Iklan
Iklan

5 Manfaat Lactic Acid bagi Kulit dan Efek Sampingnya

- Advertisement -
Manfaat lactic acid untuk kulit ada beragam. Tidak heran bila banyak produk perawatan kulit yang menggunakan kandungan ini di dalamnya. Namun, penggunaan lactic acid juga perlu dilakukan secara hati-hati, karena dapat menimbulkan efek samping, seperti iritasi kulit.

Lactic acid merupakan salah satu jenis AHA (alpha hydroxy acids). Meski begitu, kandungan ini cenderung lebih ramah di kulit dibandingkan jenis AHA lainnya. Hal ini membuat pengggunaan lactic acid aman untuk segala jenis kulit, termasuk kulit sensitif sekalipun.

Kulit sensitif dapat menggunakan skincare dengan kandungan ini asalkan kadar yang digunakan rendah, yaitu 5%. Sementara itu, jenis kulit lainnya dapat menggunakan lactic acid dengan kadar yang lebih tinggi, tetapi tetap harus di bawah 10%.

Beragam Manfaat Lactic Acid

Bagi yang menggunakan produk perawatan kulit berbahan lactic acid, ada sejumlah manfaat lactic acid yang dapat diperoleh, yaitu:

1. Mencerahkan kulit

Layaknya jenis AHA lainnya, lactic acid juga dapat mengangkat sel kulit mati di permukaan kulit dan merangsang pertumbuhan sel kulit baru. Hal ini membuat penggunaan skincare dengan kandungan ini bisa mengatasi kulit kusam. Jika digunakan secara rutin, kulit dapat terlihat lebih cerah, halus, dan lembut.

2. Menyamarkan kerutan di wajah

Lactic acid juga bisa menyamarkan garis halus atau kerutan di wajah. Manfaat tersebut bisa diperoleh karena kandungan ini dapat merangsang produksi kolagen. Kolagen merupakan protein penting yang diproduksi tubuh secara alami dan  berguna untuk menjaga kesehatan kulit.

3. Membuat kulit lebih kencang

Kemampuan lactic acid dalam merangsang produksi kolagen tidak hanya dapat menyamarkan kerutan di wajah saja, tetapi juga membuat kulit menjadi lebih kencang. Manfaat ini bisa diperoleh berkat kemampuan kolagen dalam menjaga elastisitas kulit.

Selain dari produk dengan kandungan lactic acid, produksi kolagen dalam tubuh juga dapat dirangsang dengan mengonsumsi makanan yang kaya akan protein, seperti dada ayam, tuna, putih telur, jeruk, kiwi, dan nanas.

4. Menyamarkan noda hitam di wajah

Lactic acid dapat memudarkan noda hitam di wajah atau noda bekas jerawat. Manfaat ini bisa diperoleh berkat kemampuannya dalam mengangkat sel kulit mati.

Selain menggunakan skincare yang mengandung lactic acid, noda hitam dan bekas jerawat di wajah juga dapat dihilangkan menggunakan bahan alami, seperti lidah buaya, cuka apel, soda kue, dan madu.

5. Melembapkan kulit

Kelebihan lain dari lactic acid dibandingkan jenis AHA lainnya adalah mampu menjaga kulit tetap terhidrasi atau meningkatkan kelembapan kulit secara alami. Berkat manfaatnya ini, banyak produk skincare untuk kulit kering menggunakan kandungan lactic acid di dalamnya.

Selain menggunakan produk skincare yang mengandung lactic acid, pemilik kulit kering juga disarankan untuk mengonsumsi air putih yang cukup, yaitu minimal 2 liter setiap hari. Jangan lupa pula untuk mengonsumsi makanan sehat untuk kulit agar kelembapan kulit lebih terjaga.

Lactic acid tidak hanya dapat meningkatkan kesehatan kulit, tetapi juga dapat mengatasi beberapa gangguan kulit, seperti keratosis pilaris, eksim, dan rosacea.

Ketahui Efek Samping Lactic Acid

Meski membawa dampak baik terhadap kesehatan kulit, lactic acid juga dapat menimbulkan efek samping berupa:

Sensitif terhadap paparan sinar matahari

Salah satu efek samping dari penggunaan lactic acid adalah kulit menjadi lebih sensitif terhadap paparan sinar matahari, sehingga kulit akan lebih mudah mengalami kerusakan. Untuk meminimalkan efek samping ini, Anda perlu melapisi skincare yang digunakan dengan tabir surya SPF 30 saat beraktivitas di siang hari.

Iritasi kulit

Selain menjadi lebih sensitif terhadap paparan sinar matahari, lactic acid juga dapat memicu iritasi kulit. Kondisi ini ditandai dengan kulit yang terasa gatal, tampak merah, kering, terkelupas, bengkak, atau adanya sensasi seperti terbakar.

Reaksi kulit memerah, terbakar, atau gatal dapat muncul saat pertama kali Anda mengoleskan lactic acid ke kulit. Namun, jika reaksi yang muncul tersebut bersifat ringan dan hilang dalam waktu 1 jam, Anda tidak perlu khawatir.

Sebaliknya, bila tidak kunjung hilang atau terasa makin parah, segera bersihkan kulit Anda dan hentikan penggunaan. Reaksi tersebut bisa menjadi tanda bahwa Anda tidak cocok dengan kandungan lactic acid.

Gunakan lactic acid sesuai petunjuk penggunaan. Bila tidak cocok dengan skincare yang mengandung lactic acid, Anda bisa berkonsultasi dengan dokter. Dokter akan memeriksa kondisi kulit untuk menentukan perawatan yang tepat dan sesuai dengan jenis kulit Anda.

Trending Topic

Subscribe
Notify of

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Iklan

Iklan

Hot News

Game

PENTING UNTUK DIBACA