Iklan
Iklan

5 Pantangan Sakit Tipes yang Perlu Diperhatikan agar Cepat Sembuh

- Advertisement -
Ada berbagai pantangan sakit tipes yang harus dipatuhi jika ingin segera sembuh. Salah satunya adalah dengan tidak mengonsumsi makanan mentah. Selain itu, ada pantangan lain yang perlu diperhatikan guna mencegah infeksi berulang sekaligus penularan tipes ke orang lain.

Sakit tipes atau demam tifoid adalah infeksi yang disebabkan oleh bakteri Salmonella typhi. Penularannya dapat terjadi melalui konsumsi makanan dan minuman yang terkontaminasi bakteri penyebab tipes.

Orang yang terinfeksi tipes juga bisa menyebarkan kuman bila ia tidak mencuci tangannya dengan benar setelah menggunakan toilet. Risiko penularan penyakit tipes pun bisa meningkat ketika penderitanya menyajikan makanan dan minuman untuk orang lain.

Dari penjelasan di atas, pantangan sakit tipes yang utama memang menjaga kebersihan apa pun yang dikonsumsi dan merawat kebersihan diri sendiri.

Beragam Pantangan Sakit Tipes

Berikut ini adalah beberapa pantangan sakit tipes yang perlu Anda hindari:

  1. Makan makanan mentah

Pantangan untuk penderita tipes adalah mengonsumsi makanan mentah, seperti sushi, steak, dan telur setengah matang. Pastikan Anda memasak semua jenis makanan tersebut hingga benar-benar matang agar kuman di dalamnya mati dan tidak memperburuk kondisi tipes yang sedang dialami.

  1. Minum air sembarangan

Selain makanan, penderita tipes juga dianjurkan tidak mengonsumsi air minum sembarangan, misalnya minum dari air keran. Sebaiknya konsumsilah air minum kemasan yang sudah terjamin kebersihannya.

  1. Jajan sembarangan

Meski jajanan yang dijual pedagang kaki lima tampak sangat lezat, tetapi pantang bagi penderita tipes untuk membelinya. Ini karena Anda tidak bisa menjamin kebersihan makanan yang dijual dan dikhawatirkan makanan telah terkontaminasi oleh bakteri Salmonella typhi.

  1. Tidak mencuci tangan

Ketika menderita tipes, Anda harus sering mencuci tangan, terutama setelah menggunakan toilet dan sebelum menyentuh makanan. Hal ini penting dilakukan guna mencegah terjadinya penyebaran bakteri.

Anda dapat mencuci tangan dengan sabun di bawah air mengalir setidaknya selama 20 detik. Pastikan gosok sela-sela jari dan kuku secara menyeluruh, kemudian bilas dan keringkan menggunakan tisu atau kain bersih.

  1. Menyiapkan makanan untuk orang lain

Pantangan untuk penderita tipes yang terakhir adalah menyiapkan makanan untuk orang lain. Hal ini dikhawatirkan dapat menyebabkan makanan terkontaminasi bakteri sehingga bisa menularkan tipes.

Itulah kelima pantangan saat sakit tipes. Pastikan Anda menghindari hal-hal tersebut agar proses pemulihan berlangsung lebih cepat dan tidak menularkan penyakit tipes ke orang lain.

Jika Anda mengalami gejala tipes atau sedang menjalani pengobatan tipes, segeralah lakukan pemeriksaan ke dokter untuk menghindari terjadinya komplikasi.

Trending Topic

Subscribe
Notify of

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Iklan

Hot News

Game

PENTING UNTUK DIBACA