Beranda Indeks Top 3 Kota di Sumatera Barat Masuk Daftar 10 Kota Intoleran di Indonesia

3 Kota di Sumatera Barat Masuk Daftar 10 Kota Intoleran di Indonesia

Sumatera Barat
Tiga kota di Sumatera Barat yaitu Kota Pariaman, Kota Padang dan Kota Padang Panjang masuk daftar 10 kota Intoleran di Indonesia. Hal ini berdasarkan hasil penilaian Lembaga Setara Institute.

Masuknya tiga kota di Sumatera Barat dalam daftar 10 kota Intoleran di Indonesia dipertanyakan oleh Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Sumbar, Duski Samad. Duski mengatakan hasil penilaian dari Lembaga Setara Institute ini tidaklah berdasarkan riset.

“Kalau riset harus berdasarkan objektif. Jangan ini dijadikan sebagai referensi bagi kabupaten/kota yang ada di Sumbar,” ujar Duski, Selasa (5/4/2022).

Duski juga menuturkan bahwa apabila riset tersebut dinilai berdasarkan demografi daerah Sumatera Barat, penduduk dikatakan tidak rukun apabila tidak menerima, tidak mengakui dan tidak menghargai agama lain.

Sedangkan Kota Padang Panjang yang merupakan kota pendidikan, Kota Pariaman adalah kota perdagangan dan wisata dan Kota Padang yang juga ibu kota provinsi dan kota perdagangan.

“Untuk tiga daerah di Sumbar yang disebutkan intoleran, FKUB Sumbar sangat tidak menerima dan keberatan dan diminta pertanggungjawaban kepada yang melakukan riset karena untuk mengukur daerah intoleran perlu diukur dengan jelas dari pihak-pihak yang berkompeten,” kata Duski.

Sementara, Asisten I Setda Pariaman, Yaminurizal, mempertanyakan indikator penilaian yang dilakukan Setara Institute.

“Tiba-tiba ada yang menyatakan Kota Pariaman adalah kota yang intoleran, kita ingin tahu juga indikator yang dinilai apa, serta tujuannya apa. Karena penelitian tersebut harus dilakukan dengan data yang valid,” ujar Yaminurizal, Selasa (5/4).

Yaminurizal menyebut bahwa Kota Pariaman dikenal dengan masyarakatnya yang homogen dan sudah hidup dengan baik. Menurut dia, selama ini Pemerintah Kota Pariaman tidak memiliki masalah intoleran.

“Diketahui, Kota Pariaman adalah daerah yang sangat toleransi dan terbuka kepada semua pihak. Ini sesuai dengan visi dan misi Pemko Pariaman yang merupakan daerah tujuan wisata,” katanya.

BACA JUGA  Uang Tabungan Lenyap Rp 135 Juta, Nasabah BCA Keluhkan Penanganan Pihak Bank

Sebanyak 10 kota intoleran yang dirilis Setara Institute adalah Kota Depok (Jawa Barat), Kota Banda Aceh (Provinsi Aceh), Kota Cilegon (Banten), Kota Pariaman (Sumatera Barat), Kota Langsa (Aceh), Kota Sabang (Aceh), Kota Padang Panjang (Sumatra Barat), Kota Padang (Sumatra Barat), Kota Pekanbaru (Riau), dan Kota Makassar (Sulawesi Selatan).

Facebook Comments

Iklan
Artikulli paraprakSopir Batu Bara di Bengkulu Ditangkap Simpan Ganja
Artikulli tjetërTernyata Maria Ozawa Takut Bertemu Vicky Prasetyo Meski Dibayar