Iklan
Iklan

2023 Sampoerna University Gelar FUTURISME Highschool Students Competition

- Advertisement -
Sampoerna University sukses menyelenggarakan FUTURISME Highschool Students Competition sebagai rangkaian Bright Future Competition (BFC) 2023 merayakan Dies Natalis Sampoerna University ke-10. Kompetisi ini diikuti oleh para siswa SMA atau sederajat di Indonesia.

Adapun empat kategori proyek yang dilombakan oleh Sampoerna University, meliputi Green Engineering Innovation, Green Business Plan, Green Short Movie, dan Social Media yang berhadiah utama berupa trip ke University of Arizona, Amerika Serikat. FUTURISME Highschool Students Competition telah berlangsung sejak 25 Februari  2023 hingga awarding day di bulan April 2023.

Dr. Wahdi Yudhi selaku Rektor Sampoerna University menyatakan bahwa acara ini diadakan  selaras dengan misi Sampoerna University untuk berkontribusi pada pengembangan pemimpin masa depan Indonesia yang siap berkompetisi di kancah global.

Sampoerna University

“Kompetisi ini merupakan salah satu bentuk komitmen Sampoerna University untuk menciptakan generasi muda yang mampu mengembangkan keterampilan kompetitif internasional dan membuat solusi inovatif dalam menghadapi tantangan masa depan, terutama isu lingkungan yang kompleks,” jelas Wahdi Yudhi.

Salah satu proyek yang berhasil memenangkan kompetisi adalah kW-Heat untuk kategori Green Engineering Innovation yang dikembangkan oleh siswa Sekolah Ciputra, Cheryl Loemantoro, Francis Kendrick, dan Moza Dharma Marcello. Proyek ini dirancang untuk menangkap panas gas buang tungku pembakaran di pabrik dan mengubahnya menjadi listrik dengan menggunakan sebuah sistem yang terdiri dari heat exchanger dan thermoelectric generator.

Uji coba dilakukan langsung di salah satu pabrik tembaga dan kuningan di daerah Jakarta, dan kW-Heat berhasil menciptakan sebuah solusi efektif dalam mengatasi limbah panas pabrik serta meningkatkan penggunaan energi berkelanjutan.

Sampoerna University

Cheryl Loemantoro mengungkapkan banyak tantangan yang dialami selama proses pengerjaan proyek, tetapi hal itu justru membantu mereka mengembangkan keterampilan kolaborasi serta berpikir inovatif, kreatif dan kritis.

“Kompetisi FUTURISME semakin mengembangkan minat dan bakat saya bersama tim di bidang teknik dan mendorong kami berinovasi menemukan solusi masalah yang dihadapi global saat ini. Produk kW-Heat adalah hasil kerja keras kami selama sekitar satu bulan; dimulai dengan brainstorming ide, bertemu dan berkonsultasi dengan supervisor kami, meneliti produk yang ada, mengunjungi pabrik logam dan kuningan untuk penelitian utama, merancang dan membuat model prototipe, trial and error, hingga akhirnya presentasi final. Kami sangat berterima kasih kepada Sampoerna University karena mengadakan kompetisi ini, dan sangat bersemangat untuk melakukan perjalanan ke University of Arizona,” ungkap Cheryl.

Para pemenang yang berhasil mendapatkan hadiah perjalanan ke University of Arizona selama dua minggu antara lain Darlene Riama Hutauruk dari SMAK 4 Penabur Jakarta untuk kategori Green Business Plan dengan tema EcoEventia for The Better, Muhammad Hanif dari SMA Bina Insan Mandiri untuk kategori Green Short Movie dengan tema Massive Energy from Mountains, Cheryl Loemantoro dari Sekolah Ciputra untuk kategori Green Engineering Innovation dengan tema kW-Heat, dan Cyra Anindya Alesha dari SMA Labschool Kebayoran untuk kategori Social Media dengan tema Tik Tok Video Mengenai Manfaat Belajar di Sampoerna University. Pemenang lainnya juga mendapatkan hadiah uang tunai senilai jutaan rupiah.

Sampoerna University

“Kami mengucapkan terima kasih kepada para peserta yang berpartisipasi dalam FUTURISME Highschool Students Competition. Kami berharap kompetisi ini dapat bermanfaat bagi seluruh peserta dan nantinya dapat memberikan dampak positif terhadap lingkungan. Kiranya ini juga dapat menginspirasi dan mendorong lebih banyak lagi generasi muda untuk berani berinovasi,” tutup Wahdi Yudhi.

Trending Topic

Subscribe
Notify of

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Iklan

Iklan

Hot News

Game

PENTING UNTUK DIBACA