Beranda INFO SEHAT 7 Manfaat Kopi Hitam Pahit Tanpa Tambahan Gula

7 Manfaat Kopi Hitam Pahit Tanpa Tambahan Gula

kopi hitam
Foto: yesDok
Manfaat kopi hitam ternyata tidak hanya sekadar menghilangkan rasa kantuk. Minuman yang sangat populer di Indonesia ini mampu mendatangkan manfaat lain terutama untuk kesehatan tubuh. Apalagi saat kopi disajikan tanpa tambahan gula atau bahan pemanis lain.

Manfaat Kopi Hitam

Di Indonesia, sajian kopi paling umum dibuat dengan cara diseduh lalu ditambah dengan gula, susu, atau creamer. Namun tahukah Anda bahwa sebagian orang lebih memilih menyajikan kopi tubruk tanpa gula. Hal itu dilakukan demi memaksimalkan manfaat pada minuman berkafein ini.

Dalam jurnal Progress in Clinical and Biological Research, kopi hitam mengandung berbagai zat penting seperti karbohidrat, senyawa nitrogen, vitamin, mineral, alkaloid, dan senyawa fenolik, dan sebagainya.

Selain itu kopi juga mengandung kafein yang memiliki banyak manfaat. Besaran kafein dalam kopi ditentukan oleh banyak hal mulai dari jenis kopi, cara roasting, hingga cara penyajiannya.

Berbagai kandungan dalam kopi ini yang akan mendatangkan manfaat tertentu untuk para peminumnya. Berikut ini manfaat kopi tanpa pemanis secara umum yang dikutip dari VOI.

  1. Mencegah Penurunan Fungsi Otak

Mengonsumsi kopi secara rutin ternyata membantu mengurangi risiko penurunan fungsi otak yang diakibatkan karena pertambahan usia. Selain itu peminum kopi juga memiliki risiko kecil terkena alzheimer dan demensia. Kopi juga membantu meningkatkan daya ingat sehingga risiko pikun lebih kecil.

  1. Cegah Diabetes

Manfaat kopi lainnya adalah mencegah terjadinya diabetes tipe 2. Namun tentu saja kandungan gula atau pemanis pada kopi harus diperhatikan. Manfaat ini lebih bisa dirasakan oleh peminum kopi tanpa gula. Hal ini terjadi karena kandungan kafein yang mampu menambah sensitivitas tubuh pada insulin.

  1. Bantu Pembakaran Lemak

Kopi baik dikonsumsi saat Anda tengah menjalani program diet karena membantu pembakaran lemak pada tubuh. Kafein pada kopi akan meningkatkan metabolisme tubuh sehingga pembakaran lemak bisa dilakukan dengan lebih baik. Untuk mendatangkan manfaat ini Anda disarankan untuk mengonsumsi kopi tanpa gula atau susu kental manis.

  1. Menyehatkan Perut
BACA JUGA  3 Manfaat Pare Bagi Kesehatan, Pahit Tapi Jitu untuk Virus Berbahaya

Saat Anda mengonsumsi kopi tanpa gula pasir atau susu kental manis, secara tidak langsung ikut menjaga perut agar tetap sehat. Pasalnya kopi membantu membersihkan bakteri dan toksin yang ada di perut dengan cara mengeluarkannya lewat urin. Selain itu kopi membantu mencegah pertumbuhan parasit jahat yang jadi penyebab masalah pada perut.

  1. Menurunkan Risiko Terkena Penyakit Jantung

Seperti telah disinggung sebelumnya, kopi mampu membantu meningkatkan metabolisme manusia. Hal itu secara tidak langsung berdampak pada kesehatan jantung. Saat metabolisme tubuh baik maka pembakaran lemak lebih mudah dilakukan. Hal itu juga membantu mengurangi penumpukan lemak dan kolesterol yang jadi pemicu sakit jantung.

  1. Membantu Mengurangi Radikal Bebas pada Tubuh

Manfaat kopi hitam lainnya adalah sebagai sumber antioksidan karena adanya quinines.  Selain itu terdapat pula hydrocinnamic acid dan polyphenols yang bantu peminum kopi tanpa gula melawan radikal bebas pada tubuh.

  1. Menambah Fokus dan Waspada

Efek minum kopi yang paling banyak diketahui adalah membantu lebih fokus dan lebih waspada. Hal itu terjadi karena kopi hitam mampu mengaktifkan neurotransmitters pada otak. Sehingga saat Anda membutuhkan fokus dan waspada seperti saat mengendarai kendaraan, minum kopi sangat direkomendasikan. Namun Anda tetap harus mengonsumsi kopi sesuai takaran.

Facebook Comments

Artikulli paraprakJadwal Piala Dunia 2022 Hari Ini: Brasil dan Portugal Kembali Beraksi
Artikulli tjetërBerakhir Damai, Kasus Pemukulan Petugas SPBU Perempuan di Tangerang