Iklan
Iklan

7 Cara Mengatasi Kulit Kering agar Tetap Tampil Percaya Diri

- Advertisement -
Kulit kering dan kasar tentu sangat mengganggu penampilan dan rasa percaya diri Anda. Nah, ada berbagai cara mengatasi dan merawat kulit kering yang dapat Anda coba lakukan. Agar, kulit sehat dan tampak lembut pun dapat Anda wujudkan.

Kulit kering ditandai dengan permukaan kulit yang kasar, pecah-pecah, dan mudah terkelupas. Kondisi ini dapat disebabkan oleh berbagai hal, seperti paparan sinar matahari, kebiasaan mandi terlalu lama, hingga penggunaan produk perawatan kulit yang kurang tepat.

Tak hanya itu,  berbagai gangguan pada kulit juga dapat menyebabkan kulit menjadi kering, seperti eksim dan psoriasis.

Beragam Cara Merawat Kulit Kering

Terlepas dari apa pun penyebabnya, ada beberapa tips merawat kulit kering yang dapat Anda coba lakukan, yaitu:

1. Hindari mandi dengan air yang terlalu panas

Mandi air hangat diketahui dapat memberikan beragam manfaat untuk tubuh. Namun, air hangat juga dapat menghilangkan minyak alami yang berfungsi untuk melembapkan kulit.

Oleh karena itu, batasi mandi air hangat sekitar 5–10 menit saja. Setelah selesai mandi, keringkan tubuh menggunakan handuk berbahan lembut dengan cara ditepuk-tepuk secara perlahan. Hindari menggosok handuk terlalu keras pada kulit, karena bisa membuat kulit semakin kering.

2. Gunakan sabun berbahan lembut

Bila Anda mengalami kulit kering, hindari menggunakan sabun atau produk perawatan kulit lain yang berbahan keras, seperti parfum dan alkohol.

Hal ini karena kandungan kimia di dalam produk tersebut bisa membuat kulit rusak dan iritasi, sehingga mudah kering. Pilihlah sabun berbahan lembut (mild soap) yang berbahan dasar minyak.

3. Gunakan tabir surya dan pelembap

Bagi Anda yang memiliki kulit kering, penggunaan pelembap secara rutin sangat penting guna menjaga kelembapan kulit. Pilihlah pelembap dengan kandungan ceramide yang dapat meredakan kulit kering, serta asam hialuronat, gliserin, dan urea yang dapat menjaga kulit tetap terhidrasi.

Selain itu, pelembap dengan kandungan lanolin dan petroleum jelly juga dapat menjaga kulit tetap terhidrasi. Tak hanya pelembap, Anda juga dianjurkan untuk mengoleskan tabir surya dengan kandungan SPF minimal 15 sebelum beraktivitas di luar ruangan.

4. Lakukan perawatan di malam hari

Perawatan kulit tidak hanya dilakukan pada siang hari, tetapi juga pada malam hari sebelum Anda tidur. Untuk perawatan kulit wajah, Anda bisa menggunakan make up remover untuk menghilangkan sisa make up dan kotoran.

Selanjutnya, bersihkan wajah menggunakan sabun berbahan lembut. Anda pun bisa menggunakan krim malam setelahnya.

Untuk perawatan kulit tubuh, oleskan pelembap pada kulit sesaat setelah mandi. Lamanya tidur malam juga turut memberikan waktu yang lebih panjang bagi pelembap untuk lebih meresap ke kulit.

5. Lindungi kulit dari udara dingin

Udara yang dingin dapat mengurangi kelembapan kulit dan membuatnya menjadi kering. Oleh karena itu, lindungi kulit tubuh dari paparan udara dingin dengan menggunakan pakaian tertutup dan pelembap kulit.

Jika diperlukan, Anda bisa menggunakan humidifier untuk menjaga udara tetap lembap sehingga tidak memperparah kulit kering.

6. Lakukan eksfoliasi

Eksfoliasi bertujuan untuk mengangkat kulit mati. Dengan begitu, pelembap dapat meresap lebih baik. Lakukan eksfoliasi cukup satu kali seminggu saja, karena terlalu sering melakukan eksfoliasi dapat membuat kulit iritasi.

Saat melakukan eksfoliasi, hindari produk scrub dengan bulir yang kasar. Cobalah scrub yang mengandung enzim papain, karena bahan tersebut lebih lembut dan aman digunakan untuk pengelupasan.

7. Nutrisi kulit dari dalam

Nutrisi penting untuk kulit juga bisa diperoleh melalui konsumsi makanan yang mengandung antioksidan dan asam lemak omega-3. Makanan yang kaya antioksidan, seperti bluberi, wortel, tomat, dan kacang polong, diketahui dapat meminimalkan kerusakan sel kulit akibat racun dan merangsang pembentukan sel baru yang sehat.

Sedangkan makanan yang kaya asam lemak omega-3, seper ikan salmon, dapat bisa membuat kulit menjadi lebih cerah.

Selain beberapa cara di atas, selalu memenuhi kebutuhan cairan tubuh juga penting dilakukan untuk menjaga kulit tetap lembap, sehat, dan terhindar dari dehidrasi.

Jika keluhan kulit kering tetap mengganggu meski telah mencoba cara merawat kulit kering di atas, jangan ragu untuk memeriksakan diri ke dokter, sebab kulit kering juga bisa menjadi tanda penyakit kulit yang bersifat serius dan memerlukan penanganan oleh dokter.

Trending Topic

Subscribe
Notify of

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Iklan

Iklan

Hot News

Game

PENTING UNTUK DIBACA