

Zulkifli pelaku pembunuhan mahasiswi ITB Inhu akhirnya berhasil ditangkap di Dusun Kapalo Bukit, Kecamatan Sungai Pagu, Kabupaten Solok Selatan, Provinsi Sumatera Barat (Sumbar).

Zulkifli pelaku pembunuhan mahasiswi ITB Inhu ini merupakan seorang pria yang sudah beristri. Zulkifli alias Iza (24) menghabisi nyawa Lily Suryani Ningsih (21) yang sempat diajak pelaku berpacaran.

Kapolres Inhu, AKBP Dody Wirawijaya mengungkapkan bahwa korban dan pelaku baru bertemu tiga kali. Namun, pelaku mengungkap motif menghabisi nyawa korban lantaran ingin menguasai hartanya.

“Korban dan pelaku baru bertemu sebanyak tiga kali, pertemuan pertama di acara bazar saat HUT TNI,” ujar Kasat Reskrim Polres Inhu, AKP Primadona, Selasa (21/11/2023).

Usai pertemuan pertama korban dan pelaku saling berkomunikasi lewat chatingan dan SMS. Pelaku diketahui memiliki niat untuk berpacaran dengan korban, meski sebenarnya pelaku sudah memiliki istri.

Namun, korban masih belum menerima ajakan pelaku untuk berpacaran.

“Setelah chatingan dan SMS intens, pelaku dan korban sempat melakukan pertemuan kedua. Kemudian pada saat pertemuan ketiga, korban menjemput pelaku di kamar kontrakannya dengan mengendarai sepeda motor,” kata Prima.

Pada pertemuan ketiga di tanggal 1 November 2023, korban dan pelaku sempat berjalan mengelilingi Kecamatan Rengat. Bahkan korban dan pelaku sempat makan malam bersama.

Pertemuan mereka disaksikan oleh rekan korban, Sandra di sebuah warung mie di Kelurahan Kampung Dagang.

Setelah makan, korban dan pelaku kembali melanjutkan perjalanan mereka mengitari Kecamatan Rengat.

Setibanya di Teluk Erong, Kelurahan Kampung Dagang, Kecamatan Rengat, pelaku menghabisi nyawa korban.

“Pelaku mencekik korban dengan tangan, namun korban sempat melakukan perlawanan. Pelaku kemudian menyeret korban ke semak-semak sambil menjepit leher korban dengan lengannya,” ujar Prima.

Korban yang lemah, membuat pelaku semakin beringas.

“Pelaku kembali mencekik korban dengan menggunakan jilbab milik korban dan kemudian menendang wajah korban sehingga bagian gigi depan korban patah,” ungkap Prima.

Kemudian pelaku pergi meninggalkan korban di dalam semak-semak.

Jasad korban baru ditemukan pada Senin (13/11/2023) lalu oleh warga yang curiga dengan bau busuk dari dalam semak-semak. Saat ditemukan, kondisi korban sudah menjadi tengkorak.

Selanjutnya tengkorak tersebut dibawa pihak Kepolisian Polres Inhu ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Indrasari Rengat untuk proses otopsi. Hasil otopsi menunjukan identitas pelaku berdasarkan pakaian milik korban.

Berbekal indentitas pelaku dan keterangan pihak keluarga serta saksi-saksi, Sat Reskrim Polres Inhu bergerak melakukan penangkapan terhadap pelaku.

Pelaku diamankan ditangkap di rumah persembunyiannya pada tanggal 18 November 2023 lalu di Dusun Kapalo Bukit, Kecamatan Sungai Pagu, Kabupaten Solok Selatan, Provinsi Sumatera Barat (Sumbar).

Selanjutnya pelaku dibawa ke Polres Inhu untuk pemeriksaan lebih lanjut.

Maysaroh mengungkapkan bahwa selama ini korban dikenal sebagai sosok yang tertutup dan taat agama.

Ia juga mengataan jika selama ini korban dikenal tidak pernah berpacaran.

Menurut pengakuan Maysaroh, Lily juga tidak pernah bercerita soal kedekatannya dengan Zulkifli.

“Dia selama ini fokus kuliah, tidak pernah pacaran. Kami rencananya mau cari penelitian di hari Sabtu,” ujar Maysaroh.

Namun naas pada Rabu (1/11/2023) malam menjadi pertemuan terakhir Maysaroh dengan Lily. Hal serupa juga diungkapkan oleh orangtua korban.

Aroni, ayah korban mengatakan anak keenamnya itu memang sosok yang tertutup dan jarang bercerita soal kesehariannya. Oleh karena itu, Aroni sangat merasa kehilangan atas kematian putrinya itu

Aroni mengucapkan terimakasih atas kerja keras aparat Kepolisian Polres Inhu yang telah menangkap pelaku.

“Kami berharap agar pelaku diberikan hukuman setimpal, nyawa ganti nyawa,” tegas Aroni.

Trending Topic

Subscribe
Notify of

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Iklan

Hot News

Game

PENTING UNTUK DIBACA