Iklan
Iklan

20 Kasus Ginjal Akut Misterius pada Anak Tercatat di RSUP Padang

- Advertisement -
Kasus ginjal akut meyerang anak Indonesia, kini juga dialami anak-anak di Sumatera Barat. Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) M Djamil Kota Padang, Sumatra Barat, mencatat telah menangani 20 kasus penyakit ginjal akut pada anak.

Kasus ginjal akut yang dialami anak-anak di Sumatera Barat khususnya yang tercatat di RSUP Padang tercatat terjadi sejak Juli 2022.

“Pada akhir Juli 2022 terdapat dua kasus dan puncaknya pada Agustus 2022 sebanyak 10 kasus anak mengalami penyakit ginjal akut dirawat di RSUP M Djamil Padang,” ujar Penanggung Jawab Ruangan Emergency Anak RSUP M Djamil Padang Indra Ihsan, dikutip dari Republika, Kamis (20/10/2022).

Kemudian pada September 2022 ada empat kasus dan Oktober juga ada empat kasus. Berdasarkan rentang usia, sama dengan yang disampaikan Kementerian Kesehatan didominasi usia satu hingga lima tahun.

Indra Ihsan merinci usia satu hingga lima tahun ini ada sembilan anak dan empat kasus terjadi pada anak dengan usia 5-10 tahun. Setelah itu, enam kasus terjadi pada anak dengan usia di atas 10 tahun dan satu kasus anak usia di bawah satu tahun.

“Sebaran antara laki-laki dan perempuan sama,” ujarnya.

Indra menyebut gejala klinis pada anak yang mengalami gagal ginjal akut misterius tersebut ada riwayat demam. “Kemudian berkembang karena memang fungsi ginjal terganggu sehingga tidak keluar urine,” ujarnya.

Selain itu sebagian juga ada gejala diare, ada infeksi saluran pernapasan (ISPA). Ia melanjutkan etiologi dari kasus gagal ginjal akut misterius ini masih belum bisa dikalkulasikan karena pemeriksaan yang sudah dilakukan dan juga sudah dikirim sampel.

Sebelumnya, Kepala Dinas Kesehatan Sumatra Barat Lila Yanwar mengatakan 12 anak di provinsi tersebut meninggal dunia akibat gangguan ginjal akut. “10 anak meninggal di Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Dr M Djamil Padang dan dua anak lainnya, meninggal di RSUD dr Rasidin Padang dan RSUD Mentawai,” jelasnya.

Trending Topic

Subscribe
Notify of

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Iklan

Iklan

Hot News

Game

PENTING UNTUK DIBACA