Beranda GAYA HIDUP 8 Efek Samping Menggunakan Makeup Secara Rutin

8 Efek Samping Menggunakan Makeup Secara Rutin

Makeup
Sumber Foto: skinkraft.com
Tidak bisa membayangkan sehari tanpa makeup? Kami mengerti. Meskipun kami menghargai kecintaan Anda pada riasan, menggunakannya setiap hari dapat mengganggu kulit Anda dalam banyak hal. Riasan mengandung banyak bahan kimia dan komponen yang mungkin cocok atau tidak sesuai dengan jenis kulit Anda.

Beberapa komponen tidak ramah kulit yang digunakan dalam produk makeup sehari-hari ini bahkan dapat menyebabkan iritasi, gatal, dan terkadang bahkan penuaan dini.

Apakah Mengenakan Makeup Setiap Hari Berakibat Buruk Terhadap Kulit Anda?

Banyak produk riasan harian Anda mengandung bahan kimia keras yang dapat mengganggu fungsi pelindung kulit Anda, sehingga memudahkan patogen masuk ke kulit Anda. Menggunakan riasan secara teratur dapat menyebabkan berbagai efek samping, yang berdampak pada kesehatan dan kilau alami kulit Anda.

Namun, bukan berarti Anda tidak boleh menggunakan riasan sama sekali. Jika Anda mengikuti beberapa kebiasaan riasan yang sehat dan memilih produk yang ramah kulit, Anda dapat terus memakai riasan setiap hari.

8 Efek Samping Memakai Makeup Secara Teratur

Penting untuk memahami bagaimana riasan yang Anda gunakan saat ini memengaruhi kulit Anda. Jika Anda mengalami satu atau lebih dari efek samping yang tercantum di bawah ini, inilah saatnya untuk melakukan sesuatu.

1. Pori-pori Tersumbat

Jika Anda menggunakan riasan secara teratur dan membiarkannya di kulit Anda untuk waktu yang lama, ada kemungkinan pori-pori kulit Anda tersumbat. Ini membuat kulit Anda tidak bernapas, sehingga rentan terhadap jerawat, benjolan dan masalah kulit wajah lainnya. Anda mungkin melihat benjolan di sekitar mata Anda juga.

2. Penuaan Sebelum Waktu

Salah satu hal penting yang Anda lakukan untuk menjaga kesehatan kulit adalah melindunginya dari kerusakan akibat sinar matahari. Ketika Anda lupa mengoleskan tabir surya sebelum merias wajah, Anda membuat kulit Anda terpapar sinar matahari.

Meninggalkan riasan untuk waktu yang lebih lama bersama dengan kerusakan akibat sinar matahari dapat menyebabkan tanda-tanda penuaan dini seperti kerutan, garis-garis halus dan bintik-bintik penuaan. Juga, ketika Anda tidak menghapus riasan sebelum tidur, itu bisa masuk ke pori-pori Anda, merusak elastin dan menyebabkan kerutan.

BACA JUGA  Inilah Serum Wajah Terbaik dengan Harga di Bawah Rp 100 Ribu

3. Kulit Kering atau Berminyak

Produk makeup yang tidak sesuai dengan jenis kulit Anda, bisa membuat kulit Anda lebih kering atau berminyak. Orang dengan kulit kering mungkin mengalami kekeringan yang ekstrem jika mereka menggunakan riasan yang tidak sesuai dengan jenis kulitnya. Demikian pula, mereka yang memiliki kulit berminyak mungkin mengalami produksi minyak terlalu banyak dari biasanya setelah menggunakan produk yang salah.

4. Jerawat

Jerawat dapat terjadi karena ketidakseimbangan hormon, obat-obatan tertentu, diet yang tidak tepat, dll. Tetapi penggunaan riasan secara teratur dapat menambah kesengsaraan Anda dan memicu jerawat lebih sering. Pakar kulit setuju bahwa mereka yang memiliki kulit berjerawat harus membatasi penggunaan riasan mereka. Menerapkan lebih sedikit riasan dapat meningkatkan kesehatan kulit Anda dan juga mengurangi komedo.

5. Reaksi Alergi

Sementara beberapa produk rias terlihat serupa, bahannya berbeda dari satu merek ke merek lainnya. Produk yang diformulasikan dengan bahan-bahan ringan tidak membahayakan kulit Anda.

Namun produk dengan bahan kimia berbahaya seperti paraben dan SLES dapat menyebabkan reaksi alergi. Jika Anda alergi terhadap bahan-bahan tertentu, produk tersebut dapat memperburuk keadaan. Mereka dapat membuat kulit Anda gatal dan tidak nyaman.

6. Perubahan Warna

Mengenakan riasan setiap hari memiliki efek samping, tetapi tidur dengan riasan sepanjang malam dapat merusak kulit Anda. Diciptakan karena polusi dan sinar matahari, radikal bebas dapat  mempengaruhi kolagen yang melemahkan kulit Anda dan menyebabkan perubahan warna kulit Anda. Misalnya, ketika lipstik tahan lama dipakai selama lebih dari 10 jam, warna bibir Anda menjadi gelap karena mengandung bahan yang menghalangi suplai oksigen ke bibir Anda.

7. Infeksi Mata

Area di sekitar mata dan kelopak mata Anda tipis dan halus. Ini juga tempat Anda menggunakan riasan seperti alas bedak, concealer, eyeshadow, eyeliner, dan maskara. Segala jenis iritasi pada riasan mata Anda dapat menyebabkan kerusakan parah pada mata Anda. Bahkan bisa menyebabkan infeksi mata.

