9 Produk Skincare yang Tepat Digunakan Malam Hari agar Wajah Mulus dan Cerah

- Advertisement -
Urutan skincare malam yang benar akan mengoptimalkan manfaat produk skincare yang digunakan. Produk skincare untuk malam hari sendiri berfungsi untuk memperbaiki kerusakan kulit serta memberikan nutrisi agar kulit tampil segar, cerah, dan bebas kusam saat bangun di pagi hari.

Setelah seharian beraktivitas, kotoran, keringat, minyak, atau makeup akan menempel di kulit wajah. Jika tidak dibersihkan dengan baik, kulit wajah jadi tidak bisa “bernapas” dan akhirnya muncul berbagai masalah kulit, mulai dari pori-pori besar, kulit kusam, hingga jerawat.

Nah, oleh karenanya, Anda perlu menggunakan rangkaian produk skincare malam dengan urutan yang tepat, supaya produk yang digunakan bekerja dengan efektif. Jangan sampai sudah mahal-mahal membeli produk skincare, tetapi tidak ada hasil karena urutannya salah.

Urutan Skincare Malam yang Tepat

Perbaikan dan regenerasi sel kulit terjadi di malam hari saat tubuh beristirahat. Untuk mengoptimalkan proses ini, kulit wajah harus dalam kondisi yang bersih dan siap untuk selanjutnya bisa diaplikasikan produk perawatan wajah yang sesuai dengan jenis dan masalah kulit dengan urutan yang tepat pula. Berikut adalah tahapan skincare malam yang tepat agar wajah bersih dan sehat:

1. Makeup remover

Jika kamu mengenakan makeup, urutan skincare malam pertama yang harus dilakukan adalah membersihkannya dengan makeup remover. Salah satu teknik yang diklaim bisa membersihkan sisa makeup secara maksimal adalah double cleansing. Teknik ini terutama dianjurkan untuk pengguna makeup tebal atau makeup yang tahan air (waterproof).

Pilih makeup remover yang sesuai dengan kebutuhan dan jenis kulitmu, ya. Micellar water biasanya digunakan untuk membersihkan makeup yang ringan dan diperuntukkan bagi pemilik kulit berminyak atau berjerawat.

Sedangkan makeup remover berbahan dasar minyak, seperti cleansing balm, ditujukan untuk membersihkan makeup yang tahan air dan umumnya lebih cocok untuk kulit kering atau sensitif.

2. Sabun cuci muka

Urutan skincare malam yang tepat selanjutnya adalah dengan membersihkan wajah dengan sabun cuci muka untuk melengkapi teknik double cleansing. Dengan begitu, tidak ada lagi sisa makeup dan kotoran yang tidak terangkat makeup remover.

Untuk produknya, sesuaikan dengan jenis kulitmu. Untuk kulit normal, kering, atau sensitif, pilihlah sabun cuci muka yang mengandung pelembap. Untuk kulit berminyak atau berjerawat, pilihlah produk sabun cuci muka yang mengandung asam salisilat, benzoyl peroxide, atau glycolic acid.

3. Toner

Urutan skincare malam yang tepat tentu tidak lengkap tanpa penggunaan toner. Toner punya banyak tujuan, mulai dari mengangkat sisa minyak di wajah, memudarkan flek, noda hitam bekas jerawat, mengecilkan pori-pori, melembapkan kulit, hingga menjaga pH (tingkat keasaman) kulit. Oleh karena itu, sesuaikan dengan kebutuhan kulitmu dan yang bebas alkohol.

Beberapa bahan yang biasanya ada di dalam hydrating toner adalah aloe vera (lidah buaya), asam hialuronat, ceramide, atau cica (Centella asiatica). Sedangkan bahan yang ada di dalam exfoliating toner umumnya adalah zat-zat yang bersifat asam, seperti asam laktat, asam glikolat, dan asam salisilat.

4. Serum

Urutan skincare malam setelah toner adalah serum wajah. Serum mengandung bahan aktif berkonsentrasi tinggi yang dirancang untuk menutrisi dan mengatasi berbagai masalah kulit.

