Iklan
Iklan

Abbas Tunda Pemilu Palestina, Salahkan Israel

- Advertisement -
Presiden Palestina Mahmoud Abbas telah menunda pemilihan parlemen bulan depan di tengah perselisihan pemungutan suara di Yerusalem Timur yang dicaplok Israel dan perpecahan dalam partai Fatahnya.

Abbas, 85, menyalahkan Israel atas ketidakpastian tentang apakah pemilihan legislatif akan mungkin dilanjutkan di Yerusalem serta di Tepi Barat dan Gaza yang diduduki pada hari Jumat.

Keputusan itu diambil tiga bulan setelah dia mengumumkan pemilihan nasional pertama dalam 15 tahun, yang secara luas dipandang sebagai tanggapan atas kritik terhadap legitimasi demokrasi lembaga-lembaga Palestina, termasuk kepresidenannya sendiri.

Hasil pemilu bisa memberikan keuntungan bagi Hamas, yang menguasai Gaza.

Saingan utama Abbas, Hamas telah melakukan kampanye yang terorganisir dengan baik untuk mengalahkan Fatah yang juga terpecah belah pada tahun 2006.

palestina israel

Perselisihan atas Yerusalem adalah alasan utama yang dikutip oleh Abbas dalam pidatonya pada Jumat pagi setelah pertemuan faksi politik Palestina.

“Menghadapi situasi sulit ini, kami memutuskan untuk menunda tanggal penyelenggaraan pemilihan legislatif sampai partisipasi Yerusalem dan rakyatnya terjamin,” kata Abbas dalam pidatonya.

Dalam pemilihan sebelumnya, Israel mengizinkan beberapa ribu warga Palestina untuk memberikan suara di kantor pos yang dikendalikan Israel di Yerusalem Timur. Tapi kali ini, Israel mengatakan mereka tidak memiliki pemerintah untuk menyetujui permintaan Palestina tersebut.

Dalam sebuah wawancara dengan Al Jazeera, ilmuwan politik Hasan Ayoub, bagaimanapun, menolak alasan Israel yang mengatakan bahwa ada alternatif yang memungkinkan pemungutan suara dilanjutkan, tetapi Abbas tidak mau menekan Israel tentang masalah tersebut.

palestina israel

Penundaan pemilihan parlemen yang ditetapkan pada bulan Mei menuai kecaman keras dari dalam negeri, dengan Abbas dan sekutunya dilemahkan oleh penantang dari dalam partai Fatahnya sendiri yang terpecah.

Belum jelas apakah pemilihan presiden yang dijadwalkan pada bulan Juli akan dilanjutkan.

Komisi Pemilu Pusat Palestina mengatakan pihaknya menangguhkan proses pemilihan menyusul keputusan Abbas. Kampanye pemilihan seharusnya dimulai pada hari Jumat.

Para pengunjuk rasa di Gaza dan Tepi Barat menyerukan agar pemilihan dilanjutkan sesuai jadwal – bagi banyak orang, itu akan menjadi pemilihan pertama mereka.

“Sebagai seorang warga muda Palestina, saya menyerukan untuk mengadakan pemilihan, dan saya ingin hak saya untuk memilih sehingga saya akan melihat wajah-wajah baru, wajah-wajah muda, dan melihat sikap politik baru,” kata Wael Deys dari Hebron kepada kantor berita Reuters.

palestina israel

Pemilih Palestina lainnya mengatakan kepada Al Jazeera bahwa jika Otoritas Palestina akan menemukan cara untuk mengadakan pemilihan jika diinginkan.

Hamas mengkritik pembalikan itu dan menggambarkan keputusan itu sebagai “kudeta”.

“Kami menolak keputusan yang melanggar konsensus nasional dan gerakan Fatah bertanggung jawab atas konsekuensi dari posisi ini,” kata juru bicara Sami Abu Zuhri kepada Reuters.

Abbas telah mengisyaratkan penundaan selama berminggu-minggu dengan mengklaim bahwa Israel tidak setuju untuk mengizinkan warga Yerusalem Timur Palestina untuk memberikan suara di kota itu.

Seorang juru bicara kantor Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu mengatakan awal pekan ini bahwa tidak ada pengumuman resmi Israel tentang apakah mereka akan mengizinkan pemungutan suara Palestina di Yerusalem – seperti yang terjadi selama pemilihan terakhir pada tahun 2006 – dan para pejabat Israel mengatakan pada hari Kamis bahwa tidak ada perubahan.

Trending Topic

Subscribe
Notify of

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Iklan

Iklan

Hot News

Game

PENTING UNTUK DIBACA