BACA JUGA  Gaya Hidup Bisa Menjadi Pemicu Kolesterol Tinggi

Food and Drug Administration menyarankan untuk memeriksa bahan sebelum menggunakan riasan mata apa pun. Hindari menggunakan produk berbahan kimia berbahaya. Produk riasan mata juga dapat memicu lingkaran hitam, jika tidak dihilangkan sebelum tidur atau jika dipakai dalam waktu lama.

8. Kanker

Kanker kulit adalah salah satu kanker paling umum di dunia. Sesuai Yayasan Kanker Kulit [3], satu di antara 5 orang Amerika mengalami penyakit ini. Namun, American Cancer Society [4] juga telah menetapkan bahwa hanya ada sedikit bukti yang menyimpulkan hubungan produk makeup dengan kanker kulit. Meskipun tidak ada cukup bukti untuk mengklaim korelasinya, bahan-bahan seperti formaldehida, tar batubara, arsenik, silika, dan kromium diketahui bersifat karsinogenik.

Kapan Sebaiknya Anda Tidak Memakai Makeup?

1. Selama Latihan

Bagi Anda pecinta riasan dan penggemar kebugaran, mengenakan riasan selama sesi latihan Anda tidak disarankan. Selama berolahraga, pori-pori minyak dan kelenjar Anda terbuka. Lapisan riasan yang tebal menyumbat pori-pori dan membuat kulit Anda tidak bisa bernapas. Hal ini dapat menyebabkan kerusakan kulit seperti keriput, garis halus, jerawat, komedo, iritasi dll.

2. Saat Riasan Anda Kedaluwarsa

Perhatikan label riasan. Produk yang telah melewati tanggal kedaluwarsa tidak akan bermanfaat bagi kulit Anda dengan cara apa pun. Bahkan, akan menyebabkan lebih banyak kerusakan, dan menyebabkan iritasi. Selain itu, makeup yang kadaluarsa juga bisa menjadi sarang bakteri, yang bisa menyebabkan infeksi kulit.

Bagaimana Mencegah Efek Samping Makeup?

Tips Sebelum Anda Mulai Rias Wajah

1. Beli Produk yang Tepat

Setiap jenis kulit adalah unik. Jadi, Anda tidak dapat menggunakan suatu produk hanya karena orang lain menggunakannya. Kenali jenis kulit Anda dan belilah produk yang sesuai dengan kulit Anda dan tidak menimbulkan reaksi alergi. Periksa label produk untuk mengetahui apakah Anda alergi terhadap salah satu bahan. Jika Anda tidak yakin, lakukan uji tempel menggunakan produk penguji.

BACA JUGA  Ekle’s Pico Laser Nano Glow : Hasil Instant, Generasi Terbaru, dan Terlengkap

2. Melembabkan

Terlepas dari jenis kulit Anda, jangan pernah mengabaikan pentingnya pelembab. Mereka yang memiliki kulit berminyak mungkin berpikir pelembab akan membuat kulit mereka lebih berminyak tetapi tidak demikian halnya. Pelembab akan membantu Anda mempertahankan pelindung pada kulit Anda. Ini dapat menyelamatkan Anda dari masalah kulit seperti kekeringan, kemerahan dan bahkan kulit terkelupas.

3. Oleskan Tabir Surya

Kerusakan akibat sinar matahari menyebabkan penuaan dini pada kulit Anda. Oleh karena itu penting untuk menerapkan tabir surya sebelum Anda menerapkan produk makeup apapun. Jika Anda tidak nyaman dengan tabir surya, gunakan pelembab dan alas bedak yang memberikan perlindungan terhadap sinar matahari.

Tips Setelah Riasan

1. Bersihkan Kuas

Setelah Anda selesai dengan riasan Anda, jangan lupa untuk membersihkan kuas dan spons. Cuci ini setidaknya seminggu sekali. Ini penting, karena bakteri berbahaya dari sel kulit mati dan keringat tumbuh subur di kuas makeup Anda. Membersihkan kuas secara mendalam akan membunuh bakteri.

2. Hapus Riasan Sebelum Tidur

Membersihkan riasan wajah Anda sebelum tidur adalah kewajiban. Pertama, bersihkan riasan Anda dengan penghapus riasan, menggunakan bola kapas yang lembut. Kemudian, bersihkan wajah Anda dengan pembersih wajah yang lembut.

3. Jangan Pernah Membagikan Riasan Anda

Berbagi riasan pribadi Anda dengan orang lain dapat menyebarkan bakteri. Hindari berbagi produk makeup.

Meskipun merias wajah secara teratur memiliki beberapa efek samping, Anda masih dapat menggunakannya dengan menerapkan beberapa kebiasaan riasan yang sehat. Juga, ketika Anda menggunakan produk rias setiap hari, itu membutuhkan perawatan khusus untuk kulit Anda.

Menggunakan produk perawatan kulit yang baik yang menjaga kulit Anda terhidrasi secara internal dan sehat akan memastikan bahwa menggunakan kosmetik tidak akan membahayakan kulit Anda.

Sumber: ARTIKEL ASLI

Facebook Comments

Artikel sebelumyaSony ZV-E10 Kamera Mirroless Diproduksi untuk Vlogger
Artikel berikutnyaStrategi Brunei Darussalam Cetak Rekor Nol Kasus COVID-19, Termasuk Menutup Tempat Ibadah