Serum dengan kandungan retinol atau bakuchiol diketahui mampu mengurangi tanda-tanda penuaan, termasuk kerutan atau garis-garis halus di wajah. Sedangkan serum yang mengandung vitamin C, asam glikolat, asam kojik, atau asam laktat (lactic acid) mampu membuat warna kulit lebih merata, cerah, dan tidak kusam

Namun, perlu diingat, tidak semua jenis serum bisa digunakan secara bersamaan contohnya, hindari kombinasi serum retinol dan AHA, retinol dan vitamin C, serta retinol dan asam salisilat, karena bisa menimbulkan iritasi atau membuat fungsi serum tidak optimal.

5. Spot treatment

Spot treatment dapat ditambahkan ke dalam urutan skincare malam jika ada masalah kulit tertentu, seperti jerawat atau flek.

Produk spot treatment tersedia dalam bentuk cairan, gel, atau krim yang dioleskan hanya di area yang bermasalah. Ada juga spot treatment berbentuk patch atau plester kecil, yang biasanya digunakan untuk mengobati dan melindungi jerawat agar tidak terinfeksi. Produk ini dipakai dengan cara ditempelkan ke jerawat.

6. Pelembap

Setelah menggunakan serum atau spot treatment, tunggu beberapa detik sampai skincare tersebut meresap sempurna, lalu lanjutkan dengan urutan skincare malam berikutnya, yaitu pelembap wajah. Selain untuk melembapkan kulit, produk perawatan wajah ini berfungsi untuk mengunci serum di dalam kulit.

Untuk kulit kering, normal, atau kombinasi, pilihlah pelembap berbentuk krim. Sedangkan untuk kulit berminyak, gunakan pelembap berbentuk cair atau gel karena cepat meresap dan tidak meninggalkan kesan berminyak pada kulit.

7. Krim mata

Untuk menjaga kelembapan dan mengencangkan kulit di sekitar mata, masukkanlah krim mata dalam urutan skincare malam Anda. Produk ini dapat mencegah dan mengatasi garis halus, kantung mata, atau mata panda, tergantung bahan yang terkandung di dalamnya.

Jika ingin mengatasi kantung mata akibat mata sembap atau kelopak mata kendur, Anda bisa mengoleskan krim mata yang mengandung kafein, kolagen, atau antioksidan. Untuk mencegah dan mengurangi garis-garis halus di sekitar mata, Anda bisa menggunakan krim mata yang mengandung retinol, hyaluronic acid, atau ceramide.

8. Krim malam

Menggunakan krim malam yang sesuai dengan jenis dan kebutuhan kulit juga bisa melengkapi urutan skincare malam Anda. Ada beragam jenis krim malam, mulai dari yang tujuannya mirip dengan pelembab hingga yang bisa membantu proses perbaikan dan mempercepat penggantian sel kulit.

Jika Anda pemilik jenis kulit yang sudah mengalami tanda penuaan, seperti kerutan, garis halus, dan flek hitam, pilihlah krim malam yang mengandung bahan antiaging, seperti retinol, vitamin C, hingga bahan alami seperti royal jelly.

9. Sleep mask

Sebenarnya, sleep mask tidak wajib masuk dalam urutan skincare malam karena cara kerjanya mirip dengan pelembap, yaitu menjaga kelembapan kulit wajah sekaligus mengunci semua bahan dari produk perawatan kulit yang dipakai sebelumnya.

Akan tetapi, tak ada salahnya memasukkan sleep mask dalam urutan skincare malam untuk memaksimalkan efek perawatan kulit Anda di malam hari. Sleep mask akan memberikan kelembapan ekstra pada kulit, sehingga kulit wajah Anda akan terasa lebih kenyal dan segar saat bangun tidur.

Urutan skincare malam di atas dapat Anda jadikan panduan secara umum. Meski begitu, tetap perhatikan juga cara penggunaan setiap produk karena mungkin saja produk skincare yang Anda gunakan memiliki aturan pakai yang khusus.

Beberapa produk skincare malam juga tidak bisa digunakan di pagi atau siang hari. Contohnya adalah produk yang mengandung retinoid. Bahan ini membuat kulit lebih sensitif terhadap sinar UV, sehingga kulit jadi lebih mudah merah, perih, dan terbakar bila terkena paparan sinar matahari.

Jika masih ragu mengenai urutan skincare malam yang tepat bagi rangkaian produk perawatan wajah Anda, misalnya karena produk yang digunakan bermacam-macam atau kulit wajah Anda sensitif, jangan ragu bertanya kepada dokter.

Trending Topic

Subscribe
Notify of

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Iklan

Hot News

Game

PENTING UNTUK DIBACA