Iklan
Iklan

5 Manfaat Masker Kopi untuk Kulit Wajah, Bikin Awet Muda

- Advertisement -
Masker kopi dipercaya memiliki khasiat untuk mengangkat sel kulit mati dan membuat kulit tampak awet muda. Beberapa merek produk perawatan kulit bahkan turut menambahkan ekstrak kopi ke dalam produk mereka.

Kopi tidak hanya nikmat untuk dikonsumsi, tetapi juga dapat diolah menjadi masker yang bermanfaat untuk kecantikan kulit.

Masker kopi dapat dibuat dengan cara memadukan bubuk kopi dengan bahan pelarut seperti minyak zaitun, kemudian dioleskan ke permukaan kulit wajah selama beberapa menit.

Nutrisi dan vitamin yang terdapat di dalam masker kopi akan menyerap ke dalam kulit, sehingga mampu membersihkan pori-pori, mengangkat sel kulit mati, serta melembutkan dan mencerahkan kulit.

Manfaat Masker Kopi untuk Kulit Wajah

Masker Kopi

Berbagai bahan alami dapat digunakan sebagai campuran kopi dalam pembuatan masker, mulai dari buah, sayur, hingga biji-bijian. Selain aromanya yang menenangkan, biji kopi kaya akan kandungan antioksidan alami yang sangat penting bagi kesehatan kulit wajah.

Berikut ini adalah beberapa manfaat masker kopi bagi kesehatan kulit wajah:

1. Membuat wajah tampak awet muda

Kopi mengandung antioksidan yang dapat melindungi kulit dari radikal bebas. Jika kulit wajah terpapar radikal bebas berlebih, tanda penuaan pun akan lebih cepat muncul.

Antioksidan juga mampu mencegah penurunan kadar kolagen dan meningkatkan produksi elastin, sehingga kulit tetap terasa kencang. Selain itu, kandungan kafein dalam bubuk kopi juga dapat membuat kulit lebih kencang dan menyamarkan mata panda.

2. Melindungi kulit dari paparan sinar matahari

Sebuah studi menunjukkan bahwa ekstrak bubuk kopi dapat melindungi kulit dari kerusakan, terutama yang disebabkan oleh paparan sinar matahari. Meski demikian, Anda tetap dianjurkan untuk menggunakan tabir surya saat beraktivitas di luar ruangan agar kulit tetap terlindungi.

3. Menenangkan kulit wajah

Kopi memang dapat memberikan efek stimulasi bagi tubuh saat dikonsumsi. Namun, saat dijadikan sebagai masker, kandungan antioksidannya mampu menenangkan kulit wajah sehingga dapat mengatasi iritasi pada kulit akibat paparan sinar matahari atau penggunaan produk tertentu.

4. Merawat kulit berjerawat

Kopi memiliki sifat antibakteri dan antiinflamasi yang dapat merawat kulit berjerawat. Selain itu, antioksidan dalam kopi juga dipercaya dapat mengurangi munculnya jerawat pada kulit.

Namun, masih diperlukan penelitian lebih lanjut untuk mengetahui efektivitas masker ini dalam merawat kulit berjerawat.

5. Mengangkat sel kulit mati

Masker dari kopi juga dapat digunakan untuk mengangkat sel kulit mati. Selain itu, butiran bubuk kopi juga mampu mengeluarkan kotoran yang menyumbat pori-pori dan menstimulasi sirkulasi darah di bawah kulit.

Hal ini membuat masker kopi baik digunakan untuk menghilangkan minyak berlebih dari kulit dan membuat kulit wajah tampak lebih segar.

Manfaat masker dari kopi untuk kulit wajah lainnya adalah melembutkan dan menghaluskan kulit, mengurangi hiperpigmentasi, dan memudarkan lingkaran hitam pada mata. Namun, manfaat masker kopi ini masih membutuhkan penelitian lebih lanjut untuk memastikan efektivitasnya.

Cara Membuat dan Menggunakan Masker Kopi

Masker Kopi

Untuk membuat masker dari kopi sendiri di rumah, Anda dapat mencampurkan beberapa sendok bubuk kopi dengan pelarut alami yang bersifat nonkomedogenik, seperti minyak zaitun.

Selanjutnya, oleskan ke wajah dengan gerakan memutar dan diamkan selama 10–30 menit. Setelah itu, bilas masker kopi dengan air hangat.

Jika Anda memiliki kulit yang sensitif, hindari menggosok masker kopi saat membilasnya karena dapat menyebabkan iritasi, ruam, atau kemerahan pada kulit. Penggunaan masker kopi cukup satu atau dua kali dalam seminggu dan tidak disarankan untuk menggunakannya setiap hari.

Pastikan pula masker kopi yang Anda gunakan selalu segar atau baru dibuat guna mencegah hadirnya bakteri yang justru dapat merusak kulit wajah.

Namun perlu diingat, masker kopi bukanlah satu-satunya perawatan kulit wajah yang dapat membuat wajah Anda tampak awet muda dan sehat. Untuk menjaga kesehatan kulit wajah, Anda juga dapat memilih masker atau produk perawatan kulit yang mengandung asam laktat, asam glikolik, retinol, maupun asam hyaluronik.

Apa pun maskernya, pilihlah yang sesuai dengan jenis kulit Anda. Apabila Anda mengalami reaksi alergi atau iritasi setelah menggunakan masker kopi, segera konsultasikan ke dokter untuk mendapat penanganan.

Trending Topic

Subscribe
Notify of

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Iklan

Iklan

Hot News

Game

PENTING UNTUK DIBACA