Iklan
Iklan

8 Makanan yang Baik untuk Kesehatan Payudara

- Advertisement -
Kesehatan payudara dapat disokong dengan mengonsumsi makanan sehat. Beberapa jenis makanan ini, di antaranya gandum utuh, brokoli, biji rami, kunyit, ikan, buah beri, anggur dan kedelai.

Salah satu cara yang bisa dilakukan guna meningkatkan kesehatan payudara adalah mengonsumsi makanan sehat. Di antaranya gandum utuh, brokoli, biji rami, kunyit, ikan, buah beri, anggur dan kedelai.

Payudara yang sehat ditandai dengan tidak memiliki benjolan. Selain itu, payudarah juga tidak mengeluarkan cairan di luar masa menyusui dan tidak nyeri saat disentuh.

Ciri selanjutnya bisa dilihat dari kondisi kulit di sekitar payudara. Payudara sehat tampak halus dan tidak kering atau pecah-pecah, bersisik, berkerut, kemerahan, serta tidak terasa gatal.

Makanan yang Baik untuk Kesehatan Payudara

  1. Gandum Utuh

Melansir dari Whole Grain Consumption for the Prevention and Treatment of Breast Cancer, mengonsumsi gandum utuh lebih dari 7 kali per minggu efektif mencegah kanker payudara.

  1. Brokoli dan Sayuran Lain

Sayuran seperti brokoli, kembang kol dan kubis kaya akan vitamin A dan C. Keduanya merupakan antioksidan yang dapat membantu menghilangkan racun dan karsinogen yang menjadi pemicu kanker payudara.

  1. Biji Rami

Makanan ini mengandung tinggi omega-3 dan lignan. Lignan adalah senyawa tanaman tinggi serat dan antioksidan fitoestrogen. Kombinasi kedua kandungan tersebut dapat menekan pertumbuhan sel abnormal pemicu kanker.

  1. Kunyit

Curcumin, senyawa aktif dalam kunyit dapat membantu menghentikan penyebaran kanker payudara dan mengurangi kerusakan sel akibat kemoterapi. Kunyit bisa ditambahkan ke dalam makanan, seperti kari atau sup.

  1. Ikan

Kandungan vitamin D dan omega-3 dalam ikan efektif meningkatkan kesehatan payudara dan mencegah pertumbuhan sel kanker. Kedua kandungan tersebut bisa menghentikan pembentukan pembuluh darah di dalam tumor dan mencegah penyebarannya.

Beberapa jenis ikan yang mengandung tinggi vitamin D dan omega-3, di antaranya ikan salmon, tuna, sarden, teri dan mackerel. Disarankan untuk menghindari konsumsi ikan dengan kandungan merkuri guna mendapatkan nutrisi yang dibutuhkan.

  1. Buah beri

Kelompok buah beri, seperti stroberi, blueberi, blackberry dan raspberry termasuk jenis makanan yang baik untuk kesehatan payudara. Di dalamnya mengandung tinggi vitamin C guna meningkatkan kekebalan tubuh.

Kelompok buah beri juga mengandung antioksidan yang dapat melindungi tubuh dari kerusakan sel. Buah ini bisa dikonsumsi langsung atau dijadikan sebagai toping dari yoghurt, sereal, smoothie atau muffin.

  1. Anggur

Anggur, terutama merah dan ungu, mengandung tinggi resveratrol. Ini adalah  jenis antioksidan yang dapat meningkatkan kesehatan sekaligus mencegah kanker payudara. Guna mendapatkan manfaatnya, kamu disarankan untuk mengonsumsi bersamaan dengan kulitnya. Jangan dikupas.

  1. Protein Kedelai

Kedelai termasuk ke dalam jenis makanan mengandung tinggi protein. Kandungan ini tak hanya meningkatkan kesehatan payudara saja, tapi juga efektif menurunkan potensi kanker.

Tak hanya mengonsumsi makanan yang disebutkan di atas, kesehatan payudara juga bisa dijaga dengan mengubah pola hidup jadi lebih sehat. Caranya dengan menjaga berat badan ideal dan berolahraga secara rutin.

Kamu juga disarankan untuk mengurangi konsumsi alkohol, berhenti merokok, kurangi asupan lemak jenuh dan jangan melakukan terapi penggantian hormon. Terakhir, berikan ASI eksklusif pada bayi.

Trending Topic

Subscribe
Notify of

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Iklan

Iklan

Hot News

Game

PENTING UNTUK DIBACA