Iklan
Iklan

6 Obat Herbal Sariawan yang Cukup Ampuh

- Advertisement -

Obat herbal sariawan dapat digunakan untuk mengatasi berbagai gejala yang muncul saat sariawan dan mempercepat proses penyembuhannya. Dengan begitu, sariawan tidak akan memburuk dan mengganggu aktivitas sehari-hari.

Obat herbal sariawan terdiri dari berbagai bahan alami yang ampuh dalam mengatasi sariawan dan gejala yang ditimbulkan. Sariawan biasanya muncul dengan bentuk seperti luka kecil yang bagian tengahnya berwarna putih. Luka tersebut dapat terjadi di bibir, lidah, gusi, langit-langit mulut, maupun bagian dalam pipi.

Kondisi ini sering terjadi akibat cedera karena tidak sengaja tergigit saat mengunyah makanan. Namun, beberapa kondisi lain seperti penggunaan kawat gigi yang tidak sesuai, konsumsi makanan yang terlalu pedas dan asam, kekurangan vitamin atau mineral, hingga infeksi bakteri juga bisa menjadi penyebab sariawan.

Meski bukan kondisi medis yang serius, sariawan bisa menimbulkan rasa nyeri yang mengganggu saat mengunyah makanan dan berbicara. Agar gejalanya lebih cepat mereda, obat herbal sariawan dapat digunakan sebagai pilihan pengobatan untuk membuat sariawan sembuh lebih cepat.

Pilihan Obat Herbal Sariawan yang Ampuh

Berbagai obat herbal sariawan umumnya berasal dari bahan-bahan alami yang bisa dengan mudah Anda temukan di rumah. Adapun pilihan obat herbal sariawan tersebut, antara lain:

1. Larutan garam

Obat herbal sariawan pertama yang bisa menjadi pilihan adalah larutan garam. Meski tidak mampu menyembuhkan sariawan sepenuhnya, larutan garam berfungsi untuk membuat sariawan cepat kering sehingga dapat sembuh lebih cepat.

Untuk membuat larutan garam, Anda cukup mencampurkan 1 sendok teh garam ke dalam ½ gelas air hangat. Aduk hingga garam larut di dalam air, lalu gunakan untuk berkumur selama 15–30 detik. Agar hasilnya maksimal, Anda bisa mengulangi cara ini sebanyak 3 kali dalam sehari.

2. Larutan cuka apel

Cuka apel memiliki sifat antibakteri yang dapat mematikan bakteri penyebab infeksi, salah satunya adalah bakteri penyebab sariawan. Oleh karena itu, larutan cuka apel bisa dijadikan sebagai pilihan obat herbal sariawan.

Bila ingin menggunakannya, Anda membutuhkan 1 sendok cuka apel yang dicampurkan dengan 1 gelas air. Setelah diaduk secara merata, berkumurlah selama 30–60 detik lalu buang cairan yang ada di dalam mulut. Kemudian, bilas mulut dengan air biasa agar asam dari cuka apel tidak merusak enamel gigi.

Larutan cuka apel sebaiknya tidak digunakan terlalu sering. Karena selain dapat merusak enamel gigi, asam dari cuka apel juga bisa menambah rasa sakit pada sariawan hingga menyebabkan iritasi bila digunakan secara berlebihan.

3. Daun sage

Daun sage mungkin masih terdengar asing bagi banyak orang. Padahal, daun ini juga bisa digunakan sebagai obat herbal sariawan. Daun sage memiliki sifat antibakteri, antiradang, serta antiseptik yang dipercaya dapat mengurangi nyeri akibat sariawan serta membuatnya lebih cepat sembuh.

Bila ingin menggunakannya, daun sage perlu direbus terlebih dahulu selama 5 menit. Setelah itu, saring air rebusan dan diamkan sampai dingin. Air rebusan daun sage yang sudah dingin bisa Anda gunakan untuk berkumur guna mengatasi sariawan. Cara ini bisa Anda ulangi sesuai kebutuhan.

4. Minyak kelapa

Minyak kelapa merupakan salah satu obat herbal sariawan karena mengandung asam laurat yang memiliki sifat antibakteri. Sifat tersebut tentunya bermanfaat untuk mengatasi sariawan yang terjadi akibat infeksi bakteri. Selain itu, minyak kelapa juga memiliki sifat antiradang yang dapat meredakan nyeri akibat sariawan.

Untuk memperoleh manfaatnya, minyak kelapa bisa langsung dioleskan ke tempat sariawan berada. Ulangi cara ini sesuai kebutuhan sampai sariawan benar-benar menghilang.

5. Teh chamomile

Teh chamomile adalah jenis teh yang terbuat dari ekstrak bunga chamomile. Bunga tersebut mengandung senyawa antiradang dan antiseptik, yaitu azulene dan levomenol, yang dapat meredakan iritasi sehingga mempercepat penyembuhan sariawan.

Teh chamomile biasanya tersedia dalam bentuk kantung kecil. Bila ingin menggunakannya untuk mengobati sariawan, Anda bisa merendam kantung teh chamomile di dalam air hangat selama beberapa menit. Lalu, kompres sariawan menggunakan kantung teh tersebut selama kurang lebih 5 menit.

6. Madu

Obat herbal sariawan yang tidak kalah praktis adalah madu. Hal ini karena sifat antiradang dan antibakteri yang dimiliki oleh madu dapat mengurangi rasa nyeri serta menyembuhkan luka, termasuk luka sariawan.

Jenis madu yang efektif untuk mengobati sariawan adalah madu murni yang belum melewati proses apa pun. Madu dapat langsung dioleskan ke sariawan sebanyak 3–4 kali sehari sampai sariawan sembuh.

Perlu diingat, meski dipercaya dapat mengatasi gejala sariawan dan membuatnya cepat sembuh, berbagai obat herbal sariawan di atas masih memerlukan penelitian lebih lanjut untuk mengetahui efektivitasnya.

Oleh sebab itu, jika sariawan yang Anda alami tidak kunjung sembuh atau justru bertambah lebar dan nyeri meski sudah menggunakan obat herbal sariawan, sebaiknya konsultasikan ke dokter untuk mendapatkan pemeriksaan dan penanganan sariawan yang tepat.

Trending Topic

Subscribe
Notify of

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Iklan

Iklan

Hot News

Game

PENTING UNTUK DIBACA