Iklan
Iklan

5 Cara Menggemukkan Badan yang Perlu Anda Ketahui

- Advertisement -
5 Cara Menggemukkan Badan yang Perlu Anda Ketahui.

Cara menggemukkan badan yang tepat akan memberikan efek yang optimal. Sebaliknya, jika upaya ini dilakukan asal-asalan, kamu justru bisa mengalami obesitas yang meningkatkan risiko terjadinya kolesterol tinggi, darah tinggi, hingga diabetes. Yuk, cari tahu cara yang efektif.

Bukan hanya orang gemuk yang ingin kurus, sebagian pemilik tubuh kurus ternyata merindukan badan yang berisi, lho. Namun, saat ingin menambah bobot tubuh, kamu harus bijak memilih cara menggemukkan badan. Soalnya dengan metode yang tepat, kamu bisa lebih gemuk dengan tubuh tetap sehat dan fit.

Sederet Cara Menggemukkan Badan

“Ah, gemukin badan mah gampang,” Mungkin kata-kata seperti itu masih sering sering terdengar, ya. Tidak bisa dimungkiri, pada beberapa orang, menurunkan berat badan terasa jauh lebih sulit dibandingkan menggemukkan badan. Namun, tetap ada orang yang sulit menggemukkan badan atau sekalinya gemuk malah jadi obesitas dan justru muncul penyakit lain.

Beragam mitos dan cara-cara instan juga kerap dilakukan untuk menggemukkan badan. Mulai dari konsumsi junk food setiap hari, minum susu penggemuk badan, hingga memperbanyak tidur dan tidak berolahraga.

Perlu diingat, meski kerap berhasil, cara dan mitos menggemukkan badan di atas tidak sehat. Hasilnya pun mungkin bisa membuat perut jadi terlihat buncit atau malah kelebihan berat badan hingga obesitas. Kamu pasti nggak mau, kan?

Oleh karena itu, penting untuk menerapkan cara menggemukkan badan yang sehat seperti di bawah ini:

  1. Perhatikan pilihan menu makanan utama

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, sebagian orang beranggapan bahwa mengonsumsi makanan cepat saji atau berlemak tinggi bisa bikin gemuk. Anggapan ini memang tidak salah, tapi ini adalah cara menggemukkan badan yang keliru dan justru akan mengundang penyakit, seperti diabetes, obesitas, atau penyakit jantung.

Kalau kamu ingin menambah berat badan, pilihlah cara yang sehat, yaitu dengan mengonsumsi makanan yang mengandung kalori tinggi, sekaligus lengkap kandungan nutrisi lainnya. Junk food memang mengandung kalori yang tinggi, tetapi minim nutrisi. Kalau dikonsumsi terus-menerus dan berlebihan, hal ini tentu akan membuat tubuh jadi tidak sehat.

Beberapa pilihan makanan tinggi kalori dengan nutrisi lengkap adalah nasi, kentang, ubi, jagung, pasta, daging, ikan, telur, roti gandum, dan aneka jenis sayur.

  1. Pilih camilan sehat

Karena ingin gemuk dengan cara cepat, banyak orang yang memilih makan donat atau kue manis sebagai camilan. Makanan tersebut memang tinggi kalori dan bisa menambah berat badan, tetapi tidak menyehatkan karena biasanya tidak bergizi.

Dibandingkan ngemil makanan tersebut, lebih baik pilihlah camilan sehat, seperti buah-buahan, kacang-kacangan, biji-bijian, yoghurt, atau smoothies. Selain membuat perut terasa kenyang dan menekan rasa lapar sampai jam makan tiba, camilan ini juga mengandung nutrisi yang menyehatkan tubuh.

  1. Perhatikan porsi makan

Proses menggemukkan berat badan sebaiknya dilakukan perlahan, ya. Salah satu caranya adalah dengan menambah asupan kalori di makananmu secara bertahap, misalnya 300–500 kalori setiap hari selama minimal 6 bulan. Jumlah tambahan kalori ini bisa dari penambahan porsi makanan utama dan camilan sehat yang dikonsumsi sehari-hari, ya.

Ingatlah bahwa menambah berat badan bukan berarti kamu jadi makan banyak pada setiap waktu makan. Dalam prosesnya, kamu juga perlu memperhatikan porsi makan.

Supaya tidak begah, makan dengan porsi kecil dan sering, yaitu 5–6 kali makan dalam sehari, lebih disarankan dibandingkan 2–3 kali porsi besar. Selain itu, jangan lupa untuk mengonsumsi lebih banyak sumber protein dan lemak sehat supaya berat badan segera bertambah dan terlihat lebih gemuk.

  1. Rutin berolahraga

Berolahraga secara rutin tidak hanya membuat tubuh sehat, tetapi juga membuat metabolisme tubuh bekerja optimal. Selain itu, olahraga juga dipercaya bisa menambah nafsu makan sehingga bisa digunakan sebagai cara menggemukkan badan.

Setelah berolahraga, konsumsilah makanan sehat seperti yang telah dijelaskan sebelumnya. Dengan begitu, pertambahan berat badan yang diinginkan pun akan segera tercapai dan tubuhmu akan tetap bugar.

  1. Istirahat yang cukup

Sebagian orang percaya bahwa sering begadang bisa bikin tambah gemuk. Hal ini memang ada benarnya. Orang yang kurang tidur memang cenderung mempunyai nafsu makan lebih tinggi, sehingga tubuhnya bisa bertambah gemuk.

Namun, bukan berarti kamu harus begadang setiap hari untuk menambah bobot tubuh, ya. Soalnya, tubuh membutuhkan waktu istirahat yang cukup untuk berfungsi dengan baik. Ingatlah, kenaikan berat badan yang kamu inginkan bukan hanya angka belaka, tetapi juga tubuh yang sehat.

Untuk mewujudkan keinginan tersebut, tidur yang cukup dan berkualitas sangat dianjurkan. Tidur tidak hanya membuat tubuh beristirahat, tetapi juga membantu metabolismenya bekerja lebih baik. Dengan begitu, makanan pun akan terserap dengan baik dan berat badan berangsur bertambah.

Menerapkan cara menggemukkan badan di atas perlu tekad dan kesabaran ekstra supaya hasil yang diinginkan dapat terwujud. Yang perlu diperhatikan adalah pertambahan berat badan harus dilakukan pelan-pelan. Sebab, berat badan yang melonjak drastis justru tidak baik untuk kesehatan.

Bila kamu masih bingung atau memiliki pertanyaan seputar cara menggemukkan badan, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter. Dengan cara ini, dokter juga akan memberikan saran yang tepat tentang kenaikan berat badan yang sesuai dengan kondisimu.

Trending Topic

Subscribe
Notify of

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Iklan

Hot News

Game

PENTING UNTUK DIBACA